fbpx
Hello, Guest

Cat Lantai Keramik: Pilihan Tepat Untuk Tampilan Interior Rumah yang Elegan

Posted by Andri Herdiana Wednesday, February 7 2024

Interiordesign.id – Sebagai salah satu elemen penting dalam desain interior rumah, pemilihan cat lantai yang tepat dapat memberikan dampak besar terhadap keseluruhan tampilan ruangan. 

Salah satu jenis cat lantai yang sedang populer saat ini adalah cat lantai keramik. Cat ini tidak hanya memberikan tampilan yang elegan, tetapi juga memiliki keunggulan lainnya. Mari kita bahas lebih lanjut!

Sejarah dari Cat Lantai Keramik

Cat lantai keramik

Sumber: Pinterest

Cat lantai keramik adalah salah satu jenis cat yang dirancang khusus untuk melapisi permukaan keramik lantai. Sejarah cat ini dimulai pada awal tahun 1950-an ketika produsen keramik mencoba menciptakan produk baru yang lebih tahan lama dan mudah dirawat.

Pada saat itu, keramik lantai baru dipasarkan dan menjadi sangat populer karena kemampuannya dalam menghadapi keausan, goresan, dan noda. Namun, masalah utama dengan keramik lantai adalah bahwa permukaannya tidak tahan terhadap berbagai jenis bahan kimia dan cairan, sehingga mudah tergores atau rusak.

Untuk mengatasi masalah ini, produsen mulai mengembangkan cat khusus yang dapat digunakan untuk melapisi permukaan keramik lantai. Cat ini terbuat dari bahan-bahan yang tahan lama dan dapat memberikan perlindungan tambahan pada keramik.

Dalam beberapa dekade terakhir, cat lantai ini telah menjadi semakin populer di seluruh dunia. Banyak produsen cat telah mengembangkan berbagai jenis cat yang dirancang khusus untuk berbagai jenis keramik dan kebutuhan.

Hari ini, cat lantai untuk keramik tersedia dalam berbagai macam warna dan gaya, serta dapat digunakan untuk melindungi dan memperindah permukaan keramik lantai di rumah, kantor, toko, dan gedung-gedung lainnya.

Tips Saat Memilih Cat Lantai Keramik

Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu gunakan saat memilih cat lantai keramik agar kamu bisa mendapatkan hasil yang memuaskan:

#1 Sesuaikan Warna Cat dengan Desain Interior Rumah

Cat lantai keramik

Pastikan kamu memilih warna cat yang sesuai dengan desain interior rumah kamu agar terlihat lebih serasi dan cantik. Jangan sampai warna cat yang dipilih tidak cocok dengan warna dinding atau furniture di dalam rumah kamu.

#2 Perhatikan Jenis Keramik yang Akan Dilapisi

Cat lantai keramik

Setiap jenis keramik memiliki karakteristik dan kebutuhan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, pastikan kamu memilih cat yang tepat untuk jenis keramik yang akan dilapisi agar hasilnya lebih optimal.

#3 Pilih Cat yang Mudah Dirawat

Cat lantai keramik

Pastikan kamu memilih cat yang mudah dirawat dan tahan lama agar tidak perlu repot-repot melakukan perawatan atau pemeliharaan berulang kali.

#4 Pastikan Cat yang Dipilih Tahan Goresan dan Noda

Kamu tentu tidak ingin keramik lantai kamu mudah tergores atau terkena noda, bukan? Oleh karena itu, pastikan kamu memilih cat yang tahan terhadap goresan dan noda agar permukaannya tetap terlihat cantik dan bersih.

#5 Cek Kualitas Cat dan Harga yang Ditawarkan

Cat lantai keramik

Terakhir, pastikan kamu memilih cat yang berkualitas dengan harga yang sesuai dengan budget kamu. Jangan tergoda dengan harga yang terlalu murah, karena bisa jadi kualitasnya tidak baik dan tidak tahan lama.

