Desain Rumah Natural, Tinggal di Perkotaan Serasa di Pedesaan

Posted by Nita Hidayati Inayah  •  Tuesday, August 29 2017

Desain rumah natural mungkin berbeda dengan desain rustic yang khas menampilkan suasana dan nuansa pedesaan. Namun, desain natural sedikit banyak mampu memberikan kesan hangat dan alami khas suasana alam pedesaan yang nyaman dan sejuk.

Interiordesign.id – Membawa suasana alam ke dalam rumah merupakan hal yang selalu diupayakan orang-orang sejak lama. Suasana alam diyakini memiliki daya tarik tersendiri. Selain itu, suasana natural diklaim mampu memberikan rasa tenang, damai dan kesejukan di dalam ruang.

Dunia desain interior mengenal istilah transterior, echo desain, dan juga rustic yang membawa elemen alam ke dalam ruangan. Dan kali ini, kita akan membahas soal desain natural yang juga sedikit banyak memberikan suasana dan nuansa sejuk dan nyaman ala pedesaaan.

Desain rumah natural adalah desain yang memadukan material dengan kesan alami yang kuat seperti kayu, rotan, bambu atau batu alam. Penataan interior bernuansa natural juga kerap kali dihadirkan dalam sesuatu yang berwarna hijau, seperti hadirnya tanaman.

Meski tempat Anda tinggal berada di perkotaan, Anda bisa menghadirkan suasana alam pedesaan ke dalam rumah. Dengan penataan yang tepat dan menghadirkan unsur alam sebagai elemen dekoratif, rumah menjadi sejuk untuk ditinggali.

5 Cara Bagaimana Membuat Interior Rumah Menjadi Lebih Nyaman dan Menyenangkan

Dekorasi Ruang Rustic, Hadirkan Suasana Hangat dengan Penampilan Unik di Rumah Anda

Desain Rumah Natural dengan Dinding Bata & Batu Alam

desain rumah natural

via gravityhomeblog.com

desain rumah natural

via pinterest

Pilihlah elemen alami yang menggabungkan gaya Anda dengan interior. Gunakan batu bata atau batu alam di salah satu dinding di rumah Anda. Dinding bata atau batu alam akan menjadi daya tarik tersendiri dan memberikan kesan pedesaan pada interior. Untuk mempertegas suasananya, gunakan dinding bata berwarna asli.

Desain Rumah Natural Penggunaan Furnitur & Lantai Kayu

desain rumah natural

via pexels

Penggunaan kayu pada interior dan furnitur adalah jurus ampuh untuk memberikan tampilan ala pedesaan di rumah. Biarkan kayu yang masih bertekstur unsur alami untuk hadirkan desain natural di rumah. Selain berfungsi sebagai furnitur, peletakkannya juga akan mempercantik ruangan natural persis nuansa pedesaan yang Anda idamkan.

Desain Interior dengan Aksen Kayu Reklamasi, Suasana Ruang yang Harmonis & Atraktif

3 Cara Terbaik Merawat Furnitur Agar Awet & Tahan Lama

Selain furnitur kayu, Anda juga bisa menggunakan kayu sebagai material lantai. Lantai kayu akan sangat mewakili desain natural daripada penggunaan kemarik untuk lantai. Lantai kayu memang cenderung lebih mahal, namun sesuai dengan kocek yang harus Anda keluarkan. Anda pun akan puas dengan hasilnya. Jangan lupa untuk mengukur luas lantai di rumah untuk memperkirakan berapa jumlah bahan kayu yang akan digunakan. Hal ini untuk mengatasi pembelian berlebih dan menjaga anggaran Anda tidak keluar budget.

Desain Rumah Natural dengan Warna Dinding

desain rumah natural

via great house design

Rumah berdesain natural sebaiknya menggunakan warna-warna yang cerah  dan terang sehingga tidak mencolok dan memberikan kesan sederhana. Gunakan warna cat putih, krem dan coklat pada dinding rumah Anda. Warna-warna tersebut merupakan warna dasar untuk mendapatkan suasana alami dalam interior rumah Anda.

10 Warna Cat Ruang Tamu Sempit, Sulap Ruangan Jadi Terasa Luas & Istimewa

Tren Cat Warna Hijau, Tren Warna Ruangan Terbaru yang Paling Digemari

Desain Rumah Natural dengan Ruang Terbuka

desain rumah natural

via pexels.com

Untuk menciptakan kesan menyatu ke alam, Anda dapat mengkoneksikan rumah dengan alam di sekitarnya menggunakan ruangan terbuka. Ruangan terbuka tersebut bisa berupa teras rumah atau balkon rumah. Gunakan bahan kaca sebagai dinding sehingga Anda mendapatkan tampilan taman dan kebun dari dalam rumah.

Desain Rumah Natural dengan Tanaman

desain rumah natural

via bloglovin

Hadirkan suasana alam dengan sentuhan tanaman di dalam rumah. Tanaman akan menghadirkan kesan natural yang segar pada bagian dalam rumah Anda. Tempatkan beberapa tanaman hidup di ruang tamu dan ruang keluarga. Selain sebagai salah satu elemen dekorasi, tanaman juga akan memberikan sirkulasi udara yang baik bagi ruangan di rumah.

Butuh bantuan desain dan dekorasi interior? Bekerja dan berkomunikasi langsung dengan desainer-desainer terbaik?

Tags: , , , ,

Nita Hidayati Inayah

By Nita Hidayati Inayah

Content writer, menyukai gaya skandinavia

Artikel lainnya




Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram