fbpx
Hi, Guest
Login  |  Register

Gorden Rumah; 3 Cara Mudah dalam Memilihnya untuk Rumah Anda

Posted by Nikho Asruri Monday, October 4 2021
desain model kamar modern

Pencahayaan alami adalah sesuatu yang memang diperlukan oleh hunian Anda. Namun terkadang, Anda tentu ingin dapat tertidur tenang dan tidak terganggu oleh cahaya yang datang dari luar rumah. Ini membuat gorden menjadi salah satu elemen dekorasi terpenting pada hunian Anda. Oleh karena itu, Anda harus melakukan riset terlebih dahulu sebelum membelinya. Selain itu, pastikan Anda mendapatkan gorden dengan ukuran dan gaya yang tepat.

Untuk dapat memilih gorden yang tepat, berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat akan membeli tirai untuk rumah Anda:

#1 Cari Tahu Panjang Gorden Rumah yang Anda Butuhkan

desain ruang keluarga di rumah modern-tropis

Panjang gorden rumah adalah hal utama yang harus Anda perhatikan saat sedang memilih gorden itu sendiri. Secara standar, panjang tirai terbagi ke dalam lima jenis, yaitu 160 cm, 213 cm, 241 cm, 274 cm, serta 305 cm. Ukuran tirai ini bergantung pada tinggi jendela serta plafon Anda. Selain itu, tampilan yang ingin Anda miliki pun ikut menentukan. Untuk bisa mengetahui panjang gorden ini, Anda harus mengukurnya dari saku batang gorden hingga bagian bawah kain.

Agar gorden yang Anda pilih memiliki panjang yang tepat, naikkan batang gorden agar sesuai dengan ketinggian lantai. Tentukan di mana batang gorden tersebut akan Anda pasang. Apakah Anda ingin gorden Anda hanya menutupi keseluruhan jendela atau menjuntai hingga ke lantai?

Tipe Gorden Berdasarkan Panjangnya

desain kamar di modern industrial house

Berikut adalah beberapa istilah umum yang biasa digunakan untuk membedakan gorden satu dengan gorden rumah lainnya berdasarkan panjangnya:

Tier – Tirai pendek yang menutupi sebagian area jendela

Apron – Tirai yang menggantung hingga ke bagian bawah jendela

Gorden Lantai – Tirai yang menjangkau sampai ke lantai. Biasanya tirai ini terlihat bagus saat dipasangkan dengan batang yang hampir mencapai langit-langit.

Puddle – Tirai yang mencapai ke lantai dengan beberapa sisa kain yang menggenang di bagian bawah. Gorden ini akan terlihat bagus jika batangnya dipasang di area yang lebih tinggi dari biasanya.

#2 Pilih Bahan Kain Gorden

interior kamar di rumah modern tropis

Terdapat beragam bahan kain yang bisa Anda pilih untuk gorden rumah Anda. Tentukan bahan ini berdasarkan tampilan yang ingin Anda miliki serta banyaknya cahaya alami yang Anda butuhkan untuk rumah Anda. Kain dengan bobot yang lebih berat dan buram dapat menahan lebih banyak cahaya dibandingkan kain yang ringan dan tipis.

Anda bisa menggunakan kain tipis atau yang berbahan katun, apabila Anda ingin lebih banyak cahaya bisa masuk ke dalam rumah Anda. Gorden dengan bahan seperti ini tetap memiliki banyak varian warna.

Kemudian jika Anda ingin cahaya alami masuk dalam jumlah yang tidak terlalu banyak, Anda bisa memilih gorden linen. Tenunan bahannya yang bertekstur memungkinkan cahaya untuk masuk, tetapi tidak terlalu banyak.

Lalu jika Anda menginginkan gorden yang benar-benar bisa menghalangi cahaya secara keseluruhan, Anda bisa memilih gorden dengan bahan beludru. Gorden ini sangat berat dan cukup buram. Tirainya anti tembus pandang dan lapisan khususnya dapat menahan sinar matahari sepenuhnya.

Selain berdasarkan materialnya, Anda tetap memiliki banyak pilihan dalam hal warna dan pola gorden. Anda bisa memilih warna yang mencolok jika Anda ingin agar gorden Anda menjadi fitur ruangan yang menonjol. Namun jika Anda ingin agar tirai Anda tidak terlalu menarik perhatian, Anda bisa memilih warna gorden yang lembut.

#3 Lakukan Pemilihan Perangkat Keras Pendukung Gorden Rumah

interior kamar tidur

Langkah terakhir yang harus Anda lakukan dalam memilih gorden adalah memilih perangkat keras pendukung gorden, termasuk batang gorden Anda. Untuk menyeimbangkan tampilan gorden Anda, pilih batang gorden yang punya lebar 15 – 30 cm dari jendela Anda.

Batang gorden dengan lebar seperti ini dapat memberikan tambahan minat visual. Selain itu, Anda pun jadi memiliki ruang untuk memindahkan gorden Anda ke samping saat Anda ingin membukanya. Untungnya, sebagian besar batang gorden standar dapat disesuaikan. Anda jadi bisa membuatnya berukuran lebih kecil atau lebih besar sesuai dengan kebutuhan.

Bahan perangkat keras pendukung gorden Anda yang merupakan pilihan populer adalah kuningan, nikel, serta perunggu. Semuanya cocok dengan semua gaya rumah yang Anda. Apabila Anda memutuskan untuk menggunakan penahan gorden, gunakan bahan yang sama dengan batang gorden agar selaras.

Adapun bahan perangkat keras Anda, kuningan, nikel yang disikat, nikel yang dipoles, dan perunggu antik adalah semua pilihan populer yang cocok dengan hampir semua gaya rumah. Jika Anda memutuskan untuk menggunakan penahan gorden, pertahankan bahan yang sama dengan batang Anda untuk kesinambungan.

Itulah ketiga cara mudah untuk Anda dalam memilih gorden rumah yang tepat. Pastikan Anda benar-benar memahami gorden seperti apa yang Anda butuhkan dan tampilan yang bagaimana yang ingin Anda capai. Setelahnya, Anda bisa memilih gorden yang sesuai dengan ukuran jendela dan tinggi langit-langit Anda. Selamat mempercantik rumah!

InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Siap memulai proyek desain interior?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

2000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Hello interiordesign.id