desain home office

Bagaimana Merancang Home Office Sempurna dalam 8 langkah

Posted by Ami Nurbaiti  •  Friday, December 28 2018

…mendesain sudut ruangan menjadi ruang kantor atau home office adalah ide yang sangat bagus. Ruang kerja di rumah bisa memberi Anda waktu dan fasilitas untuk menyelesaikan banyak pekerjaan.

Interiordesign.id – Rumah adalah istana bagi siapapun penghuninya. Bahkan di saat sekarang, rumah tidah hanya jadi tempat berteduh saja, melainkan juga dapat menjadi pos komando atau tempat si pemilik menjalankan bisnis atau usahanya. Sedangkan bagi seorang pekerja, rumah bisa menjadi tempat kerja sekunder bila sebuah pekerjaan tidak dapat diselesaikan di kantor.

Sebagai pemilik rumah, mendesain sudut ruangan menjadi ruang kantor adalah ide yang sangat bagus. Ruang kerja di rumah bisa memberi Anda waktu dan fasilitas untuk menyelesaikan banyak pekerjaan. Tetapi, ada beberapa kriteria yang harus diperhatikan saat merancang home office tersebut. Bagaimana rancangannya bisa sangat nyaman sekaligus menyenangkan agar tidak saja menarik secara visual, tetapi ia juga bisa mendukung produktivitas Anda sebagai seorang pebisnis atau businessperson.

Berikut adalah 8 langkah atau 8 hal yang mesti Anda perhatikan saat mendesain ruang kantor di dalam rumah agar memiliki penampilan dan fungsi yang sempurna.

Posisi yang strategis

Ketika menentukan letak atau lokasi untuk home office, pertimbangkanlah faktor kebisingan. Misal, jika ruangan home office Anda tempatkan di dekat jendela dekat jalan, ini tentu tidak akan melahirkan kenyamanan. Polusi suara yang datang dari luar bisa sangat menggangu.

Atau memosisikan ruangan di dekat area dapur, kamar mandi atau ruang keluarga, ini juga akan menimbulkan sedikit kebingungan karena area tersebut tentu merupakan area utama di mana penghuni yang lain juga beraktivitas.

jasa desain interior; desain home office

Posisi terbaik adalah dengan mencari sudut ruangan tidak terpakai yang sekaligus jarang dilalui orang-orang. Selain bisa memberi Anda cukup ruang untuk dapat fokus dan konsentrasi, area ini tentu memberi privasi yang cukup apalagi di saat-saat Anda benar-benar mebutuhkan percepatan saat diburu dateline.

Furnitur minimalis

Justin Klosky, CEO dan salah satu pendiri O.C.D (Organize & Create Discipline) mengatakan, “konsep dan tren selalu berkembang setiap saat, tetapi tren favorit saya selamanya adalah desain yang estetik dan minimalis”. Menjaga ruang meja tetap bersih dengan sentuhan pribadi yang tidak terlalu berlebihan membuat perbedaan dalam produktivitas dan menjaga pikiran agar tetap fresh.

Bahkan Mariko Baerg seorang makelar di Bridgewell Real Estate Group Vancouver, mengatakan dia melihat kecenderungan dalam tren minimalis di zaman sekarang ini. “salah satu yang membuat ruangan terkesan minimalis adalah dengan menempatkan beberapa barang esensial di dalamnya, seperti laptop, printer, meja, kursi dan lemari.”

Untuk itu penting bagi setiap pemilik rumah menata setiap furnitur sesuai dengan kebutuhan. Dengan begitu kesan rapi, modern dan nyaman akan dirasakan saat bekerja di rumah.

jasa desain interior; desain home office

Meminimalisir kabel atau menyembunyikannya

desain home office

Home Office Electrical Wiring. ~ via Keating Electric

Printer atau pemindai nirkabel adalah salah satu cara terbaik untuk tetap menjaga bentangan kabel terlihat berantakan. Klosky merekomendasikan agar menggunakan perangkat ramah lingkungan atau laptop two-in-one yang dipasangkan dengan keyboard nirkabel.

Namun jika tidak memiliki peralatan nirkabel, Klosky merekomendasikan untuk menyembunyikannya agar tidak terlihat, “Penggunaan PVC, Velcro yang diikat dengan zip dibawah meja akan membuat semua kabel tidak terlihat dan tampak rapi.”

