Desain Perpustakaan Kamar, Cara Mudah Miliki Area Membaca Pribadi di Dalam Kamar

Posted by Nita Hidayati Inayah  •  Friday, October 6 2017

Desain perpustakaan kamar adalah cara mudah miliki area membaca pribadi di ruang paling pribadi.

Interiordesign.id – Membaca adalah kegiatan yang amat menyenangkan, terlebih jika ditunjang dengan tempat membaca yang nyaman. Apalagi saat dapat melakukannya di dalam kamar sendiri, tentu bakalan benar-benar membahagiakan. Menyusun rapi berbagai koleksi buku di dalam kamar, membaca sambil menikmati teh atau kopi serta ditemani lagu-lagu favorit, adalah dambaan setiap pecinta buku.

| Gaya Desain Coffee Shop Rumahan, Hadirkan Kedai Kopi Pribadi yang Nyaman di Rumah.

Memang dibutuhkan ukuran ruangan yang cukup besar dan luas untuk mendapatkan gagasan ideal serta kenyamanan maksimal untuk memiliki perpustakaan pribadi di dalam kamar. Namun prinsipnya, tak ada masalah yang tak dapat diatasi. Keterbatasan ruang yang dimiliki, tidak harus membuat Anda kehilangan mimpi dan kreatifitas.

| Dekorasi Kamar Tidur Sehat, Untuk Istirahat yang Maksimal & Nyaman

Mimpi memiliki perpustakaan mini di dalam kamar sebenarnya mudah untuk Anda wujudkan. Banyak opsi dan gagasan desain yang bisa dipikirkan, dengan mencermati kondisi ruang tidur, area yang tersisa, atau membuat rak buku fungsional. Berikut adalah beberapa cara mendapatkan gagasan desain perpustakaan kamar yang mungkin bisa Anda coba.

Desain Perpustakaan Kamar: Rak Buku yang Menempel ke Dinding

desain kamar perpustakaan

Langkah pertama yang bisa dilakukan saat merancang perpustakan mini di kamar tidur adalah dengan merancang rak buku yang menempel ke dinding. Jurus yang satu ini cocok untuk hampir semua ukuran ruang kamar tidur.

| Kesalahan Dekorasi Kamar Tidur yang Tanpa Disadari Sering Kita Lakukan

Ukurlah terlebih dahulu bagian dinding yang ingin Anda tempatkan rak buku. Sesuaikan dengan kebutuhan. Buatlah sekat pemisah antara kumpulan buku. Anda bisa menyesuaikan jumlah sekat yang Anda butuhkan berdasarkan jumlah buku atau kategorinya.

Letakkanlah sebuah sofa serta mini coffee table sebagai pelengkap kegiatan Anda membaca. Dan, voila! Lebih dari sekadar tempat berisitirahat, kini di kamar tidur Anda semakin tampak fungsional dengan tambahan perpustakaan mini.

Desain Perpustakaan Kamar: Ruang Baca Imut di Samping Kasur

desain perpustakaan kamar

Memiliki ukuran kamar tidur yang tidak terlalu besar atau bahkan kecil dan sempit? Jangan tambah sesak kamar tidur Anda dengan aneka perabotan. Hindari penggunaan furnitur berat dan berlebihan. Sebuah perpustakaan mini di area pojokan kamar sudah cukup menampilkan desain kamar tidur yang menarik.

Manfaatkan bagian dinding menjadi rak buku. Persis seperti cara sebelumnya, agar fungsional, sulaplah dinding Anda menjadi rak buku. Agar kamar mungil Anda tidak disesaki oleh buku-buku, Anda cukup menggunakan satu dinding saja di samping kasur yang difungsikan sebagai rak buku.

| Desain Kamar Tidur, Cerminan Paling Personal dari Pemiliknya, Benarkah?

Bahkan, jika Anda ingin membuat sebuah ruang dalam ruang, ide semacam ini dapat diwujudkan pada kamar berukuran kecil. Buatlah sekat khusus untuk memisahkan antara bagian tempat tidur serta sebuah tempat menyerupai kasur yang ditempatkan dekat dengan rak buku. Ruangan kecil tersebut dapat Anda gunakan sebagai ruang membaca mini, dengan tampilan yang unik dan tentunya nyaman.

Desain Perpustakaan Kamar: Sekat Fungsional

desain perpustakaan kamar

Jika kedua cara sebelumnya kurang cocok diterapkan di kamar tidur Anda, jangan khawatir. Masih banyak cara lain bagaimana kamar kecil Anda tetap dapat memiliki ruang membaca pribadi. Cara yang paling simpel dan mudah adalah dengan membuat partisi atau sekat pemisah antara tempat tidur dan ruang yang nantinya akan Anda fungsikan sebagai ruang baca atau perpustakaan mini.

| 5 Desain Kamar Tidur Kecil Ukuran 3×4 Meter, Anak Kuliahan Bisa Coba Nih Buat Kamar Kosan Keren!

Jangan biarkan partisi tersebut begitu saja berada di sana tanpa fungsi lain. Manfaatkan partisi menjadi rak buku di bagian depan dan belakangnya. Susunlah buku-buku koleksi Anda pada rak partisi tersebut. Jangan lupa letakkan karpet serta sediakan bantal-bantal dan puff di area membaca agar mendapatkan kenyaman yang maksimal.

Desain Perpustakaan Kamar: Rak Buku di Bagian Atas

desain kamar perpustakaan

Merasa tidak ada sisa ruang untuk “membangun” perpustakaan di dalam kamar? Cara yang satu ini mungkin jadi solusi terbaik yang patut Anda coba. Buatlah semacam rak di bagian atas dekat plafon. Namun, tidak perlu sampai setinggi plafon rumah Anda. Cukup sesuaikan dengan kemampuan jangkauan Anda sebagai penghuni kamar.

Susunlah buku-buku tersebut secara rapi dan memenuhi rak tersebut. Hadirkan sofa dengan beberapa bantal sofa serta coffe table akan memberikan kesan yang nyaman dan menyenangkan.

desain kamar perpustakaan

Tidak mudah memang merancang dan mendesain sendiri perpustakaan pribadi di dalam kamar. Diperlukan peletakan, ukuran serta kesesuaian dengan kondisi ruangan. Dus, sebaiknya Anda meminta jasa desain interior untuk membantu Anda mewujudkan imipian tersebut.

Happy decorating.

Butuh bantuan desain dan dekorasi interior rumah? Bekerja dan berkomunikasi langsung dengan jasa desain interior terbaik dan desainer-desainer terbaik? Silakan kunjungi laman berikut: Proses desain dan dekorasi ruangan (step by step) full online.

Image: houzz

Ada pertanyaan tentang desain interior rumah Anda? Desainer kami siap menjawabnya

Tags: , , , , ,

Nita Hidayati Inayah

By Nita Hidayati Inayah

Content writer, menyukai gaya skandinavia

Artikel lainnya

Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram

preloader