fbpx
Hi, Guest
Login  |  Register

Cara Pasang Rangka Atap Baja Ringan dan Harganya Terkini 2023

Posted by Muhammad Zahid Mafaza Tuesday, January 24 2023
Rangka baja ringan

InteriorDesign.id – Rangka atap baja ringan menjadi andalan orang Indonesia masa kini untuk membangun rumah. Wajar, mengingat banyak sekali manfaat dan kelebihannya apalagi untuk iklim ekstrim di Indonesia. 

Lantas, mengapa baja ringan saat ini jauh lebih unggul dari bahan kayu? Sebenarnya bagaimana cara pemasangan rangka atap baja ringan yang baik dan benar? Seberapa besar budget yang harus dikeluarkan untuk membangun atap rumah? 

Pertanyaan diatas membutuhkan banyak pertimbangan, mulai dari ukuran atap, ukuran rumah, serta bentuk atap yang ingin dibuat. Memasang rangka baja ringan sebenarnya memerlukan ketelitian karena berhubungan dengan garis, dan kemiringan atap. 

Untuk menjawab segala pertanyaan tentang atap baja ringan, berikut deskripsi interiordesign.id tentang memasang rangka baja ringan:

Apa Itu Rangka Baja Ringan?

Source: Unsplash Martin Tampubolon

Rangka baja adalah teknik konstruksi yang menggunakan penyangga baja untuk membentuk bangunan atap. Dibentuk dengan sistem triangulasi dari elemen struktur lurus yang saling berhubungan. Batang-batang besi terhubung satu sama lain dengan sekrup dan pengait. tergantung area dan pola besi yang ingin disambungkan. 

Pembingkaian baja terkenal lebih kuat, akurat, stabil, dan tahan lama dibandingkan rangka kayu. Rangka baja tersedia dalam berbagai ukuran dan bentuk, lebih dari kayu standar, dan menghasilkan rumah berkualitas tinggi.

Kelebihan Baja Ringan

Source: Pinterest Horsea Buildings

Membangun atap dengan baja ringan makin populer di Indonesia, hal itu wajar karena ada banyak manfaat bagi rumah dan bangunan bila mengaplikasikan rangka tersebut pada bagian atas rumah.

1. Daya tahan

Baja lebih unggul dari kayu karena baja ringan tidak melengkung atau mengembang, bahkan tahan saat gempa bumi dan angin topan yang ekstrem. Karakteristik baja ringan fleksibel dan dapat ditekuk tanpa retak. Masa pakai rangka baja dengan paparan eksterior pada kelembaban yang lebih tinggi dan polutan eksternal diperkirakan 150 tahun atau lebih.

2. Tahan api

Source: fotos.habitissimo.com.br

Rangka baja ringan mampu mengurangi penyebaran api, hal inilah yang tidak bisa dihindari oleh kayu. Meskipun tidak terbakar, baja ringan cenderung melemah setelah terkena suhu lebih dari 550 derajat fahrenheit. Kebakaran rumah yang parah bisa mencapai suhu 1.100 derajat Fahrenheit yang artinya mampu mempertahankan 50% bentuk atap rumah.

3. Tahan Kelembaban

Baja sangat tahan terhadap jamur dan mengatasi kerusakan air lebih baik daripada kayu. Baja ringan lebih mudah kering saat terkena percikan air, sehingga tidak menimbulkan karat pada rangka.

4. Hemat waktu

Tidak diperlukan alat berat saat membangun atap rangka baja ringan. Komponen baja dapat dibuat dengan cepat kemudian diangkut ke lokasi untuk perakitan cepat. Baja ringan juga diproduksi dengan lubang berlubang untuk menjalankan perpipaan dan kabel listrik, meminimalkan pekerjaan persiapan atau tenaga kerja tambahan.

5. Dapat disesuaikan

Atap berbingkai baja ringan memudahkan pemilik rumah untuk berimprovisasi dengan bagian atas gaya rumah. Misalnya Anda ingin membuat kamar di loteng, akan sangat mudah bila membuat dasarnya dengan baja ringan.

6. Ramah lingkungan

Baja tidak terbuat dari bahan kimia berbahaya, dan tidak membutuhkan proses lanjutan saat digunakan kembali. Semua produk baja 100% dapat didaur ulang—industri baja ringan adalah barang ramah lingkungan karena mengurangi limbah bangunan saat sampai ke lokasi konstruksi.

