dekorasi rumah minimalis

Dekorasi Rumah Minimalis: Bukan Gaya Interior Sederhana

Posted by HinaYana  •  3 weeks ago

Interiordesign.id – Bagi sebagian orang dekorasi rumah gaya minimalis dengan dominasi warna netral mungkin terasa dingin dan hambar. Desain minimalis dianggap terlalu sederhana dan menjadikan ruangan kurang menarik secara visual. Akibatnya, rumah dengan gaya interior ini terasa kurang inviting.

Tetapi itu dulu. Saat ini, meski gaya dekorasi interior yang lain mulai banyak diadaptasi ke dalam hunian-hunian kontemporer, gaya minimalis masih jadi yang terbaik. Konsep minimalis masih menjadi pilihan utama gaya interior di banyak bangunan-bangunan residensial.

Apa itu minimalis?

Minimalis adalah tren desain yang dimulai pada abad ke-20 dan berlanjut hingga sekarang. Desain minimalis adalah desain yang dipreteli, menghapus bagian-bagian yang tidak perlu, hingga hanya meninggalkan elemen-elemen pentingnya saja.

Pernyataan terkenal untuk desain minimalis berasal dari seorang arsitek bernama Ludwig Mies van der Rohe: Less Is More.”. Moto lain datang dari seorang desainer, Buckminster Fuller:Doing more with less.”.

Desain minimalis dimulai dengan sebuah rancangan arsitektur, sekitar tahun 1920-an. Arsitek Pasca Perang Dunia I Van der Rohe adalah salah satu arsitek terkemuka pertama yang menggunakan prinsip-prinsip dalam desainnya yang menjadi contoh konsep minimalis.

Alasan arsitektur minimalis mulai lepas landas adalah tersedianya bahan dan material-material modern seperti kaca, beton dan baja. Selain itu, mulai terbentuknya cara-cara standar membangun sebuah gedung, turut mempercepat rancang bangun gedung minimalis secara lebih efektif.

Tren berlanjut hingga pertengahan abad ke-20, saat Buckminster Fuller berhasil mendesain kubah menggunakan bentuk geometris sederhana yang masih berdiri dan terlihat sangat modern.

Fokus pada kesederhanaan ini turun dan diadopsi ke dalam berbagai aliran seni; seni melukis, desain interior, fashion, dan juga musik. Begitulah cara desain minimalis memengaruhi segala bidang hingga menjadi semacam gaya desain yang sangat lumrah. Sejalan dengan pernyataan terkenal dari seorang pelukis terkenal Frank Stella yang mengatakan, “What you see is what you see.”

Seni minimal juga berkembang di tahun 1960an di Amerika. Mirip dengan gerakan seni De Stijl, pelukis bereaksi terhadap seni “abstrak-ekspresionisme” hingga akhirnya hanya menggunakan bentuk geometris yang belum sempurna dalam karya seni mereka dan tidak menambahkan hiasan apapun atau elemen-elemen lainnya.

Tentu saja, fokus pada kesederhanaan juga memengaruhi desain produk. Ikea adalah salah satunya. Perusahaan furnitur asal Swedia ini adalah contoh lain dari produk konsumen yang dirancang sangat minimalis. Perabotannya sangat sederhana, sehingga seringkali bahkan tanpa memerlukan petunjuk penggunaan atau pemasanagn karena sudah sangat jelas.

Minimalis menjadi tren desain yang dimulai sejak abad ke-20. Ia merupakan gagasan desain yang dipreteli, menghapus bagian-bagian yang tidak perlu, hingga hanya meninggalkan elemen-elemen pentingnya saja.

Dekorasi interior minimalis

Selain desain minimalis, dalam arsitektur dan desain interior pada khususnya, juga dikenal istilah dekorasi minimalis atau dekorasi interior minimalis. Gaya dekorasi ini berbeda dengan desain interior. Dekorasi merupakan bagian dari desain interior secara umum.