Cara Mengecat Lantai Keramik

Sebelum mengecat, pastikan bahwa permukaan lantai dalam kondisi bersih dan kering. Berikut adalah langkah-langkah cara mengecat lantai keramik:

  1. Siapkan cat yang sesuai dengan jenis lantai keramikmu. Pastikan untuk menggunakan cat dengan kualitas terbaik agar hasilnya maksimal dan tahan lama.
  2. Oleskan primer atau undercoat pada permukaan lantai keramik. Hal ini penting agar cat bisa menempel dengan baik pada lantai.
  3. Setelah primer kering, oleskan cat pada lantai keramik secara merata dengan kuas atau rol cat. Usahakan untuk menghindari penumpukan cat di satu tempat karena bisa menyebabkan gelembung atau retak di permukaan cat.
  4. Biarkan cat mengering selama minimal 24 jam sebelum di langkah selanjutnya.
  5. Oleskan lapisan kedua cat pada lantai keramik jika dianggap perlu. Pastikan untuk menunggu lapisan pertama kering terlebih dahulu sebelum melanjutkan ke lapisan kedua.
  6. Setelah lapisan terakhir kering, kamu bisa menambahkan lapisan pelindung agar lantai terlihat lebih berkilau dan tahan lama.

Kelebihan dan Kekurangan dari Cat Lantai Keramik

Cat lantai keramik

Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangannya:

  1. Kelebihan
  • Tahan lama dan awet
    Terkenal tahan lama dan awet, sehingga kamu tidak perlu sering-sering mengganti cat lantai.
  • Mudah dibersihkan
    Mudah dibersihkan, karena permukaannya yang licin dan tahan terhadap noda.
  • Tahan terhadap goresan dan cuaca
    Tahan terhadap goresan dan cuaca, sehingga cocok digunakan di area luar rumah seperti halaman atau garasi.
  • Tersedia dalam berbagai pilihan warna dan desain
    Tersedia dalam berbagai pilihan warna dan desain, sehingga kamu bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan dan selera kamu.

 

  1. Kekurangan
  • Biaya yang relatif mahal
    Harga cat lantai keramik cenderung lebih mahal dibandingkan dengan cat lantai jenis lainnya, sehingga membutuhkan budget yang lebih besar.
  • Permukaan licin saat basah
    Saat permukaan cat basah, dapat menjadi licin dan berbahaya jika tidak hati-hati.
  • Memerlukan pemasangan yang tepat
    Pemasangan cat memerlukan keterampilan dan ketelitian yang baik, sehingga memerlukan jasa tenaga ahli yang memerlukan biaya tambahan.
  • Rentan retak
    Keramik lantai yang retak bisa mempengaruhi tampilan ruangan, sehingga perlu diperhatikan kualitas keramik yang dipilih dan cara pemasangannya.

 

Penutup

Nah, itulah informasi tentang cat lantai keramik. Meskipun memiliki beberapa kekurangan, namun kelebihan yang dimilikinya membuatnya menjadi pilihan yang populer untuk penggunaan lantai. 

Oleh karena itu, penting untuk mempertimbangkan baik-baik sebelum memutuskan menggunakan cat lantai keramik atau jenis cat lantai lainnya. 

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang sedang mencari referensi untuk memilih cat lantai yang tepat untuk rumahmu. Terima kasih telah membaca!

Tingkatkan kesan elegan dan modern di rumahmu dengan menggunakan lantai keramik! Hubungi interiordesign.id sekarang juga di sini untuk mendapatkan penawaran spesial pemasangan lantai keramik yang berkualitas tinggi dan tahan lama.

Baca selanjutnya

InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Saatnya Mendesain Ulang Rumah Anda

Mau dekorasi, atau renovasi rumah?

Interiordesign.id adalah perusahaan desain interior online terkemuka yang dipercaya oleh ribuan pemilik rumah untuk menjadikan hunian mereka lebih baik. Desainer-desainer kami spesialis dalam berbagai gaya desain. Anda akan bekerja secara langsung bersama mereka saat proses desain. Online, terjangkau, dan profesional.

Ketika desain selesai, kami juga menangani proses renovasi. Tim renovasi dan produksi internal kami, dengan manajemen proyek berpengalaman, akan memastikan proyek renovasi ditangani secara profesional. Jangan khawatir, untuk pembiayaan, kami tidak mahal.

Info lebih lanjut, kontak CS

Artikel Terkait
Wednesday, November 10 2021
Posted by Syifa Arbati Nur Alami
Ilustrasi Keramik Lantai Dapur Modern
Wednesday, December 21 2022
Posted by Nikho Asruri

Berapa estimasi biaya renovasi Anda?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

4000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan biaya interior rumah Anda dengan menjawab beberapa pertanyaan sederhana.
Estimasikan sekarang!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan sekarang!
Let's share!
Hello interiordesign.id