Valentine: Tema Dekorasi Unik dan Konsep Hunian Romantis

Posted by Ami Nurbaiti  •  Wednesday, February 13 2019

Interiordesign.id – Valentine merupakan momen tepat untuk menciptakan suasana yang lebih akrab antara Anda dan pasangan. Apalagi bila didukung dengan konsep hunian romantis, bukan tidak mungkin akan membawa suasana hati lebih riang.

Ruang yang nyaman dan sensual konon mampu menumbuhkan gairah dalam bercinta. Tata letak furnitur pun digagas untuk menghadirkan atmosfer penuh cinta sepanjang waktu.

Tema valentine sendiri bisa diterapkan sebagai konsep hunian romantis. Tema dekorasi rumah semacam ini akan selalu membawa suasana menyenangkan dan lebih berkesan ke dalam setiap ruang.

Dekorasi rumah ala valentine sebenarnya tak lekang oleh waktu. Tiap tahun selalu berulang. Ia hampir selalu membawa suasana dan memberi warna berbeda, meski tetap masih dalam satu alasan universal; glorifikasi kasih sayang.

Meski begitu, suasana romantis sejatinya memang seharusnya tidak hanya dimonopoli oleh kaum muda. Dan kasih sayang tidak selalu menjadi milik pasangan kekasih, tetapi juga keluarga.

“Valentine bukan hanya membahas soal sepasang kekasih, juga tentang kasih sayang antara ibu dan anak, bapak dan ibu, atau ibu, anak, dan ayah, atau bahkan bisa juga dengan sahabat,” Kata seorang desainer interior Fati S Hadiawan, seperti dikutip okezone.com.

Nah, sebagai bagian dari perayaan hari kasih sayang, berikut kami bagikan beberapa inspirasi bagaimana menerapkan konsep dan tema hunian romantis dan penuh kasih sayang sesuai dengan tema valentine.

Aksen Bingkai Kecil

Pertama, mulailah dengan memilih aksesori dan elemen dekoratif ruang yang berfungsi sebagai titik fokus desain.

Misal, Anda dapat menempatkan sebuah lukisan berbingkai, atau foto dengan bingkai berukuran medium. Sesuatu seperti ini sangat cocok ditempelkan pada bagian dinding, baik itu dinding ruang tamu, ruang keluarga, kamar tidur atau bahkan area dapur.

Lalu kemudian coba Anda masukan aksen merah di sekitar ruangan tersebut untuk melahirkan kohesi desain.

Konsep ruangan dengan aksen warna merah muda bisa cocok dengan karya seni berbingkai. Tetapi perlu diingat, sesuaikan dengan konsep besarnya, tema valentine.

Sebuah potongan hati berwarna merah atau sebuah karangan bunga bisa menjadikan ruangan terlihat sederhana tetapi penuh dengan cinta.

ruang keluarga dengan tema valentine

~ via pinterest

Untuk melakukan perubahan pada interior rumah dan berupaya mendapatkan suasana ruangan yang spesifik, Anda tidak perlu mengubah seluruh tatanan perabotan. Cukup dengan menambahkan aksen saja, dan dalam hal ini yang bertemakan valentine, maka suasana hari kasih sayang bisa tercipta.

“Hal yang perlu diperhatikan saat menata ruangan menjelang Valentine sangat bergantung kepada bagaimana kita mengemasnya sesuai atmosfer valentine itu sendiri, serta bagian mana saja yang ingin kita fokuskan,” kata desainer Fati Hadiawan.

Warna Merah Muda

Jika Anda mempunyai balita, suasana kamar tidur maupun ruang keluarga akan terlihat lebih meriah dengan hiasan tokoh-tokoh kartun lucu serta hiasan hati seperti Teddy bear, Micky mouse atau bayi-bayi terbang di beberapa sudut ruangan. Dekorasi sederhana semacam itu sangat lazim untuk menunjukan betapa sayang dan cintanya kita sebagai orang tua kepada anak kita.

Pun begitu dengan dekorasi rumah romantis dalam rangka perayaan hari kasih sayang.