Cara Pasang Rangka Atap Baja Ringan

Source: Pinterest GALVALUM

Memasang baja ringan tidak sesulit yang dibayangkan, Anda bisa membuatnya dirumah dengan bantuan teman atau kerabat. Kuncinya akurasi ukuran, serta kemampuan memasang baut dan pengait ke tembok. Adapun bahan-bahan yang perlu disiapkan seperti:

  • Meteran
  • Spidol
  • Pensil
  • Kanal C
  • Gunting baja ringan.
  • Sekrup

Tahap-tahap pembuatan:

Source: Pinterest Knight Templar Johnny Russ

  1. Tahap awal, ukur panjang kali lebar atap yang akan dibuat. Mulai dari ukuran dinding, kemiringan atap, serta perkiraan panjang atap yang ingin dibuat. Perhatikan juga bagian atap yang mungkin ingin Anda buat menjorok ke bawah (pitching point).
  1. Tentukan berapa segitiga yang ingin Anda pasang, yakni segitiga penyangga yang menjaga agar rangka horizontal tetap lurus. Perhatikan bagian segitiga rangka baja ringan seperti top chord, bottom chord, web, dan pitching point.

Source: Eprocurement

  1. Bentuk segitiga rangka baja ringan yang kokoh, dengan membuat sambungan zig zag. Gunakan gunting baja ringan untuk memotong kanal C, dan manfaatkan sekrup untuk mengaitkan kanal C baja ringan yang ingin Anda susun. 
  1. Jika Anda membuat rangka baja ringan lebih dari satu, cara mengukur keakurasiannya adalah dengan cara ditumpuk. Buat satu segitiga dari rangka baja ringan kanal C yang paling akurat, kemudian saat merakit segitiga kedua Anda hanya perlu membuatnya diatasnya. Hal ini mempermudah proses perakitan agar tidak perlu mengukur ulang kanal C agar lebih cepat selesai. 
  1. Tentukan area yang tepat untuk menempatkan segitiga baja ringan. Pastikan Anda sudah memasang kanal C pendek di area pitching point seperti huruf L yang menghadap ke depan. Buat tanda di tembok dengan pensil, kemudian lakukan pengeboran dengan bor listrik menyesuaikan ukuran dynabolt.
  1. Buat lubang pada kanal C baja ringan dengan bor yang berukuran sama. Lalu pasang baja ringan pada tembok dan masukkan dynabolt ke lubang yang sudah dibuat. 
  1. Kencangkan dynabolt hingga kokoh. 
  1. Tahap selanjutnya adalah pemasangan rangka baja ringan yang memanjang dan bertumpu pada rangka segitiga. Anda hanya perlu memastikan rangka panjang lurus dan bertumpu pada segitiga dengan kokoh. Gunakan bor saat memasang baut agar rangka kanal C kuat menopang atap.

Daftar Harga Baja Ringan di Pasaran Indonesia

Deskripsi

Harga

Ukuran baja ringan

Baja ringan taso

Rp 140.000/ batang

 

C75.100

T8 C75.80

TS C75.75

TS C75.65

Baja ringan kanal C

Rp 89.000/ batang

0.75mm, Panjang 6 Meter

Reng baja ringan

Rp 42.500/ batang

Panjang 6 meter

Baja ringan R 30

Rp 44.000/ batang

Panjang 6 meter, tebal 0,45 mm.

Kesimpulan

Atap baja ringan memiliki banyak keunggulan untuk rumah yang ada di Indonesia, dengan iklim tropis dan panas atap baja ringan mampu menyangga genteng rumah dengan baik meski suhu berubah. Rangka baja ringan juga tidak mudah lembab saat musim hujan. 

Cara pasang baja ringan yang mudah dan cepat mempersingkat waktu pembuatan dan perbaikan atap. Anda bisa mencobanya sendiri dirumah, namun jika tak berani mengambil resiko saat memperbaiki atau membangun atap sebaiknya hubungi interiordesign.id yang siap menyulap atap rumah Anda lebih kokoh dan sempurna. 

InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Saatnya Mendesain Ulang Rumah Anda

Mau dekorasi, atau renovasi rumah?

Interiordesign.id adalah perusahaan desain interior online terkemuka yang dipercaya oleh ribuan pemilik rumah untuk menjadikan hunian mereka lebih baik. Desainer-desainer kami spesialis dalam berbagai gaya desain. Anda akan bekerja secara langsung bersama mereka saat proses desain. Online, terjangkau, dan profesional.

Ketika desain selesai, kami juga menangani proses renovasi. Tim renovasi dan produksi internal kami, dengan manajemen proyek berpengalaman, akan memastikan proyek renovasi ditangani secara profesional. Jangan khawatir, untuk pembiayaan, kami tidak mahal.

Info lebih lanjut, kontak CS

Siap memulai proyek desain interior?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

2000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Hello interiordesign.id