denah lantai terbuka

Desain dan Dekorasi Ruang Tamu Lantai Terbuka

Posted by HinaYana  •  Thursday, September 7 2017

Desain dan dekorasi ruang tamu lantai terbuka harus memertimbangkan banyak hal, terutama soal “zonasi” ruang.

Interiordesign.id – Ruang tamu adalah area yang kita gunakan sebagai area untuk bersantai, membaca buku, nonton TV atau film, mendengarkan musik, bercengkrama bersama keluarga dan beragam aktivitas lainnya. Menarik mengetahui fakta bahwa ruang tamu bisa memiliki fungsi lebih dari satu.

Semenjak konsep open plan atau open space alias lantai terbuka hadir, dan memengaruhi mode dan gagasan arsitektur dan desain interior, saat itulah Anda harus berhati-hati dan benar-benar memikirkan secara bernas akan seperti apa desain dan dekorasi ruang tamu lantai terbuka.

Desain dan dekorasi ruang tamu lantai terbuka harus mempertimbangkan banyak hal, terutama soal pembagian spasial ruang. Terdapat fakta yang tidak bisa dibantah bahwa ada “banyak ruang dalam satu ruang” yang perlu benar-benar harus dipikirkan bagaimana cara terbaik mendekorasinya.

Dalam konsep lantai terbuka, terdapat banyak fungsi yang berbeda dalam satu ruang. Lalu persoalannya kemudian, adalah bagaimana menjadikannya memiliki lebih dari satu fungsi tanpa mengubah rancangan arsitekturnya? Bagaimana memberi ketegasan dalam setiap ruang yang berbeda?

Perlu diingat, saat mendesain ruang tamu, tidak ada cara yang benar atau salah untuk melakukannya, namun setiap desain dan keputusan dekorasi harus ditujukan untuk mencapai kepraktisan dan terutama fungsi dan tujuan sebuah ruang.

Desain dan dekorasi ruang tamu lantai terbuka

modern eclectic style ruang tamu lantai terbuka. ~ via houzz

Cara Praktis Menentukan Zonasi Denah Lantai Terbuka Desain Apartemen Studio Minimalis

Dekorasi Ruang Tamu

Saat mendekorasi ruang tamu, televisi hampir selalu dapat dipastikan digunakan sebagai titik fokus atau focal point. Sebagian orang memang memiliki kemewahan memiliki ruang keluarga, di mana mereka menyimpan televisi dan membiarkan ruang tamu difungsikan secara khusus untuk acara yang lebih formal. Namun, seperti apapun kondisinya, ruang tamu seringkali merupakan ruangan di mana orang pertama kali menilai selera desain kita.

Ruang tamu harus menggambarkan Anda dan kepribadian keluarga Anda; apa yang Anda minati, koleksi Anda, karya seni Anda, semua hal yang membuat ruang tersebut terasa sangat nyaman. Ruangan ini harus dapat menampung semua hal yang Anda sukai.

Desain Interior Harus Dapat Merefleksikan Kepribadian Pemiliknya

Ada sejumlah rencana arsitektur yang dapat Anda dipelajari untuk mendapatkan desain dan dekorasi ruang tamu lantai terbuka. Pastikan perencanaan Anda benar-benar dapat memenuhi unsur fungsi, estetika dan aspek psikologi ruang.

10 Warna Cat Ruang Tamu Sempit, Sulap Ruangan Jadi Terasa Luas & Istimewa

Merencanakan desain dan dekorasi ruang tamu lantai terbuka

Menciptakan atmosfer yang nayman pada ruang tamu lantai terbuka, Anda harus dapat menghubungkan dengan mulus antara beberapa area. Salah satunya adalah dengan memilih skema warna yang serupa. Misal, area antara ruang tamu dan ruang makan, pilihan warna netral dan teduh di kedua area tersebut akan memberikan semacam transisi yang terlihat sangat menyatu. Jangan lupakan zonasi ruang. Anda harus membuat zonasi ruang yang sempurna agar ruangan dengan lantai terbuka dapat berfungsi dengan baik.

Pun begitu dengan pilihan penggunaan furnitur, bisa digunakan secara cerdik untuk memecah area dengan potongan seperti lemari penyimpanan yang digunakan sebagai pembatas ruangan atau room divider.

DIY: 4 Ide Kreatif ‘Room Separator’ Unik, yang akan Menambah Kesan Estetik Rumah Anda

5 Desain & Cara Kreatif Bagaimana Memisahkan Area Kamar Tidur dengan Area Lain Pada Ruangan Open Space

Sofa modular pada ruang tamu atau yang memiliki bentuk “L” dapat diatur untuk dapat menciptakan ruang tamu formal sekaligus santai yang memberikan sebuah ruang memiliki lebih dari satu fungsi. Tambahan karpet juga bisa digunakan untuk menegaskan area negatif dan area positif sekaligus bekerja sebagai zonasi yang menentukan perbedaan setiap area atau ruangan dalam lantai terbuka.

Butuh bantuan desain dan dekorasi interior? Bekerja dan berkomunikasi langsung dengan desainer-desainer terbaik?

Tags: , , , ,

Hina Yana

By HinaYana

Head of Content.

Artikel lainnya




Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram