Desain Ruang Tamu Vintage; Hadirkan Kenangan Lama pada Hunian Baru

Posted by Nita Hidayati Inayah  •  Wednesday, October 25 2017

Desain ruang tamu vintage, sungguh terasa sangat ekspresif, ruangan semakin tampak memiliki nuansa dan suasana yang menampilkan semua kenangan lama.

Interiordesign.id – Para penggemar gaya jadul alias vintage, tidak hanya dapat mengekspresikan diri dengan gaya berbusana, namun juga dapat menghadirkannya pada desain interior rumah. Salah satunya dengan menghadirkan desain ruang tamu bergaya vintage yang unik dan ekspresif.

| Desain Rumah Vintage, Berkelana Waktu Mengunjungi Kenangan Masa Lampau

Ruang tamu adalah ruang publik di rumah Anda. Tempat di mana Anda dapat menampilkan dan menunjukan keunikan kepribadiaan Anda kepada tamu yang berkunjung. Penggunaan dan pemilihan furnitur, warna serta penempatan perabotan menjadi satu kesatuan yang akan memberi kesan tersendiri bagi mereka.

Gaya desain vintage pada ruang tamu akan memberikan kesan klasik, teduh, hangat dan nyaman.

Gaya Vintage kerap diidentikan dengan segala sesuatu yang terlihat tua, lusuh dan klasik. Namun anggapan tersebut tidaklah sepenuhnya tepat. Sebab sebenarnya vintage tidak melulu perihal dekorasi tua. Saat ini, telah banyak dijual berbagai perabotan dan aneka ornamen baru yang sengaja dibuat bergaya vintage. Sehingga dapat dengan mudah Anda temukan di toko-toko dekat rumah Anda.

| Desain Interior Ruang Tamu Industrial yang Atraktif & Artistik

Bagi Anda penggemar berat gaya jadul, tak ada salahnya menampilkan gaya vintage sebagai sajian di ruang tamu. Dengan furnitur dan ornamen interior mid century yang ditata sedemikian rupa, suasana ruang tamu akan terlihat memiliki tampilan yang khas dan unik.

PIlihan Warna Cerah

Gaya desain vintage kerap menampilkan warna-warna cerah yang mencolok. Meski begitu, Anda tetap harus memerhatikan penggunaan warna-warna cerah tersebut. Pilihlah warna-warna cerah yang sedikit memudar, agar memiliki karater dan ciri vintage yang benar-benar khas.

desain ruang tamu vintage

from pinterest

| 10 Warna Cat Ruang Tamu Sempit, Sulap Ruangan Jadi Terasa Luas & Istimewa

Perhatikan juga kesesuaian warna satu sama lain di dalam ruangan. Buatlah kesatuan warna yang akan menampilkan kesan senada. Hindari penggunaan lebih dari tiga warna cerah, hal ini dilakukan agar ruangan tidak ramai dan memusingkan penglihatan Anda.

Sebenarnya Anda juga dapat berkreasi dengan warna dasar selain warna-warna cerah yang mencolok. Penggunaan warna putih sangat disarankan untuk memberi kesan luas dan terang.

Furnitur

Desain furnitur vintage mengaplikasikan gaya di tahun 1960an yang antik, yang secara umum menggunakan furnitur berbahan kayu atau logam. Gaya desain ini tidak menggunakan bahan dari plastik atau bahan-bahan buatan pabrik.

desain ruang tamu vintage

via dekor rumah

| Mendekorasi Interior Ruang Tamu Rumah Tipe 21 Agar Terlihat Atraktif & Dinamis

Furnitur dan perabotan yang catnya sedikit mengelupas akan memperkuat kesan vintage yang kuat pada ruangan. Saat ini Anda dapat dengan mudah menemukan model semacam itu di toko-toko perabotan online.

desain ruang tamu vintage

via pinterest

Atau Anda juga dapat menggunakan peralatan jadul yang mungkin sudah tidak terpakai. Lakukan sedikit modifikasi dan perbaikan pada bagian yang rusak kemudian cat kembali. Atau bahkan Anda tidak perlu mengecatnya kembali jika memang menginginkan tampilan “tua” pada ruang tamu Anda.

Aksesori

Sebagai sentuhan akhir yang manis, Anda bisa meletakkan karpet yang warnanya dapat Anda sesuaikan dengan suasana ruang. Untuk dinding, Anda dapat menghiasinya dengan foto atau poster berbingkai kayu.

Menambahkan bunga atau tanaman hias juga menjadi satu cara lain mempercantik ruang tamu vintage Anda. Letakan setangkai bunga pada botol berwarna hijau yang antik, kesan vintage terasa sangat tegas pada ruangan.

desain ruang tamu vintage

via houzz

Jika Anda memilih tanaman sebagai penghias ruangan, gunakanlah pot yang memberi kesan jadul. Kaleng bekas minyak atau tempat kue yang difungsikan sebagai pot tanaman dapat menjadi unsur dekorasi yang unik bagi tampilan ruang tamu Anda.

desain ruang tamu vintage

via dekorrumah.net

desain ruang tamu vintage

via google

Desain ruang tamu vintage, sungguh terasa sangat ekspresif. Ruangan semakin tampak memiliki nuansa dan suasana yang menampilkan semua kenangan lama.

Butuh bantuan desain dan dekorasi interior? Bekerja dan berkomunikasi langsung dengan desainer-desainer terbaik?

Tags: , , , , ,

Nita Hidayati Inayah

By Nita Hidayati Inayah

Content writer, menyukai gaya skandinavia

Artikel lainnya




Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram