desain rak buku keren dan fungsional menyatu dengan dinding

Rak Buku Keren dan Fungsional, Desain Perpustakaan Pribadi dengan Memanfaatkan Sisa Ruang

Posted by Rhomi Miftahul  •  2 days ago

Rak buku keren dan fungsional adalah salah satu cara mengkreasi perpustakaan pribadi di rumah, meski tak ada ruang khusus untuk itu.

Interiordesign.id – Buku merupakan sumber informasi sekaligus kebahagiaan bagi beberapa orang. Tak sedikit juga orang-orang yang menganggap buku adalah salah satu harta yang sangat berharga. Sebagai pecinta buku tentunya, impian memiliki perpustakaan pribadi menjadi hal yang diidam-idamkan.

Tentu saja impian memiliki perpustakaan pribadi tidak tergantung kepada seberapa besar rumah Anda. Namun seberapa kreatif Anda dapat mengkreasikan perpustakaan pribadi dengan memanfaatkan sisa ruang atau memanfaatkan ruang-ruang yang mungkin tidak terpakai. Dengan rak buku keren dan fungsional, perpustakaan pribadi untuk memajang buku-buku kesayangan dapat segera menjadi kenyataan.

Memanfaatkan sisa ruang atau area kecil bawah tangga adalah salah satu wujud kreatifitas. Menyusun koleksi buku-buku Anda di bawah tangga dengan rak buku keren dan fungsional sangat mudah dilakukan. Rak buku, adalah furnitur yang jarang secara sengaja dimiliki setiap orang. Hanya para pecinta buku yang memiliki niat mendesain atau merancang sebuah area baca atau perpustakaan saja yang biasanya memilikinya.

Nah, bagi Anda seorang pecinta buku, desain perpustakaan pribadi dengan memanfaatkan sisa ruang secara kreatif seperti di bawah ini, dapat memberi inspirasi bagaimana seharusnya perpustakaan pribadi di rumah Anda mewujud. Ingat juga satu hal, selalu bersihkan dan kembalikan setiap buku yang selesai Anda baca agar rumah selalu tampak rapi dan terorganisir dengan baik.

Rak buku keren dan fungsional di loteng rumah

Rak buku keren dan fungsional; perpustakaan di loteng rumah

Ada ruang tak terpakai di bagian atas alias loteng rumah? Jika sebelumnya Anda menggunakan tempat ini sebagai tempat penyimpanan barang-barang atau gudang, kini saatnya menyulap gudang tersebut. Rapikan barang-barang dan simpanlah di ruang lain, namun jika ruang di rumah Anda terbatas, Anda bisa tetap meletakkannya di ruang tersebut. Kemaslah dengan rapi dan kumpulkan di satu sudut.

Saatnya beraksi! Carilah sebuah rak buku yang ukurannya disesuaikan dengan ukuran loteng tersebut. Pilihlah rak yang memiliki storage, seperti rak buku dengan kabinet pada bagian atas atau laci-laci pada bagian bawah. Dengan demikian, Anda bisa menyimpan “barang-barang gudang” Anda di dalam storage tersebut. Sehingga tak hanya perpustakaan pribadi, Anda juga memiliki ruang fungsional, area membaca dan tempat penyimpanan sekaligus dalam satu tempat.

Sebagai pelengkap kenyamanan membaca Anda, letakkan sebuah sofa atau karpet, berilah lampu cool day light sehingga kegiatan membaca pun menjadi hal yang mengasyikan. Tada… Perpustakaan pribadi pun sudah Anda miliki!

Rak buku keren dan fungsional di dekat jendela

Rak buku keren dan fungsional; perpustakaan di dekat jendela

Ada area tersisa di dekat jendela? Manfaatkanlah menjadi perpustakaan pribadi yang nyaman! Area jendela merupakan tempat favorit untuk membaca, karena sesekali sembari membaca Anda bisa menikmati pemandangan di luar jendela.

Gunakanlah area tak terpakai di area tersebut untuk menempatkan rak buku. Untuk mendapatkan suasana yang berbeda, Anda bisa mengecat ulang salah satu dindingnya dengan warna kesukaan Anda. Terakhir, letakkan beberapa kursi kayu atau pun sofa serta meja yang disenadakan dengan suasana ruang.

Bosan di rumah, namun di luar sedang hujan? Saatnya Anda menepi ke perpustakaan ini, jangan lupa ajak kopi atau teh hangat untuk menemani kegiatan membaca Anda.

Rak buku di lorong rumah

Rak buku keren dan fungsional; perpustakaan di hall way

Dalam mendekorasi Anda diharuskan kreatif dalam mendesain dan menemukan potensi besar dalam rumah Anda. Lorong di dalam rumah, atau hall way, dapat juga Anda manfaatkan menjadi tempat penyimpanan aneka koleksi buku Anda. Buatlah rak memanjang di sepanjang lorong di rumah Anda. Jika Anda kesulitan membuat rak buku ini, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan desainer interior.

Rak buku di lorong merupakan ide yang cocok Anda gunakan untuk rumah Anda yang tidak memungkinkan untuk membuat ruang perpustakaan. Dekorasi rumah pun jadi fungsional karena selain mendapatkan pajangan buku-buku yang tertata rapi Anda tidak perlu membuat ruang lain.

Rak buku bawah tangga

Rak buku keren dan fungsional; perpustakaan di bawah tangga

Desain rak buku keren dan fungsional di bawah tangga. ~ via pinterest

Rak buku keren dan fungsional; perpustakaan di bawah tangga

Buat bagian bawah tangga Anda menjadi lebih cantik dan fungsional dengan kehadiran rak buku. Ukurlah berapa area di bawah tangga tersebut, kemudian buatlah rak yang disesuaikan dengan sisa ruang tersebut.

Cukup sulit untuk menemukan ukuran yang benar-benar sesuai dengan ukuran yang Anda butuhkan. Membuat rak buku di lorong rumah, atau mengkreasi rak buku di bawah tanggga, mau gak mau Anda harus membuatnya full kustom.

Untuk hal tersebut, sebaiknya Anda bekerjasama dengan jasa desainer interior terbaik saat merancangnya. Sehingga, mereka dapat dengan mudah membantu mendekorasi ruang tersebut sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda.

Ada pertanyaan tentang desain interior rumah Anda? Desainer kami siap menjawabnya

Tags: , , , , ,

Rhomi Miftahul

By Rhomi Miftahul

Desainer interior, video editor, writer dan sekaligus seorang "barista" yang saat ini lagi fokus ngembangin kedai kopi miliknya bareng kawan-kawannya. Penyuka gaya desain minimalis-kontemporer dengan sedikit sentuhan dan aksen natural.

Artikel lainnya

Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram

preloader