5 Desain Balkon dengan Tanaman Ini Bisa Ciptakan Kesejukan dan Kesegaran di Rumah

Posted by Dhila F Khairunisa Wednesday, September 23 2020
desain balkon dengan tanaman; rumput sintetis

Desain balkon dengan tanaman merupakan cara yang sangat simpel dan mudah untuk dapat memiliki sebuah “taman mini hijau” yang sejuk dan menyegarkan.

Interiordesign.id – Rasanya tidak ada tempat paling nyaman untuk menikmati matahari pagi dan udara segar selain di taman. Ketika berbicara tentang area “hijau” ini, mungkin yang terlintas di kepala seketika adalah bayangan soal rerumputan hijau, semak-semak yang memagari bunga-bunga, pepohonan, dan lain sebagainya.

Persoalannya adalah, bagaimana dengan Anda yang tidak memiliki cukup lahan untuk dapat memiliki area hijau ini di sekitar rumah Anda? Atau bagi anda yang tinggal di apartemen misalnya, adakah lahan atau area yang tersedia untuk mengkreasi ruang hijau terbuka ini? Tentu saja sulit bukan. Namun bukan berarti tidak mungkin.

Ada satu area yang mungkin bisa Anda sulap sedemikian rupa agar menjadi taman mini yang sejuk dan menyegarkan. Balkon. Ya, balkon bisa jadi satu area paling tepat untuk Anda kreasikan menjadi ruang hijau nan sejuk dan menyegarkan.

Baca juga:

DIY: 5 Dekorasi Tanaman Indoor, Menambah Kesan Estetik dan Membuat Ruangan Makin Liveable

Setelah seharian lelah bekerja, tentunya Anda sangat membutuhkan ruang santai untuk sejenak beristirahat. Balkon rumah merupakan pilihan tepat untuk menghalau rasa lelah tersebut. Dengan kombinasi aneka tanaman hias, Anda dapat menciptakan taman pribadi sendiri. Desain balkon dengan tanaman adalah cara yang sangat simpel dan mudah memiliki sebuah taman mini yang hijau yang menyejukan dan menyegarkan.

Jangan lupa lengkapi balkon hijau Anda dengan kehadiran bangku atau kursi santai yang nyaman. Balkon yang disulap laiknya sebuah taman, sangat cocok untuk bersantap siang atau sekadar membaca buku. Area ini juga menjadi tempat favorit keluarga saat bersantai ria ditemani segelas kopi atau teh hangat.

Desain Balkon dengan Tanaman dalam Pot

desain balokn dengan tanaman; pot plant

~ via houzz

Ingin area balkon Anda terasa teduh dan rimbun oleh tumbuhan? Anda bisa merasakan kesejukan area balkon dengan tanaman dalam sebuah pot besar. Letakkan beberapa pot besar tersebut di bagian depan serta beberapa di bagian samping. Sebagai pelengkap bersantai Anda, tambahkan bangku atau kursi kecil, lampu tree spotlight dan atau batu-batu alam.

Jika Anda tidak memiliki teras balkon yang tidak terlalu besar, penggunaan pot kecil bisa Anda coba. Anda juga dapat menempatkan tanaman dan bunga di pot kecil yang digantung atau menempel pada bagian dinding.

Balkon dengan Tanaman dalam Planter Box

Desain balkon dengan tanaman; planter box

desain balkon dengan planter box yang sejuk dan segar. ~ via houzz

Tak ingin menggunakan pot pada “hutan” kecil di balkon Anda? Anda bisa menggunakan pilihan lain. Planter box adalah cara untuk mengganti pot. Berbeda dengan pot, planter box memiliki keunikan secara visual dan akan mempercantik taman kecil Anda.

Anda sebaiknya menghubungi desainer/decorator untuk membantu Anda mendapatkan desain yang sesuai. Mereka akan membantu Anda mendapatkan desain planter box yang sesuai dengan keadaan dan ukuran balkon Anda. Sehingga Anda akan mendapatkan taman yang sesuai dengan impian serta mengurangi kesalahan dalam membeli bahan dan kebutuhan lainnya.

Desain Balkon dengan Rak Tanaman

Desain balkon dengan tanaman; rak sebagai media pot tanaman

Memiliki rak tidak terpakai? Jangan pernah Anda buang. Anda bisa menempatkannya di balkon Anda sebagai media untuk meletakan beberapa tanaman dalam pot kecil di rak tersebut. Anda bisa menanam beberapa jenis tanaman dan bunga berbeda untuk mendapatkan tampilan balkon yang unik, cantik dan memesona.

Balkon dengan Rumput Sintesis

desain balkon dengan tanaman; rumput sintetis

Rumput sintetis sangat bermanfaat dan salah satu elemen dekoratif yang paling pas dan tepat untuk balkon rumah atau apartemen kecil Anda. Rumput sintetis cukup mudah ditemukan, yang perlu diperhatikan adalah ukuran. Ukurlah terlebih dahulu area atau luasan untuk penggunaan rumput sintetis pada balkon Anda. Hal ini untuk mencegah kesalahan pembelian ukuran rumput sintetis, dan terutama mengkreasi area yang paling pas yang akan Anda gunakan untuk instalasi rumput sintetis.

Desain Balkon dengan Sofa L

desain balokn dengan tanaman; sofa L

Selain kursi kayu atau bangku taman, Anda juga bisa meletakkan sofa berbentuk L di bagian sudut balkon Anda. Tidak sulit untuk mendapatkan sofa berbentuk ini. Anda bahkan dapat menemukan model lain atau Anda juga bisa membuatnya kustom.

Baca juga:

Super Balcony, 10 Desain Balkon Modern Dari Seluruh Dunia

Tambahkan juga meja sebagai pelengkap acara ngopi atau ngobrol. Maka balkon Anda pun siap menjadi salah satu area paling nyaman dan menyenangkan untuk sekadar bersantai atau berkumpul bersama teman-teman dan sahabat tercinta.

Siap memulai proyek desain interior?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

1000* desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
... ... ...
×