ruang tamu ukuran 3x3 meter

Dekorasi Ruang Tamu Ukuran 3×3 Meter

Posted by Aisah Wolfard  •  Monday, February 17 2020

Sebagai satu-satunya ruang publik di dalam rumah, ruang tamu harus memiliki tingkat kenyamanan ekstra. Ruang tamu harus didesain seindah dan semenarik mungkin tanpa kehilangan fungsi utamanya.

Interiordesign.id – Ruang tamu adalah ruangan atau area di dalam rumah yang umumnya terletak di bagian depan. Ini sengaja dirancang sebagai bagian dari arsitektural rumah untuk memfasilitasi siapapun yang datang berkunjung. Ruang tamu mesti memiliki penampilan terbaik yang mampu menunjukan karakter dan kepribadian penghuninya.

Mendekorasi ruang tamu sifatnya sangat penting. Bagaimana ruangan ini bisa nyaman sekaligus memiliki penampilan menarik adalah sebuah keharusan.

Tetapi persoalannya, tidak semua ruang tamu bisa didekorasi sedemikian rupa sesuai keinginan. Hal ini dikarenakan karena dalam beberapa situasi, terutama di rumah-rumah kecil, ukuran ruang tamu juga sangatlah kecil. Dus, ini menyebabkan dekorator, desainer, ataupun stylist interior kesulitan menentukan tema dan gaya interior yang pas dan tepat.

Tetapi, ini sebenarnya bukanlah soal ukuran, sehingga pertanyaanya kemudian adalah, konsep dekorasi apa yang cocok untuk ruang tamu berukuran kecil?

Mari kita coba simulasikan.

Lets say, Anda memiliki ruang tamu dengan ukuran tidak lebih dari 3×3 meter. Ukuran ini adalah ukuran standar dan lazim di rumah-rumah kecil di Indonesia. Apa bisa ruangan dengan luasan itu didekorasi atau didesain menarik? Konsep desain seperti apa yang akan cocok untuk ruangan kecil tersebut? Elemen dekoratif apa saja yang bisa digunakan? dan pertanyaan-pertanyaan seputar dekorasi dan desain lainnya.

Kita coba jawab sekaligus.

Kunci dari dekorasi ruang tamu kecil adalah soal tata letak dan penataan perabotan dan atau furniture.

Misal, Anda mesti jeli saat memilih dan menempatkan sofa. Atau saat memilih sebuah coffee table. Jangan lupakan juga soal warna dan pencahayan. Dua hal terkahir ini sangat penting karena keduanya memiliki kemampuan “magis” menjadikan ruangan kecil terlihat lebih luas dan lapang.

Selengkapnya, simak beberapa trik dekorasi ruang tamu kecil berikut.

Ada hal-hal yang mesti menjadi perhatian Anda. Tips dan trik di bawah ini juga biasanya adalah yang dilakukan desainer-desainer profesional saat merancang ruangan kecil agar mendapatkan fungsionalitas maksimal, dengan tetap menjaga agar juga memiliki penampilan yang menarik secara visual.

ruang tamu ukuran 3x3 meter

~ via loveproperty

Sofa di Ruang Tamu Kecil

Penempatan furniture, terutama sofa, adalah salah satu skill kunci saat mendekorasi ruang tamu.

Sofa menjadi perabot yang memakan paling banyak space di ruang tamu. Penempatannya haruslah benar-benar bisa disesuaikan. Ukurannya pun harus menjadi pertimbangan.

Pemilihan sofa 2 seater/3 seater atau dengan sofa jenis L dengan tambahan arm chair sudah cukup untuk ruang tamu kecil.

Tetapi ingat, sekali lagi sesuaikan ukurannya dan tempatkan sebaik mungkin. Penempatan sofa akan menjadi faktor penting seberapa menarik ruang tamu juga nantinya.

Pilihan Coffee Table

Agak sulit membayangkan ruang tamu dengan sofa tetapi tanpa coffee table. Meski ada yang tidak menggunakannya, keberadaan meja kopi sebenarnya juga bisa menambah daya tarik sebuah ruang, apalagi jika model dan desainnya menarik dan unik.

Sebuah coffee table berukuran kecil dengan desain yang unik bisa sangat efektif dan membantu menjadikan ruangan kecil terasa lebih luas dan menambah daya tarik visual.

Pencahayaan Alami

Pencahayaan yang maksimal di ruangan kecil, adalah trik desain lainnya yang bisa memerlihatkan ruangan kecil tampak lebih luas.

Apalagi jika Anda memiliki bukaan jendela besar. Sebaiknya maksimalkan pencahayaan alami agar ruangan kecil tampak terang dan lapang.

ruang tamu kecil

~ via google images

Furniture Kustom

Furniture kustom adalah cara paling tepat untuk menyiasati ruangan berukuran kecil. Ini bahkan bisa dirancang dan disesuaikan dengan kebutuhan. Custom furniture bisa menyesuaikan dengan kondisi dan terutama luasan ruangan.

