renovasi rumah

Renovasi Rumah; Mengapa Menjadi Sesuatu yang Sangat Penting?

Posted by HinaYana  •  Friday, September 14 2018

Renovasi rumah adalah proyek yang menyenangkan. Mendesain rumah, mendandani dan mengubahnya akan selalu menjadi kisah menarik yang bisa diceritakan berulang-ulang.

Interiordesign.id – Merenovasi rumah agar memiliki penampilan yang sesuai dengan yang diinginkan, menjadi bagian integral dari desain interior, arsitektur, dan juga perkerjaan sipil. Desain interior itu sendiri merupakan usaha kreatif yang sangat serius untuk menjadikan setiap ruangan bisa memiliki karakter dan suasana yang memberi kenyamanan.

Saat berencana untuk memiliki sebuah rumah atau tempat tinggal, hal pertama yang kita pikirkan pasti adalah lokasi. Setelah itu baru model atau tipe, atau desain rumah seperti apa yang tepat dan sesuai selera. Dan untuk mencapai itu semua, mempekerjakan desainer interior atau arsitek tentu menjadi keharusan. Berbagai pertimbangan untuk memperkerjakan mereka akan berujung pada gagasan-gagasan positif yang tumbuh dan berkembang.

renovasi rumah

Setiap langkah dalam desain interior, dalam renovasi rumah khususnya, merupakan proses yang sangat penting. Setiap pemilik rumah harus memulainya dengan benar-benar mencoba untuk mengidentifikasi jenis elemen apa yang akan membuat rumah dapat benar-benar memiliki “arti”. Dalam hal ini, yang harus selalu diingat adalah; bukan sekadar tempat tinggal, rumah adalah ibarat sebuah sanctuary, sebuah tempat berlindung dan tempat ralaksasi untuk mengembalikan kekuatan setelah seharian energi terkuras saat beraktivitas.

Rumah, bagi setiap pemiliknya, juga adalah ruang yang benar-benar dapat menggambarkan siapa diri mereka dan bagaimana mereka hidup. Rumah bisa menjadi refleksi dari karakter dan kepribadian setiap pemiliknya.

Mengapa renovasi rumah sangat penting?

Tergantung pada sejauh mana renovasi itu sendiri, minor atau major. Renovasi bisa lebih terjangkau daripada menghancurkan dan membangun ulang, juga bisa menghemat biaya dengan hasil mendapatkan suasana rumah yang lebih baik.

Renovasi juga sangat penting untuk menambah nilai. Seringkali lebih baik untuk merenovasi rumah yang ada daripada menghancurkan dan membangun yang baru, kita hampir pasti akan mendapatkan pengembalian investasi yang lebih tinggi melalui renovasi, terutama di kondisi harga properti saat ini yang melambung tinggi.

renovasi rumah

Dilansir dari quora, Maree Louise, Proyek Manager di Little Home Renos di Sydney, Australia, menjelaskan beberapa alasan penting renovasi rumah;

  1. Peningkatan Kenyamanan; Renovasi meningkatkan kenyamanan dan kepuasan rumah Anda dengan beberapa perbaikan kecil.
  2. Keamanan yang Meningkat; Jika rumah Anda telah lama menghadapi masalah keamanan, renovasi rumah akan membantu meningkatkan ini dan membuat Anda aman, tempat yang sehat untuk tinggal.
  3. Peningkatan Nilai; Renovasi rumah dapat membantu meningkatkan nilai rumah Anda dengan persentase yang cukup besar. Dan ini terutama berlaku ketika Anda memutuskan untuk menjual rumah Anda dalam waktu dekat.
  4. Peningkatan Efisiensi; Efisiensi rumah Anda dapat ditingkatkan sedikit ketika Anda mendapatkan rumah Anda direnovasi. Misalnya, jika Anda ingin rumah Anda tetap hangat selama musim dingin, atau tetap dingin di musim panas, semua fungsi ini dapat diperoleh dengan merenovasi rumah Anda.
  5. Tingkatkan Fungsi; Sebagai contoh, jika Anda ingin menambah kamar mandi tambahan, atau meningkatkan kamar mandi Anda dengan fungsi yang lebih baru, masing-masing hal ini dimungkinkan ketika Anda memilih untuk merenovasi rumah Anda. Demikian pula, renovasi rumah dapat meningkatkan fungsionalitas dapur Anda dan juga bagian lain.

“Jadi, renovasi rumah adalah aspek penting, setidaknya ketika Anda ingin mempertimbangkan soal kebaruan dan faktor keamanan.” kata Maree, seperti dilansir Quora.

Langkah dalam renovasi rumah

Renovasi rumah bukanlah pekerjaan yang mudah. Seiring waktu, di mana efisiensi rumah semakin berkurang, atau mungkin memerlukan beberapa perubahan yang lebih baru dan lebih cerah, renovasi adalah solusi terbaik. Namun, renovasi sangat tidak mudah dilakukan.

Memilih setiap unsur dan elemen desain untuk setiap area atau ruang harus dibuat khusus agar dapat membantu mencapai tujuan saat memutuskan merenovasi. Langkah tersebut menjadi proses berjalan dan materialisasi dari ide dan gagasan desain yang tepat. Sehingga, langkah pertama saat renovasi adalah mengkurasi rumah sedetail mungkin.

renovasi rumah

~ via home edit

Dekorasi interior adalah campuran dari netralitas tekstur yang seimbang, dengan warna-warna dan setiap unsur dekoratif yang menarik. Dengan banyak arahan desain dan membiarkan hal-hal tumbuh dengan inspirasi, imajinasi, dan daya kreatif.

| Gak Perlu Minder, Rumah Tipe 36 Bisa Tampak Mewah dengan Desain Interior Seperti Ini

Renovasi rumah adalah proyek yang menyenangkan. Mendesain rumah, mendandani dan mengubahnya akan selalu menjadi kisah menarik yang bisa diceritakan berulang-ulang. Rumah akan selalu berisi kisah tentang orang-orang dan bagaimana mereka hidup di dalamnya.

Happy decorating.

Butuh bantuan desain dan dekorasi interior ruang tamu? Bekerja dan berkomunikasi langsung dengan desainer-desainer terbaik? Silakan kunjungi laman berikut: Proses desain dan dekorasi ruangan (step by step) full online.

Tags: , , , , ,

Hina Yana

By HinaYana

Konten Editor. Menyukai sains, terutama sains politik dan sains interior.

Artikel lainnya

Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram

preloader