Anggota Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII), Fati S Hadiawan menjelaskan, dalam menghadirkan suasana kasih sayang di rumah bisa dengan memberikan satu atau dua aksen dalam bentuk elemen estetis interior melalui warna ataupun tema-tema yang kental dengan valentine, seperti menambahkan bantal bersimbol hati di tengah-tengah bantal-bantal berbentuk biasa. Sebuah gagasan dekorasi ruang yang sederhana tetapi cukup memiliki dampak besar bukan?

aksesori interior valentine

~ via pexels

Menjadikan warna merah sebagai tema sentral dari dekorasi valentine adalah pilihan yang nyata. Anda bisa memadukannya dengan warna putih atau bisa juga dengan menambahkan lebih banyak variasi berupa beberapa gradasi warna, mulai dari merah muda yang lembut hingga warna-warna permata yang lebih gelap.

Isi vas dengan mawar merah atau pink cerah dan tempatkan di posisi strategis di dalam rumah untuk menegaskan suasana hari kasih sayang. Atau Anda dapat mencoba hal lain semacam menempatkan beberapa kelopak mawar merah, atau bahkan tulip, bakung atau iris, dalam mangkuk kaca berisi air. Hal tersebut bisa memberi kesan romantis dan menjadi kontributor besar saat perayaan hari valentine.

Aksesori Berbentuk Hati

Bila menginginkan suasana yang lebih sakral, Fati merekomendasikan untuk mengubah sedikit layout rumah pada salah satu bagian sudut ruangan. Bagian itu pulalah yang kelak dijadikan fokus atau point of interest valentine.

Aksen interior yang dimaksud bisa meliputi; bantalan tempat duduk berbentuk hati, ataupun taplak meja berwarna pink. Dan untuk menentukan aksen yang ingin diaplikasikan, jangan lakukan secara asal. Dalam hal ini, Anda perlu membicarakannya dengan orang yang kelak akan bersama Anda saat merayakan hari kasih sayang tersebut.

Misal dengan sama-sama menentukan kegiatan apa saja yang paling ingin dilakukan saat hari itu tiba. Kegiatan-kegiatan tersebut dapat menjadi faktor penentu untuk memutuskan pilihan aksen dan furnitur yang akan digunakan. Termasuk di dalamnya adalah penentuan ruangan mana yang hendak digunakan. Seperti memutuskan mendekorasi kamar tidur dengan tema valentine agar bisa menghadirkan suasana bercinta yang sedikit berbeda dari biasanya.

dekorasi kamar tidur valentine

~ via freepik

Kamar tidur dengan tema valentine dan sentuhan warna pink tentu saja bisa melahirkan suasana yang terasa sangan nyaman dan sedikit sensual.

Adapun setiap ruang tentu memiliki fungsi dan taste yang berbeda. Tinggal seperti apa kreativitas dan cara Anda saat mengubah tampilannya agar sesuai dengan konteks hari valentine.

aksesori rumah bentuk hati

~ via google

Dalam dekorasi rumah romantis valentine, mengenai penentuan proporsi aksennya, Anda juga tidak harus membeli barang baru untuk memenuhi unsur perubahan dan suasana yang ingin diciptakan.

Perubahan suasana sebuah ruang sangat mungkin bisa dilakukan hanya dengan cara yang benar-benar simpel. Membuat sesuatu atau memodifikasi apa yang sudah ada saja sudah cukup. Yang terpenting adalah bagaimana Anda bersama semua orang yang Anda sayangi bisa benar-benar merasakan kehadiran cinta dan berbagi keceriaan bersama di dalam rumah.

Sekali lagi, valentine adalah milik semua orang, tidak terkecuali Anda. Dan suasana penuh kasih sayang sangat mungkin untuk Anda hadirkan di dalam rumah Anda.

Bukankah berbagi keceriaan, kasih sayang, dan cinta adalah tugas semua orang, di mana saja dan kapan saja? Tidak terkecuali di dalam rumah!

Dan mendekorasi rumah agar penuh dengan cinta dan kebahagiaan adalah bagian dari upaya untuk menunjukan hal tersebut. Selamat hari valentine, selamat hari kasih sayang!

Butuh bantuan desain dan dekorasi interior? Berkomunikasi langsung dengan desainer-desainer terbaik?

Tags: , , , , , ,

Ami Nurbaiti

By Ami Nurbaiti

Ami was born in Bandung. She graduated from State Islamic University Bandung in 2018 majored in English Education Department. She really loves to read about anything from manga, novel, fiction, poets and etc. After graduated, she enjoys writing about many different and interesting topics and now she currently works as a content writer

Artikel lainnya

Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram

preloader