Hindari menumpuk banyak kertas

Apakah anda benar-benar perlu menumpuk semua kertas dan dokumen? Pekerjaan yang mengharuskan bergelut dengan dokumen dan kertas setiap hari membuat ruangan bisa terasa sesak dan terlihat tidak rapi. Oleh sebab itu alangkah lebih baik apabila selalu menyempatkan waktu untuk mem-filter setiap dokumen yang sekiranya sudah tidak lagi terpakai.

Digitalisasi juga memungkinkan banyak orang untuk lebih sering mengakses setiap pekerjaan secara daring atau online. Memindai dan membakar setiap kertas yang sudah tidak diperlukan dapat mencegah daur ulang kertas yang membahayakan bumi.

Go green

Bekerja di rumah terkadang lebih baik daripada berada di dalam sebuah kantor yang pengap. Menyimpan tanaman hijau di dalam ruangan atau di atas meja bisa sangat membantu membawa suasana alam terbuka ke dalam ruangan. Tanaman bisa membawa suasana yang sejuk dan cocok dengan pilihan warna cat apapun.

home office dengan tanaman

~ via pinterest

Material atau bahan yang digunakan untuk furnitur juga memberi pengaruh besar. Seperti bahan linoleum atau minyak pelapis dari bahan yang ramah lingkungan dibuat khusus untuk keramik atau meja berbahan kayu, Baerg setuju bahwa ini adalah tren yang banyak digunakan home office di zaman sekarang.

Sementara kembali ke soal tanaman, atau aksen dinding hijau, mereka benar-benar bisa menjadi sebuah pemandangan yang menyejukkan saat seharian bekerja di depan layar komputer ataupun ponsel.

Jenis Tanaman Hias dalam Ruangan yang Bisa Membuat Rumah Terasa Lebih Sejuk dan Segar

Biarkan cahaya masuk ke dalam ruangan

Sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang bekerja dalam cahaya alami bisa lebih produktif. Cahaya juga bisa meningkatkan mood, alas dan menghindarkan Anda dari gangguan atau ancaman depresi.

Kurangnya paparan cahaya alami adalah ancaman apa yang disebut oleh para ahli sebagai Seasonal affective disorder (SAD). Ini adalah jenis depresi terkait perubahan musim. Home office yang dirancangan dengan banyak bukaan jendela bisa menjadi solusi terbaik.

Seperti Apa Kriteria Ruang Kantor yang Ideal dan Efektif?

Membaur dengan konsep rumah

Jika kantor dapat terlihat langsung dari ruangan lain di dalam rumah, pertimbangkan bagaimana ruangan tersebut bisa memiliki keselarasan dengan area lain, khususnya yang berdekatan. Pilihan warna harus terlihat saling melengkapi, bukannya bentrok. Tetapi lain hal jika ruangan tersebut tertutup. Menggunakan banyak konsep desain yang berbeda-beda adalah hal yang lumrah dan sah-sah saja untuk dilakukan.

desain home office

Inspirasi dalam setiap detail

Sementara Klosky merekomendasikan konsep yang minimalis, dia juga mengatakan harus ada tempat untuk barang-barang pribadi. Terkadang menaruh barang favorit dapat memberikan inspirasi dan mengarah pada karya terbaik.

Misalnya, jika Anda adalah seorang seniman maka tampilkanlah beberapa hasil karya seni Anda di dalam ruang bekerja Anda. Atau apabila dia adalah seorang akuntan tetapi hobi bepergian ke tempat-tempat yang eksotis, pajanglah berbagai cinderamata yang di dalam ruangan. Itu semua dapat memberikan inspirasi untuk tetap bekerja dengan keras dan melahirkan hasil pekerjaan yang sempurna.

Jadi, sudah siapkah memiliki konsep desain home office sempurna di rumah Anda?

Butuh bantuan desain dan dekorasi interior? Bekerja dan berkomunikasi langsung dengan desainer-desainer terbaik?

Tags: , , , , , , ,

Ami Nurbaiti

By Ami Nurbaiti

She enjoys writing about many different and interesting topics and now she currently works as a content writer.

Artikel lainnya




Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram