fbpx
Hello, Guest

Desain Balkon Rumah Lantai 2 Jadikan Ruang Kosong Jadi Estetik dan Bermanfaat

Posted by Iqbal Mujahid Friday, December 15 2023
Desain Balkon Rumah Lantai 2 Jadikan Ruang Kosong Jadi Estetik dan Bermanfaat

Interiordesign.id – Balkon rumah lantai 2 adalah suatu platform terbuka yang terletak di lantai kedua suatu bangunan tempat tinggal, biasanya terhubung dengan salah satu kamar atau ruangan di lantai dua. Balkon ini memberikan ruang eksternal tambahan dan sering digunakan sebagai tempat untuk menikmati udara segar, pemandangan, atau sebagai area bersantai di rumah.

Balkon ini berada di lantai kedua rumah, yang dapat diakses dari salah satu kamar atau ruangan di tingkat tersebut. Balkon lantai 2 cenderung terbuka, memberikan akses ke udara terbuka dan biasanya terpapar dengan elemen cuaca seperti sinar matahari, angin, dan hujan. 

Mendesain balkon rumah lantai 2 dapat dihias dan difungsikan sesuai dengan kebutuhan dan preferensi penghuni rumah. Beberapa orang menggunakan balkon sebagai tempat untuk menanam tanaman hias, menata kursi dan meja, atau bahkan membuat area makan kecil.

Sumber:Pinterest

Jika rumah berada di lokasi yang memberikan pemandangan menarik, desain balkon rumah lantai 2 bisa menjadi tempat yang ideal untuk menikmati pemandangan sekitar. Selain itu, balkon dapat memberikan keuntungan tambahan seperti sirkulasi udara lebih baik dan pencahayaan alami yang lebih banyak untuk kamar atau ruangan yang terhubung dengannya.

Desain Balkon Rumah Lantai 2 Jadi Tempat yang Lebih Bermanfaat

Mendesain balkon rumah lantai 2 menjadi ruang yang lebih bermanfaat dapat meningkatkan kualitas hidup Anda dan memberikan nilai tambah pada rumah. Berikut beberapa ide desain balkon rumah lantai 2 agar  lebih fungsional:

  1. Taman Kecil

Sumber:Pinterest

Mendesain balkon rumah lantai 2 menjadi taman kecil adalah ide yang bagus untuk memberikan sentuhan hijau di rumah Anda. Berikut adalah beberapa langkah dan ide yang dapat membantu Anda membuat taman kecil yang menyenangkan dan fungsional di balkon lantai 2:

  • Evaluasi Ruang: Pertama-tama, periksa kestabilan balkon dan batas berat yang diperbolehkan. Pastikan bahwa balkon dapat menopang bobot tanaman, pot, dan perlengkapan taman tanpa masalah.

  • Pilih Tanaman yang Sesuai: Pilih tanaman yang cocok untuk kondisi balkon Anda, seperti tanaman dengan kebutuhan cahaya yang sesuai. Tanaman berpotongan rendah seperti tanaman hias, herba, atau tanaman bergantung bisa menjadi pilihan yang baik.

  • Gunakan Pot Gantung atau Pergantung Dinding: Manfaatkan ruang vertikal dengan menggunakan pot gantung atau sistem dinding yang dapat diandalkan. Ini memaksimalkan ruang tanaman dan memberikan sentuhan dekoratif.

  • Desain Zona-fungsi: Bagi balkon Anda menjadi zona-fungsi, seperti zona bersantai dengan kursi atau bangku, zona berkebun dengan pot-pot tanaman, dan zona penyimpanan untuk peralatan taman. Ini membantu menjadikan ruang lebih teratur dan fungsional.

  • Gunakan Tanaman dengan Aroma Menyenangkan: Pilih tanaman yang memberikan aroma yang menyenangkan, seperti lavender, mint, atau tanaman aromatik lainnya. Ini bisa meningkatkan pengalaman bersantai di balkon.

  • Pertimbangkan Taman Vertikal: Taman vertikal adalah solusi kreatif untuk mengoptimalkan ruang. Gunakan pot gantung atau panel taman vertikal untuk menanam tanaman secara vertikal di dinding atau pagar balkon.

  • Padukan Tanaman dengan Dekorasi: Tambahkan elemen dekoratif seperti lampu taman, patung kecil, atau keranjang serat alami untuk menambahkan sentuhan estetika yang menyenangkan.

  • Gunakan Material yang Ramah Lingkungan: Pilih pot dan perlengkapan taman yang terbuat dari material ramah lingkungan, seperti tanah liat, pot serat alami, atau pot daur ulang. Ini mendukung konsep taman yang berkelanjutan.

  • Perhatikan Pencahayaan: Pastikan ada pencahayaan yang memadai di balkon, terutama jika balkon tidak mendapatkan banyak cahaya matahari langsung. Anda bisa menambahkan lampu taman atau lampu gantung yang tahan cuaca untuk menciptakan suasana yang nyaman di malam hari.

Ingatlah untuk merawat tanaman secara rutin, memberikan nutrisi yang dibutuhkan, dan menyiram tanaman sesuai kebutuhan. Dengan perencanaan yang baik, balkon lantai 2 Anda dapat menjadi tempat yang menyenangkan untuk bersantai dan menikmati keindahan alam di tengah perkotaan.

  1. Area Bersantai

Sumber:Pinterest

Mendesain balkon rumah lantai 2 menjadi area bersantai adalah ide yang bagus untuk memaksimalkan ruang eksternal Anda dan menciptakan tempat yang nyaman untuk relaksasi. Berikut adalah beberapa ide untuk mengubah balkon tersebut menjadi area bersantai yang menyenangkan:

  • Pilih Furniture yang Nyaman: Investasikan dalam furnitur luar ruangan yang nyaman, seperti kursi berbantal atau sofa luar ruangan. Pilih bahan yang tahan cuaca dan mudah perawatannya, seperti aluminium atau rotan sintetis.

  • Tambahkan Meja Kecil: Sertakan meja kecil untuk meletakkan minuman, buku, atau barang-barang kecil lainnya. Ini dapat memberikan sentuhan praktis dan estetika.

  • Tanaman Hias: Tambahkan tanaman hias dalam pot atau pot gantung untuk memberikan nuansa alami. Pilih tanaman yang sesuai dengan kondisi cahaya di balkon Anda.

  • Pergola atau Payung: Jika memungkinkan, pasang pergola atau payung besar untuk memberikan perlindungan dari sinar matahari langsung. Ini menciptakan zona teduh yang nyaman di balkon.

  • Lampu Gantung atau Lampu Taman: Suspensikan lampu gantung atau lampu taman diatas balkon untuk memberikan penerangan yang lembut saat malam hari. Lampu yang hangat dapat menciptakan atmosfer yang menyenangkan.

  • Karpet Luar Ruangan: Tambahkan karpet luar ruangan untuk memberikan kehangatan visual dan kenyamanan di kaki. Pilih bahan yang tahan air atau mudah dibersihkan.

  • Kursi Gantung atau Ayunan: Untuk sentuhan yang lebih santai, pertimbangkan untuk memasang kursi gantung atau ayunan. Ini dapat menjadi tempat favorit untuk bersantai.

  • Laci atau Tempat Penyimpanan: Gunakan laci atau tempat penyimpanan outdoor untuk menyimpan bantal, selimut, atau perlengkapan lainnya saat tidak digunakan. Ini membantu menjaga kebersihan dan keteraturan ruang.

  • Dekorasi Dinding: Hiasi dinding balkon dengan dekorasi yang sesuai dengan selera Anda, seperti cermin kecil, panel kayu, atau lampu dinding. Ini dapat memberikan tampilan yang menarik.

  • Penutup Jendela atau Tirai: Jika privasi menjadi concern, pertimbangkan penutup jendela atau tirai yang bisa diatur. Ini tidak hanya memberikan privasi tetapi juga bisa memberikan elemen dekoratif.

Pastikan untuk mempertimbangkan estetika keseluruhan dan gaya hidup Anda saat mendesain balkon sebagai area bersantai. Dengan memanfaatkan setiap ruang dan menyesuaikan dengan kebutuhan pribadi, Anda dapat menciptakan balkon yang menjadi tempat favorit untuk bersantai di rumah.

  1. Tempat BBQ 

Sumber:Pinterest

Mengubah balkon rumah lantai 2 menjadi tempat BBQ adalah ide yang bagus untuk memanfaatkan ruang outdoor Anda dan menciptakan suasana yang menyenangkan. Namun, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan untuk menjadikan balkon sebagai area BBQ yang aman dan nyaman. Berikut beberapa tips yang dapat membantu Anda:

  • Perizinan dan Aturan Apartemen/Rumah: Pastikan untuk memeriksa perizinan dan aturan apartemen atau rumah tempat tinggal Anda. Beberapa properti mungkin memiliki batasan atau persyaratan tertentu terkait penggunaan BBQ di balkon.

  • Pertimbangkan Ukuran Balkon: Perhatikan ukuran balkon Anda. Pastikan ada cukup ruang untuk BBQ, tempat duduk, dan sirkulasi udara yang baik. Hindari mengabaikan aturan keamanan dan pemadam api.

  • Pilih BBQ yang Sesuai: Pilih BBQ yang sesuai dengan ukuran balkon dan kebutuhan Anda. BBQ portable atau grill kecil mungkin lebih cocok untuk balkon lantai 2. Pastikan juga untuk memilih BBQ yang aman dan tahan terhadap cuaca.

  • Atur Ventilasi yang Baik: Pastikan ada ventilasi yang baik di area BBQ. Jika mungkin, hindari BBQ dalam ruangan tertutup atau dekat dengan jendela yang tidak dapat dibuka. Ventilasi yang baik membantu mengurangi asap dan memastikan keamanan udara.

  • Pertimbangkan Tipe Bahan Bakar: Pilih jenis BBQ sesuai dengan preferensi Anda dan aturan tempat tinggal Anda. BBQ gas atau listrik seringkali lebih cocok untuk balkon karena mengurangi asap dan bau.

  • Penyimpanan Aman: Pastikan Anda memiliki tempat penyimpanan yang aman untuk tabung gas atau bahan bakar BBQ yang dapat menyala. Tempatkan bahan bakar jauh dari panas dan api.

  • Pertimbangkan Pemadam Api: Selalu siapkan pemadam api di dekat area BBQ. Keamanan harus menjadi prioritas utama, dan memiliki pemadam api yang siap digunakan adalah langkah yang baik.

  • Perlindungan dari Angin dan Cuaca: Pertimbangkan untuk memberikan perlindungan dari angin dan cuaca. Angin dapat mempengaruhi suhu memasak dan membuat proses BBQ menjadi sulit. Gunakan tirai atau partisi jika diperlukan.

  • Fasilitas Penghapusan Asap: Pertimbangkan penggunaan fasilitas penghapusan asap, seperti kipas ekstraktor atau alat penyaring udara. Ini dapat membantu menjaga kenyamanan di sekitar area BBQ.

  • Pembersihan Rutin: Lakukan pembersihan rutin di area BBQ untuk mencegah akumulasi lemak dan memastikan kebersihan. Ini juga dapat membantu mencegah bau yang tidak diinginkan.

Pastikan untuk selalu mematuhi aturan keamanan dan regulasi setempat saat menjadikan balkon sebagai tempat BBQ. Dengan memperhatikan hal-hal ini, Anda dapat membuat area yang aman dan menyenangkan untuk menikmati BBQ di rumah lantai 2 Anda.

  1. Area Kerja

Sumber:Pinterest

Mengubah balkon rumah lantai 2 menjadi area kerja adalah ide yang baik untuk menciptakan ruang produktif dan menyenangkan. Berikut beberapa tips untuk menjadikan balkon sebagai area kerja:

  • Furniture yang Ergonomis dan Kompak: Pilih perabotan yang ergonomis dan cocok untuk ruang terbatas. Gunakan meja dan kursi yang nyaman tetapi tidak terlalu besar sehingga sesuai dengan ukuran balkon.

  • Pencahayaan yang Cukup: Pastikan ada pencahayaan yang memadai di area kerja. Memanfaatkan cahaya alami sebanyak mungkin dengan memposisikan meja dekat dengan sumber cahaya matahari atau memasang lampu yang memberikan cahaya yang baik.

  • Perlindungan dari Cuaca: Untuk melindungi dari cuaca, pertimbangkan untuk memasang terpal atau payung jika balkon tidak dilindungi oleh atap. Ini juga bisa menjadi pertimbangan saat memilih perabotan yang tahan terhadap kondisi cuaca.

  • Dekorasi dan Tanaman Hias: Tambahkan sentuhan dekoratif dengan menambahkan tanaman hias atau pot bunga. Ini tidak hanya memberikan nuansa segar tetapi juga meningkatkan keseimbangan visual di ruang kerja Anda.

  • Karpet atau Tikar: Pilih penutup lantai yang nyaman seperti karpet outdoor atau tikar. Ini tidak hanya memberikan kenyamanan di kaki, tetapi juga bisa menambahkan sentuhan desain ke ruang kerja Anda.

  • Pengaturan yang Optimal: Susun perabotan dengan bijaksana untuk memastikan ruang kerja optimal. Pastikan ada cukup ruang untuk bergerak dan menciptakan suasana yang nyaman dan tidak terlalu penuh.

Ingat untuk menyesuaikan desain ruang kerja balkon sesuai dengan kebutuhan dan preferensi pribadi Anda. Dengan memperhatikan faktor-faktor ini, Anda dapat menciptakan area kerja yang menyenangkan dan produktif di balkon rumah lantai 2 Anda.