Warna Cat

Satu lagi elemen dan unsur design yang memiliki kekuatan “magis”, adalah warna.

Memilih warna cat interior ruang tamu kecil mesti dilakukan secara hati-hati. Ia tidak bisa sembarang. Terutama semenjak warna erat kaitannya dengan dampak psikologis.

Ruang tamu kecil bisa terlihat lebih luas dan lapang dengan pilihan warna cat yang tepat.

Posisi Ceiling

Ketinggian langit-langit rumah memiliki pengaruh tidak kecil terhadap suasana ruangan. Posisi langit-langit atau ceiling, atau plafon yang tinggi bisa menciptakan efek ruangan terasa lebih luas.

Usahakan ketinggian ceiling di ruang tamu tidak kurang dari 3 meter, agar tercipta suasana ruang yang luas dan lapang.

Penggunaan Karpet

Jangan remehkan apa yang mampu dilakukan dari sebuah karpet.

Salah satu persoalan paling mendasar saat mendekorasi ruangan kecil adalah persoalan zonasi. Terutama dalam area atau rumah kecil. Belum lagi soal area negatif dan area positif dalam satu ruang.

Sebagai satu-satunya area publik di dalam rumah, ruang tamu juga mesti memiliki pembagian ruang ini. Ia mesti jelas sebagai ruang publik atau minimal area semi-privat yang memiliki batas-batas yang jelas.

Karpet bisa menyelesaikan semua problem itu. Namun, penting untuk diiingat, gunakan ukuran karpet yang tidak terlalu besar dan sesuaikan dengan kebutuhan. Ini penting untuk memastikan setiap orang atau penghuni saat menentukan mana area positif dan area negatif, atau bahkan batasan dari sebuah ruang.

Tidak ada cara terbaik dan paling praktis dalam menentukan zonasi dan transisi setiap ruang dengan apa yang diberikan oleh penggunaan karpet. Karpet secara halus menciptakan perbedaan dan transisi antar zona.

Cermin

Dalam desain interior, cermin bisa menjadi sesuatu yang memiliki daya magis. Cermin bisa mencerahkan ruangan yang terasa gelap, bisa membuat ruangan mungil terlihat jauh lebih besar, atau bahkan bisa menambahkan sentuhan kemewahan yang terjangkau ke dalam ruangan yang biasa sekalipun.

Namun, menggunakan cermin sebagai elemen dekoratif tidak bisa dilakukan secara sembarang. Jenis aksesori interior ini memiliki peraturannya tersendiri.

Anda bisa simak penjelasan lengkapny di artikel ini: Cara Terbaik Memasang Cermin di Rumah

Partisi

Ini trik lain untuk memerlihatkan ruangan kecil terlihat lebih luas.

Di rumah-rumah kecil modern, sudah bukan rahasia jika ruangan dibiarkan atau sengaja dirancang terbuka tanpa sekat. Ini menguntungkan dari segi arsitektural maupun interior. Tetapi persoalannya, pembagian ruang jadi seperti tidak terancang dengan baik. Meski begitu, inilah kenyataan arsitektur interior sekarang ini.

Lalu, apa hubungannya dengan dekorasi ruang tamu?

Selain karena area publik seperti ruang tamu pasti memiliki ukuran yang kecil, ia harus menyatu dengan area lainnya yang lebih privat, seperti area kamar tidur, atau area semi privat seperti ruang keluarga.

Nah, untuk menyiasati problem tersebut, dan memudahkan pembagian ruang dalam area atau rumah kecil semacam itu, partisi adalah solusi sempurna.

Partisi, atau penyekat ruangan, selain bisa menciptakan pembagian ruang, ia juga mampu melahirkan ilusi ruangan kecil yang tampak lebih luas dan lapang. Dan tipsnya adalah, gunakan jenis partisi non permanen. Jenis pasrtisi ini bisa sekaligus menjadi elemen dekoratif di samping fungsi utamanya sebagai pemisah ruangan. Rancanglah secara minimalis serta multifungsi.

desain ruang tamu minimalis modern

Itulah beberapa hal penting saat mendekorasi ruang tamu ukuran 3×3 meter, atau secara umum ruang tamu berukuran kecil. Trik desain ini penting untuk dikuasai agar saat meracang ruangan, terlepas dari berapapun ukurannya, tetap bisa terasa maksimal dalam fungsi,  tanpa melupakan aspek estetika sama sekali.

Ada pertanyaan seputar desain interior?

Tags: , , , , , , , , ,

Aisah Wolfard

By Aisah Wolfard

Creative Director, Designer.

Artikel lainnya

Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa

 

Follow on Instagram

... ... ...