Tips Desain Interior untuk Kesan yang Spesial di Airbnb

Posted by Nita Nurul  •  Tuesday, January 8 2019

Menyewakan rumah di Airbnb artinya Anda membukakan pintu bagi para tamu untuk merasakan kenyamanan di dalam rumah Anda seperti di rumahnya sendiri.

Interiordesign.id – Airbnb kini menjadi alternatif akomodasi bagi para pelancong, baik dalam negeri maupun luar negeri. Alasannya, terkadang menginap di hotel terasa menjemukan dengan dekorasi dan ruang yang standar. Selain itu, kebanyakan hotel hanya dapat mengakomodasi maksimal 2 hingga 3 orang di satu kamar, sementara banyak properti di Airbnb yang dapat disewa untuk grup besar.

Airbnb pertama kali didirikan di Amerika Serikat dan kini sudah menawarkan akomodasi murah di 34.000 kota dan 191 negara. Meskipun belum ada aturan yang jelas mengenai penyewaan akomodasi via Airbnb di Indonesia, sedikitnya sudah ada 38.000 host Indonesia yang mendaftar ke Airbnb. Jenis akomodasinya pun tidak terbatas pada kamar tidur, rumah, atau apartemen. Banyak pemilik properti yang menawarkan pengalaman unik dengan menginap di perahu, kastil, RV, bahkan rumah pohon dan tenda.

Apa pun jenis akomodasinya, persaingan di Airbnb semakin ketat karena keuntungannya yang memang cukup menggiurkan. Oleh karena itu, para pemilik properti berlomba-lomba untuk menarik perhatian para tamu. Salah satu caranya adalah dengan mendekorasi rumahnya semenarik mungkin. Bagi Anda yang ingin menyewakan rumah di Airbnb, di bawah ini adalah beberapa tips desain interior untuk membuat rumah Anda menjadi akomodasi yang nyaman dan menarik!

Dekorasi Interior Rumah: Tren Gaya Interior Terbaru yang Melahirkan Kebahagiaan di Setiap Ruang

Keuntungan yang Bisa Diperoleh Saat Anda Mendesain dan Mendekorasi Ulang Interior Rumah

Sediakan hal-hal esensial

Desain kamar mandi

Didesain oleh Iqbal Mujahid

Sebelum Anda menyewakan tempat tinggal, coba posisikan diri sebagai pelanggan. Pikirkan hal-hal apa saja yang akan membuat orang lain nyaman untuk tinggal di rumah Anda. Esensinya, tamu yang menginap di rumah Anda harus merasa seperti di rumah sendiri. Anda bisa mulai di kamar mandi karena biasanya kamar mandi adalah fasilitas yang paling esensial dan sangat berpengaruh terhadap kenyamanan tamu.

Kebersihan kamar mandi harus selalu dijaga dan beberapa fasilitas penunjang seperti tisu toilet ekstra, alat pembersih dan penyedot WC, juga patut disiapkan. Selain itu sediakan juga alat-alat mandi seperti sepasang handuk, sampo, sabun, sikat gigi, dan pasta gigi. Anda tidak perlu membeli barang-barang yang mahal untuk ini – produk yang umum di pasaran pun tidak jadi masalah.

Tren Desain Kamar Mandi Tahun 2018

Prinsip Dasar Desain Kamar Mandi yang Sehat dan Menyegarkan

Desain kamar tidur

Didesain oleh Mufi Indra Pahlevi

Untuk di kamar tidur, tentu kasur dan seprai adalah bintangnya. Pastikan Anda memilih tempat tidur dan seprai linen yang berkualitas agar tamu bisa tidur dengan pulas. Sekali lagi, Anda tidak perlu membeli produk-produk yang mahal dan mewah. Anda hanya perlu memastikan bahwa tempat tidur, bantal, selimut, dan seprai yang digunakan selalu dalam keadaan yang baik dan kebersihannya terjaga.

Cara Memaksimalkan Kamar Tidur Kecil

Tips untuk seprai, pastikan Anda memilih seprai berwarna putih. Selain mudah dibersihkan dengan bleach, seprai berwarna putih juga dapat memberikan kesan bersih sehingga tamu tidak akan ragu ketika akan beristirahat.

Jika properti yang Anda sewakan memiliki fasilitas dapur, pastikan semuanya fungsional dan Anda sudah menyiapkan beberapa alat masak dan makan yang esensial. Selain itu, sediakan juga sabun pencuci, spons, dan handuk tangan. Memiliki fasilitas laundry juga bisa menjadi nilai plus. Hal esensial lain yang tidak boleh dilupakan adalah: P3K, pemadam api, pengering rambut, setrika, alat tulis, dan selimut tambahan.

Karpet di Area Dapur? Kenapa Tidak!

Tambahkan sentuhan personal pada fasilitas

Desain ruang keluarga

Didesain oleh Nawangwulan Nitisuari

Dekorasi dan kebersihan rumah memang penting, tetapi Anda juga tidak bisa melupakan sentuhan personal pada fasilitas yang Anda tawarkan. Tamu yang menginap di rumah Anda akan merasa disambut jika Anda menyediakan gift pack dan camilan tradisional daerah Anda. Ini merupakan detail yang tidak memakan biaya yang banyak, namun memberikan kesan yang mendalam bagi para tamu.