  1. Tempat Penyimpanan Ekstra

Sumber:Pinterest

Mengoptimalkan desain balkon rumah lantai 2 sebagai tempat penyimpanan ekstra dapat menjadi solusi cerdas untuk memaksimalkan ruang dan menjaga kebersihan rumah Anda. Berikut adalah beberapa ide untuk menjadikan balkon sebagai tempat penyimpanan ekstra:

  • Rak Gantung: Pasang rak gantung di dinding atau pagar balkon untuk menyimpan pot bunga, alat kebun kecil, atau bahkan barang-barang kecil lainnya. Ini membantu memanfaatkan ruang vertikal yang tersedia.

  • Lemari Kecil atau Laci: Pertimbangkan untuk menambahkan lemari kecil atau laci dengan desain tahan cuaca di balkon. Ini dapat digunakan untuk menyimpan perlengkapan taman, peralatan kebersihan, atau barang-barang sehari-hari yang tidak memerlukan penyimpanan di dalam rumah.

  • Tempat Penyimpanan Tertutup: Jika Anda ingin menjaga barang-barang tetap terlindungi dari elemen, pertimbangkan untuk menggunakan kotak penyimpanan plastik yang tahan cuaca atau lemari khusus outdoor. Pastikan bahan yang Anda pilih dapat melindungi barang dari hujan dan sinar matahari.

  • Rak Dinding atau Gantungan Kait: Gantung rak dinding atau gantungan kait di dinding balkon untuk menyimpan alat kebun, sapu, atau bahkan sepeda lipat. Ini membantu menghemat ruang lantai dan membuat barang-barang tersebut mudah diakses.

  • Pergola atau Rak Tertutup di Langit-langit: Jika balkon Anda memiliki langit-langit yang tertutup, pertimbangkan untuk menambahkan pergola atau rak gantung di langit-langit untuk menyimpan barang-barang ringan. Ini bisa menjadi tempat yang baik untuk menyimpan barang-barang musiman atau dekorasi.

  • Rak Terbuka atau Lemari Terbuka: Gunakan rak terbuka atau lemari tanpa pintu untuk menyimpan barang-barang yang sering digunakan atau barang dekoratif. Ini memberikan akses mudah dan menambah elemen dekoratif pada balkon.

  • Penyimpanan Bertingkat: Memanfaatkan ruang vertikal dengan menggunakan penyimpanan bertingkat. Anda dapat menggunakan rak bertingkat atau rak tangga untuk menyusun barang-barang dengan rapi tanpa menghabiskan banyak ruang lantai.

Pastikan untuk memilih bahan penyimpanan yang tahan cuaca dan mudah perawatannya agar barang-barang tetap terlindungi di luar ruangan. Selain itu, pertimbangkan juga regulasi atau aturan penggunaan balkon di lingkungan tempat Anda tinggal sebelum menambahkan atau merancang penyimpanan ekstra.

  1. Kolam Mini atau Air Mancur

Sumber:Pinterest

Mendesain balkon rumah lantai 2 menjadi kolam mini atau air mancur bisa menjadi ide yang menarik untuk menciptakan suasana yang menyenangkan dan menambah keindahan di rumah Anda. Berikut ini adalah beberapa ide kolam mini yang dapat diletakan di balkon lantai 2:

  • Kolam Mini Datar atau Terapung: Kolam mini datar atau terapung dapat ditempatkan di balkon. Pilih jenis kolam yang sesuai dengan keinginan Anda dan cukup dangkal untuk ditempatkan di balkon.

  • Air Mancur Tertanam dalam Dinding: Desain air mancur yang tertanam dalam dinding balkon bisa menjadi pilihan yang menarik dan minimalis. Air dapat mengalir dari sumber tertentu ke dalam kolam atau saluran di lantai balkon.

  • Kolam Mini dengan Batu atau Karang Buatan: Buatlah kolam mini dengan menambahkan batu atau karang buatan untuk memberikan tampilan yang alami. Ini dapat menciptakan suasana santai dan alami di balkon.

  • Air Mancur Bata atau Beton: Air mancur dengan bahan seperti bata atau beton dapat memberikan kesan yang kuat dan tahan lama. Anda dapat merancangnya sesuai dengan gaya desain keseluruhan rumah.

  • Air Mancur yang Mengalir ke Kolam Mini: Desain air mancur yang mengalir ke dalam kolam mini dapat menciptakan efek yang menarik. Pilih gaya air mancur yang sesuai dengan tema keseluruhan.

