Desain Ruang Tamu Gaya Eclectic; Ruang Tamu yang Unik & Impresif

Posted by Nita Hidayati  •  Friday, January 19 2018

 

Desain ruang tamu gaya eclectic dapat digunakan untuk merancang sebuah ruang tamu dengan tampilan yang tidak saja unik, namun juga impresif.

Interiordesign.id – Ruang tamu adalah tempat yang kerap dijadikan sebagai area yang mewakili penampilan rumah secara keseluruhan. Dan tidak hanya itu, ruang tamu juga dapat menggambarkan karakter dan kepribadian pemilik hunian. Sebagai ruang publik satu-satunya di dalam rumah, diperlukan rancangan dan gagasan desain yang unik serta menarik untuk membuat ruang tamu terasa sangat inviting juga welcoming.

| Desain Apartemen Modern Eclectic; Merancang Kesatuan Gaya Yang Unik Antar Ruang Apartemen

Jika Anda menyukai beberapa gaya dan bingung menentukan mana gaya terbaik yang akan dipilih dan digunakan, eclectic dapat menjadi solusinya.

Electic adalah gaya yang dikenal dengan menggabungkan beberapa gaya desain menjadi satu. Anda dapat secara leluasa memilih apa saja gaya desain interior yang disukai dan mengombinasikannya menjadi satu. Dengan mengekspresikan gaya kesukaan dengan menggabungkannya, seperti gaya klasik, modern atau tradisional, Anda akan mendapatkan gaya interior yang benar-benar mewakili kepribadian.

Dalam gaya eclectic, elemen-elemen arsitektur dan desain interior dapat mencakup banyak hal. Seperti struktur bangunan, furnitur, motif, dekorasi, ornamen, hingga motif tradisional atau bahkan gaya dari negara lain.

Desain Ruang Tamu Gaya Eclectic; Pilihan warna

desain ruang tamu gaya eclectic

via pinterest

Saat merancang gaya eclectic dalam suatu ruangan, Anda harus memilih salah satu warna sebagai warna pemersatu. Warna pemersatu adalah warna yang akan memberikan keselarasan pada tampilan keseluruhan ruang tamu gaya eclectic. Misalnya, jika Anda ingin menampilkan suasana yang intim dan hangat, Anda dapat mencoba pilihan warna teal blue.

Desain Ruang Tamu Tanpa Kursi; Cara Menata Ruang Tamu Agar Tampak Makin Unik dan Nyaman

Teal Blue adalah warna yang dapat melahirkan keunikan. Selain itu, teal blue juga dapat dipadu padankan dengan gaya American classic pada wall panel dan  juga wardrobe. Sebagai penetral warna ini, coba hadirkan warna putih pada dinding dan plafon.

Penggunaan warna berbeda seperti kuning dan motif sulur pada bantal hias juga dapat dijadikan sebagai aksen. Anda harus berani saat bermain dengan motif klasik, garis hingga dot, tentunya dengan menggunakan warna senada.

Desain Ruang Tamu Gaya Eclectic; Focal point

desain ruang tamu gaya eclectic

via staatsandco.com

Focal point adalah area tertentu di ruang tamu yang pertama kali menarik perhatian mata, seperti lukisan, foto atau ornamen. Focal point ditentukan oleh beberapa faktor, di antaranya oleh ukuran, keterangan, warna dan komponennya. Misalnya lukisan, komponen yang terdapat pada lukisan dapat diatur sedemikian rupa sehingga mengarahkan mata untuk menuju titik tertentu.

| Gaya Desain Rumah ala Raisa Hamish, Mengawinkan Dua Gaya Desain Interior Yang Fresh & Homey

Saat mengatur peletakan pada ruangan, Anda harus memikirkan focal point yang menampilkan sesuatu yang eye cathching atau menarik dipandang. Seperti yang telah dibahas sebelumnya, Anda dapat bermain pada berbagai faktor seperti aksen pada dinding serta item dekoratif lainnya.

Desain Ruang Tamu Gaya Eclectic; Furnitur

desain ruang tamu gaya eclectic

via kirafes.com

Banyak hal yang harus diperhatikan dalam memilih furnitur yang tepat untuk ruang tamu gaya eclectic. Selain harus memerhatikan kenyamanan, kemudahan dari furnitur dan desain interior juga merupakan kriteria utama gaya eclectic.

Tidak hanya nampak cantik dipandang, setiap item dalam ruangan harus memiliki fungsi dan kepraktisan. Oleh sebab itu, gaya interior electic banyak menggunakan furnitur antik dan modern sekaligus dan dapat saling melengkapi. Anda dapat meletakkan lemari antik berdampingan dengan lemari built-in modern, meja kaca minimalis atau kursi klasik dengan jok bordir berwarna emas.

| Pilihan Gaya Desain Interior Yang Cocok Berdasarkan Usia

Untuk material, gunakan elemen kayu sebagai penetral antara detail klasik dan gaya industrial yang banyak bermain dengan material besi. Furnitur dengan material kayu merupakan salah satu hal yang dapat Anda terapkan sebagai dekorasi ruang tamu gaya eclectic.

Sofa berbahan satin, beludru dan corduroy, serta furnitur antik dan modern dapat dikombinasikan dan menghasilkan tampilan yang unik serta khas.

Interior Pendukung Desain Ruang Tamu Gaya Eclectic

#1 Pola

Karakteristik pola dari gaya eclectic adalah pola geometris yang nampak pada furnitur dan wallpaper. Anda dapat menampilkan pola zigzag, vertikal, garis horizontal atau lingkaran.

desain ruang tamu gaya eclectic

Desain ruang tamu eclectic Ibu Marcellina

| Mengenal Gaya Desain Interior “Postmodern”, Gaya Dekorasi Interior Yang Menentang Segala Aturan

#2 Lantai

Parket, laminate, kayu solid atau ubin dapat menjadi material pilihan untuk lantai. Sebagai pelengkap, Anda dapat menghiasi lantai dengan karpet berpola tertentu.

desain ruang tamu gaya eclectic

from pinterest

#3 Pencahayaan

Untuk pencahayaan, gunakanlah lampu kristal, chandelier hingga lampu bergaya urban kontemporer. Sesuaikan bentuk lampu yang dipilih dengan kondisi ruang tamu gaya eclectic yang ingin Anda tampilkan.

Happy decorating.

Ingin mendesain dan mendekorasi ruang tamu dengan gaya eclectic yang unik dan impresif? Bekerja dan berkomunikasi langsung dengan jasa desain interior terbaik dan desainer-desainer terbaik? Silakan kunjungi laman berikut: Proses desain dan dekorasi ruangan (step by step) full online.

Tags: , , , , ,

Nita Hidayati

By Nita Hidayati

Content writer, menyukai gaya skandinavia

Artikel lainnya

 

 

Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram

preloader