Desain Window Seat; Menyulap Area Jendela Menjadi Lebih Fungsional serta Istimewa

Posted by Dhila Fadhilah Khairunisa  •  1 week ago

Desain window seat memungkinkan jendela tidak hanya berfungsi sebagai alur dan jalur ventilasi saja, namun juga bisa didekorasi menjadi tambahan area dengan fungsi yang beragam.

Interiordesign.id – Tidak hanya sekadar sebagai tempat berisitirahat, rumah merupakan tempat di mana seluruh kegiatan personal maupun kegiatan komunal bisa dilakukan. Dus, kenyamanan rumah merupakan hal terpenting yang harus diperhatikan.

Setiap orang tentu memiliki “tempat nongkrong favorit”-nya masing-masing. Tak terkecuali di dalam rumah.

Area-area seperti sudut ruangan dan atau dekat jendela, bisa sangat menyenangkan jika bisa dirancang sebagai tempat nongkrong di dalam rumah. Baik itu sebagai sudut baca, atau hanya sebagai tempat dengan kursi dan bantalan yang asyik buat bermalas-malasan.

Ada banyak area dan sudut di dalam rumah yang bisa dieksplorasi dan didesain sedemikian rupa agar bisa memiliki tampilan dan suasana yang menyenangkan. Salah satunya adalah area dekat jendela.

Window seat atau meletakkan kursi atau sofa di dekat jendela bisa menjadi salah satu cara mendapatkan area spesial di dalam rumah.

Window seat menjadi gagasan desain yang sudah sangat umum di rumah-rumah modern saat sekarang. Area ini bisa sangat mengasyikan bagi seorang Bibliophile alias penyuka buku.

Bagi seorang bibliophile, berada di ruang dengan setumpukan buku merupakan hal yang paling mengasyikan. Bagi foodie yang gemar memasak, bisa jadi dapur merupakan area yang menjadi tempat kesukaan.

Dengan desain dan penataan yang serius, area di dekat jendela yang mulanya tampak biasa, akan terlihat berbeda dan terasa sangat fungsional serta istimewa.

Manfaat Window Seat

desain window seat

~ via HGTV

Jendela umumnya hanya berfungsi sebagai ventilasi, membantu proses sirkulasi udara serta cara mendapatkan pencahayaan alami dari luar. Namun, saat ini, area sekitar jendela bisa sebagai area tambahan denga berbagai fungsi yang beragam.

Gagasan window seat sebagai salah satu ruang bersantai akan memberi banyak manfaat. Selain area duduk yang lebih banyak, ruangan akan terasa makin fungsional karena dapat juga didekorasi dengan tambahan rak, laci, atau bahkan kasur untuk memaksimalkan kenyamanan.

Penempatan Window Seat

desain window seat

~ via Trendir

Window seat dapat dirancang dan diaplikasikan di ruangan apapun di dalam rumah. Tentu saja selama ruangan tersebut memiliki bukaan jendela.

Anda dapat merancang window seat di ruang tamu, ruang keluarga, kamar tidur, area belajar, hingga ruang makan, atau bahkan di area dapur.

desain window seat

Desain window seat di area dapur. ~ via DesignRulz

desain window seat

Window seat di kamar tidur. ~ via pinterest

Tips Desain Window Seat

desain window seat

~ via Decorpad

Sejak awal perencanaan, Anda harus memerhatikan ukuran area jendela serta ketinggian tempat duduk yang diinginkan.

Sesuaikanlah ukuran dengan tinggi dasar jendela dan juga lebar jendela. Pastikan area jendela memiliki ruangan yang cukup untuk rancangan window seat yang diinginkan.

Selanjutnya, Anda dapat mendekorasi window seat dengan tambahan kursi atau sofa di dekatnya.

Lengkapi dengan beberapa bantal, sebuah lemari serbaguna sebagai tempat penyimpanan, rak, dan atau sebuah kabinet, atau apapun yang Anda kehendaki. Sesuaikan dengan skema warna dan sentuhan gaya interior agar dapat memiliki kesesuaian.

Rancangan window seat yang fungsional bisa menjadi tempat minum teh dan atau membaca buku yang sangat mengasyikan dan menyenangkan.

Ada pertanyaan tentang desain interior rumah Anda? Desainer kami siap menjawabnya

Tags: , , , ,

designer interiordesign.id

By Dhila Fadhilah Khairunisa

Desainer interior ITENAS lulusan tahun 2012.

Artikel lainnya

Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram

preloader