  • Tanaman Air dan Lili Air: Tanaman air atau lili air dapat ditempatkan di dalam kolam mini untuk memberikan nuansa yang lebih segar dan alami.

  • Pencahayaan Kreatif: Tambahkan pencahayaan yang kreatif seperti lampu terapung atau lampu LED di dalam kolam atau di sekitarnya untuk menciptakan efek visual yang menarik pada malam hari.

Ingatlah untuk mempertimbangkan perawatan dan pemeliharaan yang diperlukan untuk kolam atau air mancur tersebut. Dengan perencanaan yang baik, balkon rumah lantai 2 Anda dapat menjadi tempat yang menakjubkan untuk bersantai dan menikmati suasana.

Tantangan Saat Mendesain Balkon Lantai 2

Sumber:Pinterest

Memanfaatkan balkon di lantai 2 memiliki tantangan tertentu yang perlu dipertimbangkan untuk menciptakan ruang yang fungsional dan menyenangkan. Berikut beberapa tantangan umum dan solusi untuk memanfaatkan balkon lantai 2:

  • Ruang Terbatas: Balkon biasanya memiliki ukuran yang terbatas, membatasi pilihan furniture dan dekorasi.

  • Izin dan Pembatasan Struktural: Terkadang, ada pembatasan struktural atau perizinan yang perlu dipertimbangkan sebelum melakukan perubahan besar pada balkon.

  • Pencahayaan yang Terbatas: Beberapa balkon mungkin menerima pencahayaan yang terbatas, terutama jika dikelilingi oleh bangunan atau vegetasi.

  • Pengaruh Cuaca: Balkon di lantai 2 dapat terkena pengaruh cuaca ekstrem seperti panas berlebih atau hujan.

  • Privasi Terbatas: Privasi di balkon lantai 2 bisa menjadi masalah, terutama jika berdekatan dengan tetangga atau jalan.

  • Kebisingan: Kebisingan dari lalu lintas atau lingkungan sekitar dapat mengurangi kenyamanan di balkon.

  • Perawatan dan Pemeliharaan: Menjaga balkon tetap bersih dan terawat bisa menjadi pekerjaan yang cukup.

  • Pertimbangan Keselamatan: Keselamatan penghuni dan orang lain harus dipertimbangkan, terutama jika balkon memiliki tinggi tertentu.

Memanfaatkan balkon lantai 2 dengan bijak dan mempertimbangkan tantangan khususnya dapat menciptakan ruang outdoor yang nyaman dan indah. Jangan ragu untuk berkreasi dan menyesuaikan dengan kebutuhan dan gaya hidup Anda.

Kesimpulan

Dalam pembahasan diatas telah dipaparkan mengenai pemanfaatan balkon lantai 2 menjadi tempat yang berguna dan favorit untuk bersantai di rumah.

Dengan desain dan perencanaan yang matang, balkon lantai 2 bisa menjadi tempat yang menyenangkan bagi penghuni rumah.

Berbagai desain balkon rumah lantai 2 yang bisa dijadikan inspirasi, contohnya: ruang kerja, taman mini, tempat BBQ dan tempat bersantai.

Meskipun dapat dimanfaatkan, dalam mendesain balkon rumah lantai 2 ternyata memiliki tantangan yang harus dipahami agar penggunaannya maksimal. 

Jika mengalami kesulitan dalam menentukan desain balkon rumah,  Anda bisa mencari solusi dengan berkonsultasi kepada kami disini untuk mengatasi segala masalah interior rumah Anda. tunggu apa lagi!!, segera hubungi kami disini

InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Saatnya Mendesain Ulang Rumah Anda

Mau dekorasi, atau renovasi rumah?

Interiordesign.id adalah perusahaan desain interior online terkemuka yang dipercaya oleh ribuan pemilik rumah untuk menjadikan hunian mereka lebih baik. Desainer-desainer kami spesialis dalam berbagai gaya desain. Anda akan bekerja secara langsung bersama mereka saat proses desain. Online, terjangkau, dan profesional.

Ketika desain selesai, kami juga menangani proses renovasi. Tim renovasi dan produksi internal kami, dengan manajemen proyek berpengalaman, akan memastikan proyek renovasi ditangani secara profesional. Jangan khawatir, untuk pembiayaan, kami tidak mahal.

Info lebih lanjut, kontak CS

Artikel Terkait

Berapa estimasi biaya renovasi Anda?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

4000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan biaya interior rumah Anda dengan menjawab beberapa pertanyaan sederhana.
Estimasikan sekarang!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan sekarang!
Let's share!
Hello interiordesign.id