Desain Paviliun; Hunian Mungil yang Fungsional dan Menyenangkan

Posted by Nita Hidayati  •  4 weeks ago

Meski berukuran mungil, paviliun tetap dapat dirancang fungsional dan menyenangkan.

Interiordesign.idPaviliun adalah sebuah bangunan mungil yang biasanya berada bersebelahan dengan rumah utama. Meski letaknya berada di samping rumah inti, namun paviliun juga memiliki pintu keluar masuknya sendiri layaknya sebuah rumah. Dan, sama seperti rumah pada umumnya, paviliun juga memiliki ruang-ruang fungsional seperti kamar tidur, kamar mandi, dan dapur berukuran mungil.

Rumah berukuran mini yang bersebelahan dengan rumah utama ini banyak ditemui di zaman Kolonial Belanda. Menilik sejarahnya, paviliun sengaja dibangun pada masa Kolonial Belanda sebagai rumah para asisten rumah tangga yang bekerja di rumah utama.

Meski dikenal sebagai bangunan mungil, Anda tetap bisa mendesain dan mendekorasinya secara maksimal agar menjadi satu tempat kecil super nyaman.

Bagi Anda yang berencana menyewakannya, dekorasi yang unik tentu akan menjadi salah daya tarik bagi para calon penyewa. Sementara bagi Anda yang berencana tinggal di paviliun, mendesainnya dengan tepat bisa memberi kepuasan dan kenyamanan layaknya sebuah hunian idaman.

Baca juga: Desain Rumah Sederhana: Tips Membangun Rumah Kecil Idaman yang Nyaman dan Terjangkau

Desain Paviliun; Sirkulasi Udara

interior paviliun

~ via pinterest

Dengan ukurannya yang terbatas, Anda harus memastikan kalau area untuk berjalan serta mobilitasnya cukup nyaman untuk penghuni.

Perhatikan juga ventilasi udara untuk mencegah ruangan terasa pengap, seperti membuka jendela pada siang hari. Selain untuk memperlancar sirkulasi udara, jendela juga berfungsi sebagai media agar cahaya alami dapat masuk ke dalam rumah.

Jika memungkinkan, Anda bahkan dapat juga merancang sebuah skylight di paviliun mungil Anda.

Desain Paviliun; Pilihan Warna

Dinding berwarna putih memberi kesan bersih dan rapi. Ruangan juga akan terasa lebih luas karena lebih terang. Oleh sebab itu, pilihan tepat untuk mendekorasi ruangan mungil agar terasa luas dan lapang dengan mengecatnya menggunakan pilihan warna putih atau netral.

Furniture atau perabotan berwarna serupa juga akan mendukung ruangan terasa lebih luas.

Sebagai aksen dan sentuhan akhir, Anda dapat gunakan elemen kayu atau warna-warna tertentu untuk menjadikannya terlihat lebih indah dan cantik.

Desain Paviliun; Serba Mini & Fungsional

Small house, great place.

desain paviliun

~ via pinterest

Paviliun adalah rumah yang bisa dibilang super mini. Bangunannya hanya terdiri dari kamar tidur, kamar mandi, serta sebuah dapur dengan ukuran berkisar 20-30 meter persegi.

Nah, guna mendapatkan gagasan desain yang sesuai dengan kondisi dan ukuran ruang, perhatikanlah ukuran perabot yang akan digunakan.

Gunakanlah model furniture yang simpel, berukuran kecil, dan multifungsi.

Hindari penggunaan perabotan berukuran besar serta sekat ruangan dalam jumlah banyak, karena dapat mengganggu aktivitas. Ukuran yang tidak sesuai bisa menjadikan ruangan mungil terasa sempit dan sesak.

Butuh bantuan desain dan dekorasi interior? Konsultasikan dengan desainer-desainer terbaik kami.

Tags: , , , , , ,

Nita Hidayati

By Nita Hidayati

Content writer, menyukai gaya skandinavia

Artikel lainnya




Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram

preloader