Meski masih banyak orang yang berpikir bahwa antara desain interior dan dekorasi interior adalah hal yang sama, padahal kenyataanya tidak. Desain interior berbeda dengan dekorasi interior. Keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Mengutip digitalartschool perbedaan antara dekorasi dan desain interior bisa dijelaskan dari cakupan kerjanya. Desain interior adalah seni dan sains untuk memahami perilaku orang-orang untuk menciptakan ruang fungsional di dalam sebuah bangunan atau gedung. Sementara dekorasi adalah soal perabotan atau hiasan ruang dengan titik fokus pada estetika dan hal-hal yang modis atau indah saja.

Desainer vs Dekorator, Perbedaan Antara Kedua Istilah dalam Desain Interior yang Mesti Anda Ketahui

Konsep interior paling populer

Seperti sudah disinggung sebelumnya, minimalis memiliki pengaruh ke dalam hampir semua gagasan desain. Dari desain antarmuka (user interface), desain perangkat keras, desain mobil, film dan game, desain web, desain interior dan juga arsitektur. Beberapa dari kita juga mungkin tidak menyadari secara pasti apa itu minimalis atau minimalisme? Namun besar kemungkinan saat ini kita justru sedang mengakrabi dan bahkan intim dengan gagasan tersebut.

Minimalis sebenarnya lebih dari sebuah konsep desain. Ia lebih merupakan prinsip daripada sekadar sebuah gaya visual. Karakter utama yang dapat dilihat secara kasat mata dalam konsep desain ini adalah penampilannya yang tidak mencolok dan wah, serta lebih mengedepankan kesederhanaan.

dekorasi interior rumah minimalis gaya Jepang

Desain kamar tidur minimalis gaya Jepang, Rumah Ibu Sherly Aprililianty.

Dalam konsepnya yang paling klasik, salah satu dekorasi rumah minimalis yang paling populer adalah soal warna. Rumah-rumah dengan dekorasi minimalis hampir selalu tercitrakan sebagai sederhana dengan penggunaan dominan warna-warna netral atau putih. Setiap ruangan dalam rumah minimalis selalu tampak bersih, lega dan juga lapang. Ia benar-benar menggambarkan gagasan hidup less is more. Dan gegara hal itu pula lah konsep minimalis menjadi terasa sangat klasik. Bahkan tidak sedikit yang menganggapnya hambar dan membosankan.

Namun, seiring perkembangan, minimalis saat ini justru lebih banyak bermain dengan nada warna. Minimalis berhasil keluar dari kesan kaku dan membosankan. Ia sukses mencitrakan dirinya menjadi konsep desain yang sederhana namun tetap dapat tampil elegan.

Mengutip minimalist.academy, dalam sebuah artikel berjudul: “What Is Minimalism And Why Is It Becoming So Popular?”, minimalis akan memungkinkan Anda untuk fokus pada apa yang paling penting saja. Gaya hidup minimalis menghilangkan gangguan yang tidak perlu. Minimalis hanya berfokus pada hal-hal yang dibutuhkan. Dan ketika Anda tidak terganggu oleh semua kekacauan, Anda akan mengembangkan apresiasi yang lebih besar untuk barang-barang favorit Anda dan dapat lebih menghargainya.

dekorasi rumah minimalis

desain ruang keluarga dan pantry gaya minimalis, rumah Ibu Intania, Tangerang Selatan.

