desain ruang kantor minimalis

Desain Ruang Kantor Minimalis; Hal-hal yang Perlu Dipikirkan dan Dipertimbangkan

Posted by HinaYana  •  Monday, November 19 2018

Kantor adalah representasi merek atau brand perusahaan Anda, sehingga mendesainnya memerlukan ketelitian dan kehati-hatian. Desain ruang kantor minimalis, dapat mencerminkan aspek positif tentang bagaimana Anda bekerja dan apa yang Anda inginkan.

Interiordesign.id – Ada perasaan luar biasa dan tak dapat dilukiskan dengan perkataan apapun saat Anda berhasil merancang sebuah ruang idaman. Ruang yang lengkap dengan fungsi, estetika dan pengaruh positif yang diberikan.

Sama seperti saat merancang ruang atau rumah idaman, merancang dan menata ruang kantor menjadi satu pekerjaan yang tidak mudah dan penuh tantangan. Banyak sekali hal yang harus benar-benar dipikirkan, terutama penggunaan perabotan dan elemen-elemen dekoratif serta unsur desain yang harus dipertimbangkan.

Kantor adalah representasi merk atau brand perusahaan Anda, sehingga mendesainnya memerlukan ketelitian dan kehati-hatian. Selain mewakili brand, desain ruang kantor dapat mencerminkan aspek positif tentang bagaimana Anda bekerja dan apa yang Anda inginkan.

Seperti banyak hal lainnya, desain ruang kantor juga tak lepas dari masalah prestise. Penampilan ruang kantor adalah juga soal bagaimana menaikan brand image atau citra perusahaan. Memperbaiki penampilan ruang kantor sama dengan Anda memiliki niat yang sungguh-sungguh untuk dapat lebih meningkatkan peluang dan potensi bisnis yang sedang dijalankan.

desain ruang kantor minimalis

desain ruang kantor modern minimalis. ~ via pinterest

Kantor adalah tempat di mana Anda dan para karyawan menghabiskan sebagian besar waktu. Tidak ada lagi alasan yang lebih baik dari hal tersebut untuk merancang dan menjadikannya semenarik dan senyaman mungkin. Jangan pernah remehkan dan anggap sepele merancang dan mendekorasi ruangan ini. Hal tersebut berbanding lurus dengan produktivitas dan dapat memanen kreativitas karyawan seperti setiap pemilik perusahaan manapun inginkan.

Desain Ruang Kantor Kontainer; Rancangan Ruang Kantor Unik & Anti Mainstream

Saat memutuskan merancang interior kantor, masih banyak yang bertanya-tanya dari mana harus memulai. Langkah pertama seperti apa yang harus diambil. Tidak pernah ada rumus baku untuk hal ini sebenarnya. Namun langkah-langkah standar yang biasa dilakukan para perancang atau desainer, adalah memberi Anda gambaran hal-hal apa saja yang sebaiknya dilakukan terlebih dahulu.

Jangan pernah ragu untuk meminta bantuan jasa desain interior dan para professional agar memudahkan Anda memutuskan mana yang terbaik untuk kantor Anda.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipikirkan dan dipertimbangakan saat memutuskan untuk mendesain ruang kantor:

Desain Ruang Kerja Minimalis, Efisiensi untuk Tingkatkan Produktivitas Kerja

Desain Ruang Kantor Kecil, Manfaatkan Sisa Ruang yang Ada di Rumah

Perhatikan dan Pikirkan Suasana Kantor yang Ingin Anda Capai

Saat mendekorasi ruang kantor, mulailah mengevaluasi apa yang telah ada dan suasana ruangan seperti apa yang ingin dicapai. Ruang kantor biasanya memerlukan pendekatan minimalis agar terlihat profesional. Skema warna monokromatik dengan furnitur berbentuk geometris dan tata letak simetris, biasanya merupakan langkah perencanaan pertama yang paling tepat. Hindari perabotan berat dan berlebihan untuk memudahkan penggunaan dan aliran ruang. Dengan seperti itu, tingkat kenyamanan sosial di antara sesama penguna ruang juga sangat mudah untuk tercapai.

Desain Ruang Rapat Berdasarkan Psikologi Ruang

Ruang Kantor Gaya Minimalis

 desain ruang kantor minimalis

Salah satu bagian paling penting. Anda harus konsisten dengan pendekatan minimalis. Banyak orang terutama para karyawan yang tidak menyukai gagasan ruang kantor bergaya terlalu berat dan berlebihan. Mereka cenderung selalu memilih gaya interior minimalis, karena memberikan kesan simpel namun tetap elegan.

Ruang kantor gaya minimalis tidak memerlukan satu set sofa besar, juga meja kantor yang besar dan rigid. Desain minimalis akan selalu cocok untuk model bisnis apapun. Dan dengan seperti itu, citra dan merk perusahaan Anda akan menemukan bentuk sejatinya yang mewujud dalam penampilannya yang simpel, trendi dan gaya, serta fungsional.

Elemen Dekoratif

desain ruang kantor minimalis; desain co-working space

Seperti dikutip dari TG Daily, saat memutuskan dan menentukan pendekatan minimalis, selalu selaraskan dengan selera dan terutama dengan jenis dan model bisnis perusahaan Anda. Jika Anda berada di industri fashion, ikuti skema dua warna berani seperti pink dan putih. Jika Anda berada di bisnis kertas dan alat tulis, Anda bisa menggunakan nada biru dan lebih banyak warna putih lagi. Atau dengan sentuhan warna-warna pastel.

Ketika pelanggan, klien dan pekerja berjalan ke tempat kerja, mereka harus merasakan apa yang perusahaan Anda coba wakili.

Pencahayaan Ruang Kantor

desain ruang kantor minimalis

Pastikan pencahayaan dan penempatan lampu dengan model dan bentuk yang kontras dan tampak menonjol. Pencahayaan sempurna akan memberi sudut pandang yang juga sempurna. Pastikan pencahayaan terfokus pada area-area yang membutuhkan tingkat pencahayaan maksimal. Penggunaan cahaya redup, meski menjadi tren pada beberapa gagasan desain, namun dalam beberapa situasi Anda tidak memerlukannya. Anda pasti tidak menginginkan kehilangan fungsi kantor Anda tanpa pencahayaan yang cukup.

desain ruang kantor minimalis

Ngantor di rumah? Gak Masalah, Desain Ruang Kantor di Rumah Anda seperti dalam 10 Foto ini

Terakhir dan sangat penting. Ruang kantor haruslah juga dapat berfungsi seperti sebuah playgroud. Gagasan desain seperti ini mungkin akan sedikit berat dalam pemeliharaan. Namun Anda dapat mengatasinya dengan desain minimalis yang minim perawatan berat. Kalaupun ada, pemeliharaan furnitur, warna cat, pencahayaan, dan segenap elemen dekoratif lainnya, dijamin akan selalu hadir dengan tingkat perawatan yang minor.

Butuh bantuan desain dan dekorasi interior? Bekerja dan berkomunikasi langsung dengan desainer-desainer terbaik?

Tags: , , , , , , ,

Hina Yana

By HinaYana

Head of Content.

Artikel lainnya




Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram