5 Jenis Model Gorden untuk Rumah Minimalis Mungil

Posted by Nita Nurul  •  Friday, January 18 2019

Interiordesign.id – Model rumah minimalis memang sedang populer saat ini, khususnya bagi pemilik rumah di kota-kota besar. Salah satu alasannya adalah tingginya harga tanah di kota besar sehingga area untuk dibangun tempat tinggal cenderung terbatas. Para arsitek dan desainer pun harus mencari cara untuk membuat rumah kecil yang nyaman ditempati oleh keluarga.

Dari situ muncullah tren rumah minimalis yang dapat menghadirkan hunian nyaman yang tidak terlalu besar, tetapi masih memberikan nilai estetika yang baik. Meskipun rumah tidak terlalu luas, bukan berarti nilai dan fungsinya sebagai tempat tinggal yang aman dan nyaman untuk keluarga jadi dinomorduakan. Justru karena bentuknya yang mungil, rumah minimalis dapat menunjukkan kesederhanaan dan kehangatan keluarga.

Agar rumah minimalis terlihat lebih tertata rapi dan cantik, ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan, terutama di bagian interior. Keseimbangan harus benar-benar diperhatikan agar rumah tidak terkesan penuh dan sempit.

Pemilihan furnitur serta benda-benda dekoratif lainnya juga sangat berpengaruh terhadap ruang di dalam rumah. Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang pemilihan gorden yang cocok untuk rumah minimalis. Jadi, jika Anda memiliki rumah yang mungil, simak beberapa inspirasi model gorden yang bisa membuat ruangan terlihat cantik dan tampak luas!

Gorden Tiga Dimensi, Mengubah Tampilan Ruang Semakin Tampak Unik & Atraktif

Model Gorden Warna-warni untuk Interior Ruang Tamu

Model gorden dua tingkat

Model gorden minimalis dua tingkat

Pfoinc.com

Biasanya, rumah minimalis mungil memiliki jendela yang berukuran kecil juga. Model gorden dua tingkat akan menjadi model yang cocok untuk jendela kecil di rumah Anda. Selain bentuknya yang menggemaskan, gorden ini bisa menambah variasi dalam dekorasi di dalam rumah. Dengan sedikit motif dan aksen pada gorden polos seperti yang terdapat pada gambar di atas, gorden bisa menjadi pemanis yang fungsional. Normalnya, model gorden ini biasa dipakai untuk jendela dapur, namun bukan berarti tidak dapat dipasangkan untuk jendela mungil lainnya, lho!

Gorden dengan dua warna

Model gorden dua warna

Pinterest

Jika Anda ingin menambah suasana ceria di dalam rumah, Anda bisa memilih gorden dengan dua warna. Rumah minimalis biasa dicat menggunakan warna-warna netral seperti putih, krem, dan cokelat muda agar terasa lebih luas. Maka dari itu, penggunaan gorden model ini dapat menambah warna pada ruangan bercat polos sehingga ruangan tampak lebih ceria.

Sebagai tips, pastikan warna gorden yang Anda pilih masih senada dengan dekorasi ruangan. Jika Anda ingin menggunakan gorden dengan warna yang mencolok, pastikan Anda juga menggunakan aksen-aksen dekorasi dengan warna yang sama sehingga ruangan terlihat selaras. Untuk model gorden seperti ini, sebaiknya pilih gorden dengan ukuran yang lebih panjang daripada jendelanya, karena dengan begitu langit-langit rumah akan terlihat lebih tinggi.

Kesalahan Dekorasi Minimalis Apartemen yang Sebaiknya Anda Hindari

Model gorden garis-garis

Model gorden garis-garis

Style with Wisdom

Terkadang, beberapa orang merasa memiliki gorden akan membuat ruangan tampak sempit dan penuh. Tetapi, ada model gorden yang akan memberikan ilusi rumah tampak lebih luas. Salah satunya adalah menggunakan gorden dengan model garis-garis horizontal. Pilihlah gorden dengan motif garis yang cukup besar sehingga kesan luas bisa langsung terlihat. Untuk pilihan warna, Anda bisa menyelaraskannya dengan keseluruhan dekorasi ruangan.

Model gorden yang menjuntai

Model gorden full length

West Elm

Gorden panjang dengan model yang menjuntai memang identik untuk rumah berukuran besar dan mewah. Padahal, model gorden seperti ini cocok juga untuk rumah minimalis dengan jendela kecil. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, gorden dengan panjang melebihi panjang jendela dapat menciptakan kesan ruangan yang lebih tinggi. Untuk menghindari kesan sempit dan penuh pada ruangan, pilihlah gorden panjang dengan warna yang cerah, dan jika ingin memasang gorden bermotif, pilihlah motif yang sederhana.

Gorden dengan model roll-up

Model gorden roll-up

New York Magazine

Tata letak furnitur dan pilihan gaya dekorasi di rumah minimalis yang mungil sangat berpengaruh terhadap ruang gerak di dalamnya. Terkadang, gorden yang dibukakan ke samping terasa mengganggu karena bisa membentur benda-benda di sampingnya. Sebagai solusi, Anda bisa memilih gorden model roll-up, gorden yang bisa digulung ke atas. Dengan gorden ini, Anda tidak perlu khawatir jika gorden akan mengambil space yang terlalu banyak. Anda juga dapat memilih berbagai pilihan motif dan bahan gorden jenis ini.

7 Desain Apartemen Kecil dan Keren

Setelah membaca beberapa jenis gorden untuk rumah minimalis mungil di atas, pasti Anda sudah memiliki bayangan gorden seperti apa yang akan Anda beli untuk menghiasi jendela di rumah. Tips untuk membeli gorden untuk rumah minimalis adalah gorden yang tidak berlebihan, baik dalam ukuran mau pun desain. Sesuaikan juga warna dan motif gorden dengan furnitur atau perabotan yang lain agar selaras dan terlihat terkonsep. Selamat mencoba!

Butuh bantuan desain dan dekorasi interior? Bekerja dan berkomunikasi langsung dengan desainer-desainer terbaik?

Tags: , , , , , , ,

Nita Ramadhita

By Nita Nurul

Graduated from Universitas Pendidikan Indonesia majoring English Literature, Nita aspires to be a language enthusiast who has a passion for collecting good books and being a wordsmith.

Artikel lainnya




Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram

preloader