Jika Rumah Bisa Membuat Resolusi 2019, Mungkin Ini yang Diinginkannya!

Posted by Nita Nurul  •  Monday, December 31 2018

Interiordesign.id – Sebentar lagi, kita masuk ke tahun 2019. Sekarang adalah waktu yang tepat untuk memikirkan target atau resolusi baru yang ingin Anda capai selama setahun ke depan. Mungkin Anda ingin bisa lebih merawat diri dengan berolahraga atau makan lebih sehat. Atau, Anda ingin memiliki karir baru dan melancong ke luar negeri. Nah, jika rumah memiliki kemampuan untuk membuat resolusi tahunan, kira-kira apa saja ya yang ingin ia capai di tahun 2019?

Diet energi

desain rumah; Lampu hemat energi

Sylwia Pietruszka – Unsplash

Terkadang kita tidak menyadari bahwa penggunaan energi sehari-hari di rumah bisa dibilang berlebihan. Seperti halnya tubuh, rumah juga butuh “diet” energi agar selalu sehat dan dapat berfungsi dengan baik. Salah satu cara untuk melakukannya adalah mengurangi penggunaan energi sehari-hari. Contohnya, nyalakan lampu ketika dibutuhkan saja dan gunakan benda-benda elektronik yang lebih hemat listrik.

Selain itu, Anda bisa mengganti beberapa kebutuhan elektronik rumah, seperti lampu bohlam, ke produk yang lebih ramah energi. Di zaman sekarang ini, sudah tidak sulit untuk mencari produk-produk yang efisien dalam hal konsumsi energi. Contoh umumnya adalah lampu LED. Selain hemat listrik, lampu jenis ini juga lebih tahan lama. Jadi, meskipun harganya lebih mahal, kualitasnya memang sebanding.

10 Desain Lampu dan Pencahayaan yang Artistik untuk Ruang Dapur

Makeover rumah dengan warna cat baru

warna cat interior rumah

Pinterest

Seperti Anda yang ingin tampil lebih baik di tahun baru ini, berikan rumah Anda tampilan yang segar dengan warna cat baru. Anda bisa mulai mengeksplorasi pilihan-pilihan warna yang sebelumnya belum pernah Anda pakai. Dengan menambahkan warna cat baru pada dinding, rumah Anda akan terlihat berbeda dalam sekejap, serta tampil lebih menarik dan personal.

Anda bisa memilih warna apa saja yang Anda inginkan. Yang penting, Anda merasa bahagia dan nyaman ketika berada di rumah. Tetapi, jika Anda ingin menyerasikan warna ruangan di dalam rumah dan Anda bingung untuk menentukan warna yang tepat, Anda bisa meminta bantuan seorang desainer. Warna cat baru untuk kamar tidur, kamar mandi, dapur, ruang keluarga, atau ruang belajar adalah cara yang baik untuk meningkatkan kualitas rumah dan membuat Anda lebih produktif.

Alternatif Pilihan Warna Terbaik untuk Rumah Minimalis

Menabung untuk renovasi rumah

interior rumah

Dan Gold – Unsplash

Apakah tahun 2018 Anda terlalu banyak belanja hingga lupa menabung? Tahun 2019 adalah waktu yang tepat untuk mulai memikirkan anggaran biaya untuk rumah Anda. Membuat anggaran tahunan untuk memperbaiki dan merenovasi ruangan sangatlah penting karena anggaran ini akan membantu Anda membatasi jumlah uang yang akan Anda keluarkan.

Selain itu, Anda juga bisa menyisihkan uang setiap bulannya untuk keperluan ini, jadi Anda tidak terlalu boros. Menurut data yang dikeluarkan di Amerika Serikat, rata-rata biaya yang harus dikeluarkan setiap tahunnya untuk perawatan rumah adalah sekitar 1%-3% dari harga rumah. Jadi, jika harga rumah Anda Rp500.000.000, rata-rata biaya perawatan setiap tahunnya adalah sekitar 5 hingga 15 juta.

Anggaran ini harus disesuaikan juga untuk jenis perawatan yang ingin Anda lakukan untuk rumah Anda di tahun ini. Anda mungkin membutuhkan uang lebih banyak dari kisaran di atas jika Anda ingin melakukan renovasi besar-besaran. Pertimbangkan juga biaya untuk menyewa seorang desainer interior agar Anda bisa mewujudkan rumah idaman Anda.

Renovasi Rumah: Mengapa Menjadi Sesuatu yang Sangat Penting?

Itulah tadi tiga hal yang mungkin diharapkan rumah Anda di tahun 2019. Jadi, selain membuat resolusi untuk diri sendiri, ada baiknya Anda mulai memikirkan resolusi 2019 untuk rumah Anda karena bagaimana pun juga, rumah adalah tempat tujuan Anda serta tempat berkumpul bersama keluarga. Jadikan rumah sebagai tempat tinggal yang nyaman sepanjang tahun.

Butuh bantuan desain dan dekorasi interior? Bekerja dan berkomunikasi langsung dengan desainer-desainer terbaik?

Tags: , , , , , , ,

Nita Ramadhita

By Nita Nurul

Graduated from Universitas Pendidikan Indonesia majoring English Literature, Nita aspires to be a language enthusiast who has a passion for collecting good books and being a wordsmith.

Artikel lainnya




Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram