fbpx
Hello, Guest

5 Cara Cerdas Memanfaatkan Dak Teras Rumah Jadi Lebih Fungsional dan Dekoratif

Posted by Rio Stefanus Wednesday, December 27 2023

Interiordesign.id – Dak teras rumah merupakan bagian yang dirancang untuk melindungi teras dari elemen cuaca seperti panas matahari, hujan, atau angin. Sehingga menciptakan area yang nyaman untuk beristirahat dan bersantai di luar ruangan.

Material dak teras rumah pun beragam, dapat menggunakan beton, kayu, baja, atau bahan lainnya. Dapat dilengkapi dengan aksesoris seperti pencahayaan, tali pengikat, atau tanaman hias untuk meningkatkan tampilannya.

Dak teras rumah yang paling populer yaitu terbuat dari beton memiliki keunggulan tersendiri dari segi ketahanan dan mampu menahan beban yang berat dan cuaca ekstrem. Namun, pembangunannya membutuhkan tenaga ahli dan biaya yang relatif tinggi.

Dak seng merupakan atap yang terbuat dari lembaran yang dipasang di atas rangka memiliki sifat ringan, mudah dipasang, dan tahan terhadap korosi.

Sumber:Pinterest

Dak genteng umumnya terbuat dari bahan seperti tanah liat, beton, atau logam. Memiliki berbagai bentuk dan pola yang estetis dan tahan lama selain itu memberikan tampilan tradisional atau alami pada rumah.

Dak teras rumah dinilai sebagai elemen penting karena selain memberikan perlindungan, dak teras juga dapat menambah nilai estetika. Dengan desain dan bahan yang disesuaikan pada gaya arsitektur hunian Anda.

5 Cara Cerdas Memanfaatkan Dak Teras Rumah

Dimasa kini, berbagai cara dilakukan untuk memanfaatkan dak teras rumah. Awalnya hanya berfungsi sebagai atap penutup yang melindungi dari cuaca disulap menjadi area tambahan.

Memanfaatkan dak teras rumah dengan cara yang cerdas dapat menambah nilai fungsionalitas dan kenyamanan tempat tinggal anda.

Selain sebagai area tambahan, kini dak teras rumah didesain sedemikian rupa sehingga dapat bermanfaat serta menambah estetika tempat tinggal menjadi sangat cantik.

Berikut ini adalah 5 cara cerdas dalam memanfaatkan dak teras rumah:

1. Taman Atap (Roof Garden)

Cara cerdas yang pertama yaitu manfaatkan dak teras rumah sebagai taman atap yang hijau. Merupakan ide brilian untuk mengoptimalkan ruang terbuka yang ada dan memberikan banyak manfaat.

Hal tersebut sangat menyenangkan dimana penghuni dapat menanam berbagai jenis tanaman. Seperti bunga, buah-buahan atau sayuran baik secara konvensional maupun hidroponik. 

Taman atap tidak hanya memberikan estetika yang indah, tetapi juga membantu meningkatkan kualitas udara dan menyediakan ruang hijau yang sejuk.

Pastikan bahwa struktur dak teras mampu menahan bobot tambahan dari taman atap. Periksa kestabilan struktur termasuk ketahanan terhadap air untuk mencegah kebocoran.

Selain itu sistem drainase yang baik untuk mengalirkan air hujan yang menggunakan  lapisan tahan air, saluran air, dan sistem irigasi yang memadai untuk menyirami tanaman. 

Sistem drainase yang baik akan menjaga kelembaban yang tepat tanpa merusak struktur atau memicu masalah kelembaban di dalam rumah.

2. Ruang Makan Outdoor

Memanfaatkan dak teras sebagai ruang makan outdoor dapat menciptakan pengalaman makan yang unik dan menyenangkan.

Buatlah area makan outdoor di dak teras rumah dengan memasang meja makan, kursi, dan payung yang sesuai untuk melindungi dari sinar matahari langsung. 

Ini akan menjadi tempat yang sempurna untuk menikmati makanan di udara segar dan pemandangan sekitar serta dapat menumbuhkan keintiman acara makan keluarga.

Sumber:Pinterest

Pastikan juga ada pencahayaan yang cukup di ruang makan. Baik itu lampu dinding, lentera, atau string lights yang dipadukan dengan furnitur outdoor selaras untuk membangkitkan suasana nyaman pemiliknya.

Anda juga dapat menambahkan hiasan seperti bantal, taplak meja, dan tanaman hias untuk memberikan sentuhan dekoratif pada ruang makan outdoor.

3. Ruang Berjemur dan Bersantai

Manfaatkan dak teras rumah sebagai tempat untuk berjemur dan bersantai. Tempatkan kursi berjemur, hammock, atau daybed yang nyaman sambil menikmati sinar matahari dan pemandangan sekitar. 