Prinsip dekorasi rumah minimalis

Terdapat 5 hal atau prinsip dasar dekorasi minimalis yang tidak boleh diabaikan jika ingin mencapai kesempurnaan saat bekerja dengan gagasan dan konsep desain ini. Kelima prinsip berikut bisa dibilang merupakan hal esensial dan sangat penting untuk diperhatikan. Berikut lima prinsip dekorasi minimalis yang dikutip dari house method:

  1. Fungsionalitas
    Minimalis adalah gerakan yang mengalir dari seni populer ke desain rumah pada tahun 1920-an, dan dianggap sebagai salah satu gaya paling inovatif. Minimalis telah dilabeli sebagai pelopor dari desain pemikiran ke depan, tetapi tidak terbawa oleh keinginan mewah. Dekorasi minimalis memecah ruangan menjadi kebutuhan — ini berarti setiap barang harus berfungsi secara maksimal.
  2. Bentuk dekorasi minimalis
    Setelah menunjukkan dengan tepat perabotan yang dibutuhkan ruangan, pertimbangkan bentuk masing-masing bagian. Pikirkan bentuk dasar: kotak dan persegi panjang. Kemudian pikirkan garis yang paling umum digunakan dalam desain: horizontal, vertikal, diagonal, zigzag, dan melengkung. Pengikut gerakan De Stijl, yang dimulai pada tahun 1917 dan dianggap sebagai pendahulu minimalis, membatasi diri pada bentuk-bentuk ini demi penyederhanaan dan mencapai inti sari seni.
  3. Aliran minimalis
    Apakah Anda menginginkan setiap ruangan terlihat sangat harmonis? Anda bisa berinovasi dengan desain dan dekorasi minimalis. Modern-minimalis, Skandi-minimalis, Minimalis-Jepang, Eklektik-minimalis, atau yang lainnya. Pastikan satu fitur tidak menonjol dan mendominasi yang lain.
  4. Pilihan warna dalam dekorasi minimalis
    Mewarnai ruang minimalis dengan nuansa sederhana seperti putih, krem, dan abu-abu sangat populer, tetapi menjelajah warna-warna lain bukanlah dosa terhadap dekorasi minimalis. Ini mungkin akan menyebabkan dekorasi rumah terlihat lebih kontemporer alih-alih minimalis. Tetapi prinsipnya tetap sama, less is more dan keep it simple.
  5. Minimalis dalam lantai
    Beton dan kayu adalah dua pilihan lantai paling populer untuk desain minimalis. Arsitek minimalis Mies van der Rohe menyukai bahan-bahan konstruksi yang dianggap modern pada paruh pertama abad ke-20 — khususnya baja dan kaca industri — karena sifatnya yang sederhana. Anda dapat menggunakan isyarat van der Rohe dan menerapkan prinsip yang sama pada beton dan kayu. Selain itu, memasang karpet di lantai juga bisa menjadi metode populer dalam dekorasi rumah minimalis untuk menambahkan kehangatan ke dalam ruangan.

Desain Rumah Minimalis, Rumah Kecil Gati Rizky yang Minimalis Maksimal

Dekorasi rumah minimalis dalam praktik

Sangat penting bagi kita untuk berpikir secara holistik tentang dekorasi minimalis. Minimalis tidak terbatas sebuah gaya, tapi ia juga bisa merupakan struktur arsitektur. Rumah dengan arsitektur minimalis tentu memiliki kemudahan untuk didekorasi dengan gaya interior ini. Dan sebaliknya, rumah gaya retro, vintage, apalagi klasik agak sulit untuk didekorasi dengan gaya minimalis.

dekorasi rumah minimalis

desain foyer gaya minimalis, Rumah Bapak Jhon Karlie, Summarecon.

Anda tidak diharuskan untuk menjadi seorang arsitek untuk bisa mendapatkan esensi dari desain minimalis. Lakukan saja apa yang dapat Anda lakukan. Sesederhana itu. Sesimpel itu. Meski begitu, – minimalis yang mengakar pada dasar filosofinya, keep it simple -, tidak pernah ada cara sederhana untuk memaknainya. Sederhana tidak berarti menyederhanakan.

Butuh bantuan desain dan dekorasi interior? Bekerja dan berkomunikasi langsung dengan desainer-desainer terbaik?

Tags: , , , , , ,

Hina Yana

By HinaYana

Konten Editor.

Artikel lainnya

Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram

preloader