fbpx
Hi, Guest
Login  |  Register

Atap Baja Ringan; Pengertian, Jenis, dan Harga

Posted by Muhammad Zahid Mafaza Friday, April 23 2021
atap baja ringan

Estimated reading time: 6 minutes

Baja ringan adalah elemen penting yang menjadi bagian dari sebuah bangunan. Namun mungkin ada beberapa di antara Anda yang belum memahami apa itu baja ringan. Berikut penjelasan lengkap mengenai baja ringan sebagai bagian dari bangunan.

Apa Itu Baja Ringan?

atap baja ringan
via Toko Utama Baja Pekalongan

Baja ringan adalah salah satu material bangunan yang digunakan sebagai konstruksi, terutama di bagian atap. Ia bisa digunakan untuk pembangunan rumah, pabrik, serta bangunan publik lainnya. Material bangunan ini biasanya terbuat dari campuran seng dan alumunium. Semakin lama, bagian bangunan satu ini mengalami kemajuan dari segi utama. Sekarang, rata-rata baja ringan sudah memenuhi SNI (Standar Nasional Indonesia).

Kelebihan Baja Ringan

Material konstruksi ini memiliki beberapa kelebihan sebagai berikut:

  • Material satu ini ringan jika dibandingkan dengan material atap lainnya. Bobotnya yang ringan membuat proses pemasangannya terbilang mudah.
  • Hal lain yang membuat baja ringan unggul adalah materialnya yang kuat dan awet. Ia tidak akan berkarat dan tahan terhadap cuaca ekstrem.
  • Material ini dapat dipotong dan dibentuk dengan mudah, mengikuti bentuk rangkanya. Selain itu, material ini pun mudah disambung dengan jenis atap lainnya.
  • Sifat baja ringan cenderung lebih lentur dibandingkan dengan jenis atap lainnya. Kelenturan yang dimiliki material ini membuat tegangan tarik yang dihasilkannya cukup besar.

Kekurangan Baja Ringan

Material baja ringan pun memiliki beberapa kekurangan sebagai berikut:

  • Kualitas dan keunggulan yang dimiliki baja ringan membuatnya memiliki harga yang cukup mahal. Namun itu tergantung pada merk yang Anda gunakan.
  • Sesuai dengan namanya, baja ringan memang memiliki sifat yang ringan, sehingga mudah terbang terbawa angin. Oleh karenanya, pemasangan harus dilakukan dengan benar.
  • Dari segi estetika, kerangka baja ringan terlihat acak-acakan dan bisa mengganggu nilai estetika bangunan.
  • Pemasangan kerangka baja ringan perlu diperhitungkan dengan benar, karena kegagalan memperhitungkan konstruksi dapat menyebabkan atap roboh.

Jenis Atap Baja Ringan

Rangka baja ringan bersifat variatif dan dapat disesuaikan dengan model atapnya. Ia juga dapat disesuaikan berdasarkan penempatannya.

Atap Polycarbonate

Sifatnya yang ringan, kuat, dan tahan guncangan membuat Polycarbonate merupakan material yang cocok untuk baja ringan. Ia semakin populer karena lebih unggul dari atap kaca. Keunggulan didapatkan atap Polycarbonate, sebab ia lebih kuat terhadap benturan.

Atap uPVC Alderon

Sama seperti konstruksi baja ringan yang mudah disesuaikan, atap uPVC Alderon pun cenderung mudah dibentuk dan dipotong untuk disesuaikan. Atap ini tidak membutuhkan perawatan khusus, karena ia cenderung mudah dibersihkan dan tahan lama.

Atap Fiber

Keunggulan atap Fiber yang kuat, ringan, dan bening, membuat atap ini dipilih. Ia pun tahan terhadap bahan kimia sehingga resiko kerusakan rendah.

Atap PVC/Vinyl

Harga ekonomis dan kualitas yang unggul menjadi nilai yang dimiliki oleh atap PVC atau Vinyl. Atap ini tahan terhadap sinar UV dan memiliki berbagai pilihan warna.

Model Atap Baja Ringan

Berikut beberapa inspirasi model atap baja yang bisa Anda pasang di rumah Anda:

Atap Kanopi Sederhana

Anda bisa membuat kanopi baja ringan sederhana dengan memadukan atap jenis Polycarbonate dengan jenis uPVC Alderon.

Atap Kanopi Transparan

via OLX

Untuk membuat atap ini, Anda bisa menggunakan atap PVC transparan. Ia cenderung hemat energi serta punya profil bergelombang dengan kualitas premium.

Atap Kanopi Polycarbonate

Atap ini cocok untuk model kanopi karena ia mendukung pemasangan di luar ruangan. Daya tahan atap ini luar biasa, memiliki desain yang fleksibel, serta dapat memenuhi kebutuhan pencahayaan alami.

Atap Kanopi Baja Ringan dan Kayu

Mengombinasikan atap baja ringan dan atau kayu untuk model kanopi adalah hal yang sangat memungkinkan. Namun pastikan kayu yang Anda pilih memiliki kualitas baik, sehingga tidak cepat dimakan rayap.

Atap Kanopi Kaca

Biasanya, gedung perkantoran, pemerintahan, serta pusat perbelanjaan mengunakan kanopi model kaca. Instalasi kanopi kaca pada hunian pun bisa dilakukan sehingga membuatnya terlihat mewah.

Harga Baja Ringan

Baja ringan memiliki harga yang beragam, sesuai dengan jenis baja yang dipilih. Namun jika mengambil kisaran harga rata-rata, baja ringan memiliki harga dimulai dari Rp17.000,00 per batang hingga Rp103.500,00 per batang.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda tahu mengenai atap baja ringan. Material konstruksi ini memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan yang bisa Anda pertimbangkan. Selain itu terdapat berbagai jenis atap yang cocok untuk dipasangkan dengan rangka baja ringan yang Anda gunakan.

Model atap baja ringan pun bervariasi dengan harga yang juga beragam. Semuanya bisa disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan Anda mengenai bangunan yang akan Anda dirikan.

InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Related Articles

Siap memulai proyek desain interior?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

2000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Hello interiordesign.id