Pilih area yang strategis untuk meletakkan furnitur seperti seperti kursi berjemur, daybed, sofa, atau hammock. Agar menghadap ke pemandangan yang indah dan terhindar dari angin atau sinar matahari langsung.

Sumber:Pinterest

Pasang pencahayaan yang cukup di ruang dak teras rumah bisa menggunakan Lampu lantai, lentera gantung, atau string lights untuk memberikan suasana yang hangat dan nyaman di malam hari.

Tambahkan aksen dekoratif seperti bantal, taman mini, lampu hias, atau patung kecil. Padukan dengan elemen suara yang menenangkan seperti air mancur atau speaker musik untuk menciptakan suasana yang lebih santai dan menenangkan. 

4. Ruang Fitness atau Yoga

Memanfaatkan dak teras sebagai ruang fitness dan yoga adalah cara cerdas untuk menggabungkan kegiatan kesehatan dan kebugaran dengan udara segar dan pemandangan yang indah.

Pilih peralatan fitness dan yoga yang cukup dengan area dak teras agar nyaman untuk melakukan gerakan dan posisi yoga dengan leluasa. Pastikan menggunakan penutup lantai yang aman dan tahan lama. Misalnya seperti karpet yoga, lantai kayu khusus untuk fitness, atau lantai karet yang dapat menyerap dampak dan melindungi dari cedera.

Tambahkan elemen suara yang menenangkan atau musik yang memotivasi untuk menciptakan atmosfer yang sesuai dengan latihan. Gunakan speaker portabel atau sistem audio yang tahan cuaca untuk memutar musik yang disukai.

Pertimbangkan menggunakan pagar atau penutup untuk menciptakan ruang yang lebih tertutup untuk memberikan rasa aman dan memungkinkan Anda untuk fokus pada latihan atau yoga tanpa terganggu.

5. Ruang Kerja atau Studio

Memanfaatkan dak teras sebagai ruang kerja dan studio di rooftop adalah cara cerdas untuk menciptakan lingkungan kerja yang inspiratif dan ruang kreatif yang terpisah dari ruang dalam rumah.

Maksimalkan ruang pada dak teras rumah sebagai ruang kerja atau studio pribadi dengan meletakan meja, kursi dan rak penyimpanan untuk alat dan bahan pendukung ide  kreatif Anda. 

Pastikan untuk memperhatikan faktor keamanan saat merencanakan ruang kerja dan studio di rooftop, seperti memastikan struktur penopang yang kuat, memeriksa kestabilan lantai, dan mematuhi peraturan keselamatan setempat. 

Sumber:Pinterest

Pastikan juga untuk memiliki tata ruang yang efisien dan terorganisir agar ruang kerja dan studio tetap bersih dan rapi dengan menggunakan penutup sebagai pelindung dari cuaca.

Tempatkan tanaman dalam pot bisa berupa bunga atau daun-daun untuk menciptakan suasana yang menyegarkan dan merangsang daya imajinasi pemilik rumah.

Selalu perhatikan bahan penutup lantai yang aman, sistem drainase yang baik, dan peralatan perlindungan seperti payung atau penutup yang sesuai dengan cuaca.

Penutup

Memaanfaatkan dak teras rumah menjadi ruang terbuka merupakan langkah cerdas untuk memaksimalkan fungsi bangunan.

Selain memberikan keindahan visual, memanfaatkan dak teras menjadi ruang terbuka juga memiliki manfaat lain, seperti membantu mengurangi suhu ruangan, meningkatkan isolasi termal, dan menyerap polusi udara.

Namun sebelum mendesain dak teras rumah sebagai ruang terbuka sangat penting menentukan tujuan awal yang diinginkan oleh pemilik tempat tinggal. 

Baca selanjutnya

Thursday, November 23 2023
Posted by Fadhil Rahman
Inspirasi atap teras rumah minimalis
Monday, January 30 2023
Posted by Nikho Asruri

InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Saatnya Mendesain Ulang Rumah Anda

Mau dekorasi, atau renovasi rumah?

Interiordesign.id adalah perusahaan desain interior online terkemuka yang dipercaya oleh ribuan pemilik rumah untuk menjadikan hunian mereka lebih baik. Desainer-desainer kami spesialis dalam berbagai gaya desain. Anda akan bekerja secara langsung bersama mereka saat proses desain. Online, terjangkau, dan profesional.

Ketika desain selesai, kami juga menangani proses renovasi. Tim renovasi dan produksi internal kami, dengan manajemen proyek berpengalaman, akan memastikan proyek renovasi ditangani secara profesional. Jangan khawatir, untuk pembiayaan, kami tidak mahal.

Info lebih lanjut, kontak CS

Artikel Terkait

Berapa estimasi biaya renovasi Anda?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

4000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan biaya interior rumah Anda dengan menjawab beberapa pertanyaan sederhana.
Estimasikan sekarang!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan sekarang!
Let's share!
Hello interiordesign.id