Contoh gift pack yang menarik adalah gantungan kunci, notebook, pulpen, kartu selamat datang, dan lain-lain. Cobalah untuk berkreasi saat membuat gift pack dan usahakan untuk selalu membawa ciri khas daerah tempat tinggal Anda karena rata-rata pelancong yang akan menginap di rumah Anda berasal dari luar daerah atau bahkan luar negeri. Memberikan “oleh-oleh” berkesan yang bisa dibawa pulang oleh para tamu akan membuat mereka merasa disambut, dan hasilnya, ulasan baik pun akan Anda terima.

Selain itu, Anda juga dapat memberikan sebuah guidebook atau flyer yang berisi rekomendasi-rekomendasi seputar restoran lokal, tempat wisata, rumah sakit terdekat, dan lokasi-lokasi penting lainnya. Buatlah guideline yang menarik sehingga para tamu tidak akan bosan untuk membacanya. Jika Anda menyediakan fasilitas Wi-Fi, sertakan juga password-nya di tempat yang mudah terlihat. Jangan sampai para tamu kesulitan saat akan menggunakan fasilitas tersebut.

Berikan dekorasi yang kreatif dan Instagrammable

Dekorasi ruang keluarga yang kreatif

Didesain oleh Iqbal Mujahid

Saat Anda menyewakan kamar atau rumah Anda kepada tamu, dekorasi dan desain interior sangatlah penting. Memang, Anda bisa saja menyewakan akomodasi dengan kondisi apa adanya. Namun, tentu saja tarif per malam yang Anda pasang haruslah sangat terjangkau. Anggap saja dekorasi ruangan adalah sebuah investasi. Anda dapat sedikit menaikkan harga sewa dan promosi gratis karena para tamu akan berfoto di rumah Anda dan membagikan pengalaman mereka di media sosial.

Ide Desain Interior yang Unik dan Menarik untuk Rumah Idaman Anda

5 Rumah Mungil Eco-Friendly dengan Desain Interior yang Instagram-able

Untuk mendapatkan dekorasi yang menarik, pertama-tama Anda harus singkirkan beberapa benda yang dianggap terlalu personal, seperti foto keluarga, pakaian pribadi, dokumen-dokumen pribadi, dan lain sebagainya. Anda harus mulai berpikir bahwa rumah Anda bukan hanya milik Anda sendiri, tetapi milik para tamu yang akan menyewanya juga.

Menurut Rich Combo, seorang host Airbnb yang sukses di Amerika Serikat, rumah Anda harus memiliki jiwa atau tanda-tanda kehidupan, tetap bukan kehidupan pemiliknya. Maksudnya adalah, rumah Anda masih harus memiliki karakter dan cerita tetapi Anda harus bisa membatasi sejauh apa kehidupan Anda memengaruhi dekorasi di dalam rumah.

Dekorasi ruang keluarga moderen

Didesain oleh Rio Stefanus

Dikutip dari rentingyourplace.com, di bawah ini adalah beberapa tips dekorasi rumah untuk disewakan di Airbnb:

  • Pilihlah warna netral untuk dinding dan sertakan elemen kayu pada perabot yang digunakan. Karena sifatnya yang netral, perpaduan keduanya dapat diminati oleh berbagai kalangan.
  • Sertakan dekorasi aksen untuk menambah karakter. Anda bisa menambahkan lukisan, furnitur dengan warna yang mencolok, dan lain sebagainya. Usahakan warna yang digunakan masih selaras dan enak dipandang jika digabungkan dengan elemen lain di dalam ruangan.
  • Gunakan berbagai jenis tekstur agar rumah terlihat lebih menarik. Contohnya, Anda bisa menggunakan beragam jenis kain untuk bantal dan menambah tekstur pada dinding dengan menggunakan stone wall.
  • Maksimalkan jumlah tempat tidur yang tersedia. Pertimbangkan untuk memiliki sofa bed multifungsi yang bisa mengakomodasi anak-anak atau tamu tambahan. Untuk kamar tidur utama, sebaiknya pilihlah tempat tidur ukuran king. Jika Anda ingin menambah occupancy, sediakan kasur angin juga.
  • Pastikan rumah wangi dan segar. Anda bisa menambahkan beberapa tanaman indoor.
  • Buat ruang gerak yang cukup luas di depan pintu utama agar tamu bisa leluasa ketika masuk membawa koper besar.
  • Sediakan colokan listrik yang cukup. Akan lebih baik jika Anda juga menyediakan sambungan listrik serta charger untuk berbagai jenis ponsel. Para tamu akan menghargai usaha Anda, lho.
  • Sediakan keset di depan pintu agar lantai tetap terjaga kebersihannya.
  • Cermin bisa digunakan di berbagai tempat untuk menambah ilusi bahwa ruangan di dalam rumah terasa lebih luas.

5 Hal Penting yang Bisa Anda Dapatkan dari Seorang Desainer Interior yang Baik

Itulah tadi beberapa tips cerdas bagi Anda yang ingin mulai bisnis Airbnb. Memang membuat tempat yang nyaman bukanlah hal yang mudah. Ada banyak aspek yang harus diperhatikan. Tetapi, jangan khawatir karena dengan jasa desainer interior, segala aspek tersebut bisa dipenuhi dengan baik. Dengan usaha yang besar, Anda bisa meraup keuntungan yang besar juga dari menyewakan tempat tinggal Anda di Airbnb. Selamat mencoba!

Butuh bantuan desain dan dekorasi interior? Bekerja dan berkomunikasi langsung dengan desainer-desainer terbaik?

Tags: , , , , , , ,

Nita Ramadhita

By Nita Nurul

Graduated from Universitas Pendidikan Indonesia majoring English Literature, Nita aspires to be a language enthusiast who has a passion for collecting good books and being a wordsmith.

Artikel lainnya




Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram