desain balkon rumah

Desain Balkon Rumah; Area Privat yang Nyaman dan Aman

Posted by HinaYana  •  Monday, October 23 2017

Desain balkon rumah akan selalu menjadi satu area estetik yang terintegrasi dan memberi banyak manfaat, bisa dirancang untuk beragam fungsi dan tujuan.

Interiordesign.id – Keberadaan balkon akan selalu penting. Banyak desainer dan arsitek mengamini bahwa desain balkon rumah akan menambah estetika dan mampu memberi dan menambah area pribadi yang sangat privat selain kamar tidur. Bahkan para agen properti juga meyakini, keberadaan sebuah balkon akan menambah nilai jual sebuah rumah.

Sebuah balkon menjadi satu area spasial yang didambakan semua pemilik rumah. Di area inilah beragam aktivitas personal bisa dilakukan. Balkon juga bisa memberi begitu banyak manfaat, menikmati keindahan alam sekitar dengan privasi luar biasa.

Banyak balkon difungsikan untuk beragam fungsi, mulai dari area playground; jika memiliki area yang cukup lebar dan luas; atau bahkan area membaca dan area bersantai keluarga.

Baca juga:

| Super Balcony, 10 Desain Balkon Modern dari Seluruh Dunia

| Desain Balkon dengan Tanaman, Ciptakan Kesejukan & Kesegaran di Rumah & Apartemen Kecil

Desain Balkon Rumah; Area Privat

Balkon dipuja banyak orang karena merupakan salah satu area terunik di sebuah rumah. Ada banyak sekali manfaat memiliki balkon. Salah satu manfaat terbesarnya adalah area privat dengan kenyamanan dan keamanan yang maskimal. Balkon, sebagai sebuah area outdoor, menjadikannya tempat terbaik untuk menghabiskan waktu sendirian.

Balkon biasanya dipisahkan dari area kamar dengan pintu dan kita dapat dengan mudah mengaksesnya kapanpun kita mau.

desain balkon rumah

desain balkon rumah dengan view alam sekitar yang menenangkan. ~ via pinterest

Balkon juga menawarkan pemandangan alam sekitar yang luar biasa. Dengan tampilannya yang estetik dan begitu memikat, rancangan arsitekturalnya terlihat sangat elegan dan sangat personal karena dikelilingi oleh pagar penyatu. Integrasi balkon pada sebuah rumah menjadi keuntungan yang besar bagi setiap pemiliknya.

Balkon pastinya menawarkan privasi dan keamanan yang tidak diberikan halaman belakang. Kita bisa bersantai di balkon kapan saja tanpa khawatir dengan gangguan orang-orang atau tetangga sekitar. Bahkan juga bisa menikmati semua jenis buku; bagi para pecinta buku;  balkon menawarkan suasana privasi yang ideal untuk membaca buku-buku kesayangan.

| Desain Interior Rumah; Kenapa Dekorasi Menjadi Sesuatu yang Penting?

Desain Balkon Rumah; Meningkatkan nilai jual

Nilai jual menjadi satu keuntungan lain dari memiliki sebuah balkon. Rumah dengan balkon dikenal sebagai sebuah karya arsitektur mumpuni. Penambahan balkon di rumah juga menambah fleksibilitas ke dalam lingkungan rumah. Kita bahkan bisa membiarkan hewan peliharaan bermain di balkon bersama kita.

desain balkon rumah

dekorasi balkon rumah yang nyaman. ~ via pinterest

Dikutip dari smartpropertyinvestment, rumah atau apartemen dengan sebuah balkon, memiliki nilai jual lebih tinggi hingga 11.69 persen. Area outdoor ini menjadi pilihan ketiga area tambahan yang banyak didambakan oleh calon pemilik rumah; hanya kalah dari area tambahan berupa kamar mandi di dalam kamar dan sebuah walk-in wardrobes atau walk-in closet.

Sementara dari dailymail.uk, sebuah fakta juga didapatkan; empat dari sepuluh orang mengatakan penambahan akan menjadi hal yang paling penting jika mereka membangun properti ideal mereka. Hal tersebut berhubungan dengan kebutuhan area outdoor pada hunian-hunian kecil, yang tentunya erat sekali hubunganya dengan desain sebuah balkon.

| Desain Rumah yang Nyaman, Desain Rumah Kecil Minimalis yang Fungsional

desain balkon rumah

balkon rumah dengan tanaman. ~ via atap.co

Kita juga bisa menambahkan keindahan dan memercantik desain balkon rumah dengan memasang tanaman-tanaman. Memadukan tanaman dalam sebuah pot untuk mendekorasi balkon agar semakin nyaman dan memberi kesegaran.

| Desain Balkon dengan Tanaman, Ciptakan Kesejukan & Kesegaran di Rumah & Apartemen Kecil

Desain Balkon Rumah; Lebih penting daripada parkiran

Dalam sebuah survey, keberadaan balkon ternyata lebih penting daripada parkiran. Fakta ini didapat dari sekitar 1000 orang responden pemilik dan penyewa apartemen di Sydney Australia.

Seperti dikutip dari mydomain.au, sekitar 60 persen responden memilih balkon lebih penting dari area parkir. Balkon, dalam sebuah apartemen khususnya, memiliki fungsi sebagai sebuah ruang spasial yang sangat diinginkan para pemilik maupun penyewa apartemen.

Merujuk hal tersebut, keberadaan area balkon bagi banyak pemilik hunian di gedung-gedung pencakar langit macam apartemen, memberi tambahan area yang bisa difungsikan untuk beragam fungsi dan tujuan.

desain balkon rumah

Meski survey tersebut lebih ke arah model atau jenis hunian apartemen, tidak menutup kemungkinan pentingnya desain balkon pada model hunian lain, seperti rumah. Bahkan, rumah-rumah yang memiliki balkon, memiliki kelebihan tersendiri dan memberi banyak manfaat seperti telah disingung sebelumnya.

| Desain Interior Rumah; Kenapa Dekorasi Menjadi Sesuatu yang Penting?

Kini tak heran lagi bukan, kenapa dalam sebuah adegan drama Romeo dan Juliet yang terkenal itu, salah satu adegan paling diingat sepanjang cerita, menjadi satu adegan ikonik hingga saat ini. Balkon menjadi medium sekaligus saksi deklarasi cinta dan kesetiaan antara sepasang kekasih paling legendaris itu.

“But soft! What light through yonder window breaks? It is the East, and Juliet is the sun!” – William Shakespeare – Romeo and Juliet Act 2 Scene 2 (The Iconic Balcony Scene).

Desain balkon rumah akan selalu menjadi satu area estetik yang terintegrasi dan memberi banyak manfaat; bisa dirancang untuk beragam fungsi dan tujuan, serta menjadi area outdoor idaman yang memberi privasi dan keamanan.

Happy decorating.

Butuh bantuan desain dan dekorasi interior rumah? Bekerja dan berkomunikasi langsung dengan jasa desain interior terbaik dan desainer-desainer terbaik? Silakan kunjungi laman berikut: Proses desain dan dekorasi ruangan (step by step) full online.

Tags: , , , ,

Hina Yana

By HinaYana

Konten Editor.

Artikel lainnya

Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram

preloader