fbpx
Hi, Guest
Login  |  Register

Dekor Kamar Tidur Bergaya Nautical ala Pantai

Konsep dekor kamar tidur yang melahirkan suasana sejuk, segar dan menenangkan.

Estimated reading time: 5 minutes

Interiordesign.id – Suasana pantai selalu punya kekhasannya tersendiri. Ia dapat memberikan ketenangan secara instan dan membuat kita sejenak melupakan masalah yang tengah dihadapi di kehidupan sehari-hari. Suasana alam pesisir pantai selalu menjadi alasan terbaik mengapa tempat tersebut sangatlah digemari.

Dan tahukah Anda, karena kekhasannya, pantai bahkan bisa menginspirasi dan melahirkan gaya dekorasi interior yang mengadaptasi suasananya. Gaya desain interior tersebut memiliki nama nautical.

Sesuai dengan namanya, gaya nautical yang dikenal juga dengan gaya coastal terinspirasi dari suasana pantai, laut, pesisir, serta alamnya. Konsep desain ini mengadaptasi nuansa pesisir pantai ke dalam ruangan. Dengan palet warna yang lembut, gaya interior ini bisa melahirkan kesejukkan dan ketenangan. Ciri khasnya ada pada penataan elemen yang sederhana dan penataan furnitur yang tidak terlalu berlebihan. Nautical atau coastal style menjadi salah satu gaya terunik yang terinspirasi dari alam.

Gaya nautical sendiri bukanlah sesuatu yang baru dalam dunia desain interior. Ia adalah sebuah konsep desain rumah yang mungkin lebih dikenal dengan nama beach house. Rumah ini memiliki konsep arsitektur dan konstruksi interior rumah yang terinspirasi dari model rumah-rumah di pesisir pantai.

Kali ini, kita akan sedikit membahas tentang penerapan gaya nauticalcoastal, atau beach house ini ke dalam interior kamar tidur. Akan seperti apakah penampilan kamar tidur dengan konsep dan pendekatan gaya ala pantai ini? Apakah ia akan melahirkan suasana kamar yang santai dan menyejukan?

Berikut adalah cara mendekorasi kamar tidur agar melahirkan suasana “santai ala pantai” dengan menerapkan gaya nautical.

Dekor Kamar Tidur dengan Palet Warna yang Lembut

kamar tidur aesthetic
via Pinterest

Gaya nautical identik dengan palet warna yang lembut seperti putih dan biru. Warna putih, selain mampu menciptakan kesan ruangan yang lebih luas, ia juga dapat mencerahkan ruangan.

Sementara untuk warna biru, ia sangat identik dengan warna laut dan langit. Shades biru yang cocok untuk gaya ini pun sebenarnya bermacam-macam, seperti biru laut, biru terang, biru navy, atau bahkan biru kehijauan seperti toska.

Kombinasi warna putih dan biru menjadi skema warna yang sangat sempurna pada dekorasi kamar bergaya nautical. Motif garis-garis yang merupakan ciri khas dalam gaya ini membuat kamar tidur memiliki suasana dan atmosfer yang sangat “pantai”.

Furnitur yang Kasual dan Sederhana

dekor kamar aesthetic
via Pinterest

Meski Anda tidak tinggal di kawasan pantai, Anda tetap harus konsisten dalam memilih furnitur untuk menerapkan konsep desain nautical secara sempurna.

Pilihlah furnitur yang kasual dan sederhana, serta hindari furnitur yang glossy atau mengilap. Sebaiknya, pilih furnitur yang matte. Furnitur glossy dapat mengurangi kenyamanan Anda saat berada di dalam kamar.

Material yang digunakan pun harus dipilih dengan hati-hati.

Untuk mendukung suasana, Anda bisa menempatkan pilihan pada material kayu. Kayu yang digunakan untuk gaya ini adalah kayu yang ringan dan sederhana, sebab ia lebih cocok dengan konsep interior gaya tropis.

Sebagai contoh, Anda dapat menggunakan kayu halus berwarna putih yang sudah terlihat tua agar memberikan kesan rustic. Mengapa harus rustic? Karena gaya nautical sangat identik dengan konsep interior rustic di mana penggunaan material kayu merupakan yang paling dominan digunakan.

Anda juga dapat menggunakan material alami untuk melengkapi suasana nautical di dalam kamar. Kayu-kayuan hingga tanaman palsu bisa jadi pemanis dan membuat area kamar terlihat lebih hidup serta kaya akan tekstur.

Material berbahan organik seperti jerami atau rumput laut pada perabot, karpet, atau elemen lainnya juga dapat memberikan kehangatan pada kamar tidur Anda. Selain itu, material lainnya seperti anyaman, sofa, dan kaca tebal juga dapat mendukung gaya nautical.

Sedikit tips untuk kain, pilihlah kain linen. Namun apabila Anda ingin sesuatu yang lebih berwarna, pilihlah kain denim.

Dekor Kamar dengan Aksen Pantai

via Pinterest

This is the fun part!

Dekor beraksen pantai dapat menjadikan kamar tidur memiliki nuansa ala nautical secara instan dan terlihat lebih aesthetic. Elemen dekoratif seperti binatang-binatang laut, kerang, batu karang, burung bangau hingga pasir dapat menjadi pilihan yang menarik. Beberapa aksen lainnya seperti jangkar, kapal laut, peta dunia, atau kompas juga dapat menjadi alternatif.

Anda juga bisa memajang koleksi aksesori pantai yang Anda kumpulkan saat anda berlibur ke pantai. Selain sesuai dengan tema, benda-benda tersebut juga menjadi memorabilia yang akan membuat Anda selalu ingat pada kenangan liburan Anda.

Pencahayaan

via Pinterest

Untuk mengaplikasikan gaya nautical ke dalam kamar tidur, pencahayaan adalah salah satu faktor yang paling penting.

Pilih jendela besar untuk mempermudah cahaya alami masuk ke dalam kamar tidur. Setiap rumah yang berada di kawasan pantai pasti memiliki jendela besar agar cahaya natural dan angin dari luar dapat masuk ke dalam rumah secara sempurna.

Namun apabila Anda tidak memiliki banyak akses untuk cahaya alami agar masuk secara maksimal ke dalam kamar, Anda dapat menambahkan lampu atau cermin besar yang dipasang berlawanan dengan posisi jendela.

Selain itu, pemakaian meja kaca juga sebenarnya bisa membantu menambah akses cahaya agar dapat masuk ke dalam area kamar tidur. Akan tetapi meja kaca, apalagi yang berukuran besar, jarang digunakan dalam konsep interior bergaya nautical. Namun semuanya dikembalikan pada pilihan Anda. Anda bisa mengombinasikan konsep nautical dengan gaya desain lain yang menjadi favorit Anda dan melahirkan konsep eklektik yang cantik dan unik.

Jadi, dekorasi kamar tidur seperti apa yang sudah Anda terapkan di rumah Anda? Apakah gaya nautical bisa jadi salah satu konsep interior kamar tidur favorit untuk Anda dan keluarga tercinta?

Jadikan Interior Kamar Lebih Istimewa
...
  • ✅ Proses desain yang mudah, Online kapanpun, di manapun
  • ✅ Desainer-desainer terbaik dan profesional
  • ✅ Harga desain terjangkau, sesuaikan dengan kebutuhan, flat per room

Siap memulai proyek desain interior?

Rumah impian sesuai anggaran yang Anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

2000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Hello interiordesign.id