Mengenal Elemen Dasar dan Ciri Khusus Desain Rumah Gaya Industrial-Modern

Posted by HinaYana  •  Friday, May 17 2019

Desain rumah gaya industrial adalah soal ekspos dan memamerkan komponen serta elemen struktural sebuah bangunan.

Interiordesign.id – Semua hal membutuhkan keberanian. Pun begitu dengan penggunaan gaya desain industrial untuk interior rumah. Penerapan konsep interior ini di dalam rumah, tentu membutuhkan keberanian.

Gaya industrial kerap dianggap sebagai gaya unik yang identik dengan gaya interior yang banyak diterapkan pada cafe atau beberapa bangunan komersial, seperti ruang-ruang perkantoran. Sementara untuk bangunan residensial, ia sangat jarang dipakai.

Industrial adalah soal ekspos. Elemen-elemen struktural dari sebuah bangunan yang dipamerkan. Memperlihatkan tampilan yang seolah setengah jadi, belum selesai, namun tampak sangat kohesif dan edgy.

Namun saat ini, rumah dengan konsep interior industrial mulai umum digunakan. Rumah-rumah dengan gaya industrial yang memperlihatkan ketegasan dan identik dengan penggunaan material dan elemen berbahan dasar metal, berwarna emas dan tembaga, dinding bata ekspos, lantai semen atau beton, atau bahkan terakota, yang menampilkan dengan jelas kesan unfinished, sudah mulai banyak diadaptasi dan direkomendasikan untuk bangunan-bangunan residensial.

Baca juga:

Desain Interior Industrial, Menampilkan Kesan Simpel, Easy Going dan Maskulin

Gaya interior industrial sendiri lahir dari kebutuhan untuk mengonversi sebuah bangunan tua seperti pabrik atau sebuah lumbung tua menjadi hunian atau tempat tinggal yang sangat kondusif dan nyaman. Mendesain bangunan lama seperti itu memperlihatkan kecerdikan teknik dan mekanik yang memadai.

Desain industrial memberi Anda kesempatan untuk menyandingkan dan memadukan material struktural yang mentah dengan yang halus, terlihat sangat ramping serta modern dengan aksen vintage yang juga terasa kuat.

Dekorasi interior industrial modern juga membawa konsep ruang terbuka ke level selanjutnya. Perabotan dan aksesorinya mendefinisikan sebagian besar ruang akan tujuan dan fungsi.

Konsep interior ini juga memiliki kecenderungan minimalis. Ruangan dengan nuansa dramatis dan tampilan kontras lapisan logam, meja, plus tambahan perabotan rustik atau vintage.

Jika terdapat sebuah ciri yang sangat khas dalam gaya desain industrial, adalah soal atap atau langit-langit.

Interior bergaya industrial secara visual tampak tegas terlihat dari langit-langitnya. Langit-langit terbuka yang memperlihatkan elemen struktural menjadi satu fitur yang sangat menonjol, dan menunjukan gagasan sebuah ruang yang terlihat sangat atraktif. Ini amerupakan keumuman dalam gaya desain interior ini.

Saluran pipa pada langit-langit memperlihatkan dimensi visual yang khas serta unik yang tidak terlihat dalam konsep interior lainnya.

Mempertimbangkan renovasi rumah agar memiliki tampilan bergaya insdustrial Anda mesti melakukan evaluasi terlebih dahulu; pertama adalah dengan mengenali secara pasti tampilan dan gaya interior seperti apa yang ditampilkan sebelumnya. Lalu, setelah itu, Anda harus benar-benar memahami dan mengenali elemen-elemen dasar apa saja dari desain industrial yang umum digunakan.

Berikut adalah beberapa elemen dasar dan ciri khusus desain interior industrial modern yang harus Anda kenali:

Bacaan lainnya:

4 Inspirasi Rumah Industrial, Desain Interior ala Industri yang Artistik

Pipa, Balok dan Langit-langit Terbuka

Ini benar-benar merupakan ciri khas desain interior industrial.

Meninggalkan elemen struktural dan mekanik yang terbuka; yang dalam gaya interior lain selalu disembunyikan, menjadi satu langkah paling berani. Soal ekspos elemen struktural ini telah lama menjadi satu hal yang sangat unik dan digemari dalam hal penataan interior, terutama dalam interior rumah-rumah modern.

Desain rumah gaya industrial

~ via pinterest

Perpaduan kayu dan Logam/Metal

Interaksi tekstur kayu dengan permukaan kasar dan metal atau logam berkilau, sedikit berwarna hitam, warna emas, atau tembaga merupakan ciri lain desain industrial. Perpaduan logam dan kayu ini akan memberi dampak yang tidak terduga pada setiap ruang di dalam rumah.

Aksen krom pada kaki meja, plus kayu rustic khas, adalah visualisasi perabotan industrial yang harus Anda miliki jika menginginkan suasana unik dan atraktif ala industrial.

Pilihan Warna

Untuk mendapatkan suasana industrial, pilihan warna hitam gelap bekerja dengan sangat baik. Atau juga warna abu dan warna-warna netral yang tegas juga sangat membantu menghadirkan kehangatan dan kekhasan gaya industrial.

Warna abu biasanya menjadi pilihan favorit menuju tampilan ruang bergaya industrial.

Desain rumah gaya industrial

Vintage industrial. ~ via pinterest

Dinding

Dinding bata ekspos adalah fitur menakjubkan yang dimiliki oleh gaya industrial. Kekhasan yang melekat menampakan visualisasi yang sangat atraktif.

Dinding bata ekspos ini bahkan banyak diadaptasi ke dalam gaya interior lainnya.

Desain rumah gaya industrial

dinding bata ekspos. ~ via ranica

Lantai

Untuk tetap memperhatikan nuansa industri, rumah gaya industrial banyak memilih dan menggunakan lantai beton yang dipoles. Ini adalah pilihan praktis sekaligus ekonomis, yang cocok sekali dengan tema.

Kasar, ketidaksempurnaan, dan tambalan bisa membuat sedikit perbedaan. Dan efeknya sangatlah menakjubkan.

Desain rumah gaya industrial

~ via pinterest

Sementara bagi Anda yang ingin menambahkan beberapa kontras dan kehangatan ke dalam interior bergaya industri, pilihan material kayu atau batu adalah hal yang cermat. Kedua pilihan materila lantai ini juga mampu bekerja dengan sangat baik dalam interior unik ini.

Bacaan terkait:

Gaya Desain Industrial Kontemporer, untuk Anda Generasi Millenial yang Macho & Maskulin

Pencahayaan

Ini adalah aspek yang menantang, namun ada banyak sekali pilihan pencahayaan yang tersedia saat ini.

Instalasi lampu atau pencahayaan digunakan secara bebas di seluruh ruangan bergaya industri. Lampu track menjadi pilihan terbaik untuk penerangan sekitar.

Desain rumah gaya industrial

~ pinterest

Dekorasi

Semua elemen struktural yang terekspos tidak akan berarti banyak jika tidak diimbangi dengan sentuhan lembut beberapa dekorasi dan penggunaan perabotan khas gaya industrial. Sofa mewah, bantal, atau bahkan karpet, dapat memberikan keseimbangan visual yang kontras dan menarik.

Atau tanaman. Ia juga dapat membawa kehangatan dan kesegaran ke dalam rumah gaya industrial kontemporer.

Desain rumah gaya industrial

vintage dekorasi. ~ via froy blog

Desain rumah gaya industrial

~ via pinterest

Butuh bantuan desain dan dekorasi interior? Bekerja dan berkomunikasi langsung dengan desainer-desainer terbaik?

Tags: , , , , , , ,

Hina Yana

By HinaYana

Head of Content.

Artikel lainnya




Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram