fbpx
Hi, Guest
Login  |  Register

Jenis Tanaman Hias dalam Ruangan yang Bisa Membuat Rumah Terasa Lebih Sejuk dan Segar

jenis tanaman hias dalam ruangan

Beberapa jenis tanaman hias dalam ruangan terbukti tidak saja bermanfaat. Dengan tampilannya yang indah, ini menjadi tanaman ornamental yang memenuhi standar estetika interior.

Estimated reading time: 3 minutes

Interiordesign.id – Di Indonesia, sebagai Negara tropis, gaya arsitektur dan juga gagasan desain interiornya sangat dipengaruhi oleh iklimnya. Terutama dalam soal bagaimana membuat dan menjadikan rumah terasa sejuk dan menyegarkan sepanjang hari.

AC vs Tanaman

Ketika Anda sangat tergoda untuk memasang dan menggunakan AC di dalam rumah, untuk menjaga kelembaban dan kesejukan, sebenarnya terdapat cara yang jauh lebih mudah dan bahkan lebih murah untuk mendapatkannya. Menambahkan sejumlah tanaman hias atau tanaman dekoratif adalah cara paling efektif untuk menjaga suhu dan temperatur ruangan tetap menyegarkan.

Tanaman indoor, atau biasa disebut juga sebagai tanaman hias, tanaman dekoratif, tanaman ornamental, merupakan cara alami menjaga rumah tetap sejuk dan segar.

Meski hanya memiliki dua musim saja sepanjang tahun, mengisi rumah dengan pendinginan alami menggunakan tanaman akan membantu Anda menurunkan temperatur atau suhu udara ambien.

Estetika Interior

Tidak hanya itu, selain fungsi utamanya sebagai pendingin alami dan pembersih udara, tanaman juga menjadi tambahan estetika interior. Bahkan, lebih jauh dari itu, Anda berkontribusi langsung terhadap pelestarian lingkungan dengan tetap menjaga lingkungan rumah terasa sejuk dari penggunaan sumber energi alami.

3 Jenis Tanaman Hias dalam Ruangan

Berikut adalah 3 jenis tanaman hias dalam ruangan terbaik untuk menjaga rumah tetap sejuk dan segar.

Melansir swirlster.ndtv, Anda dapat memertimbangkan untuk menggunakan salah satunya atau bahkan ketiganya sekaligus di dalam setiap ruangan di rumah Anda.

1. Aloe Vera

Selain fakta bahwa lidah buaya dapat bekerja seperti sihir pada kulit Anda berkat sifat penyembuhannya yang luar biasa, tanaman ini juga efektif dalam mendinginkan suhu udara di sekitarnya.

Sebuah penelitian menemukan bahwa tanaman lidah buaya bermanfaat dalam menghilangkan formaldehida, polutan utama dalam ruangan.

Jenis tanaman hias dalam ruangan
Aloe vera atau Lidah buaya. ~ via indiamart

2. Spider Plant

Tanaman ini tidak hanya mendinginkan udara, tetapi seperti lidah buaya, sangat baik untuk membersihkan formaldehida dari udara.

Chlorophytum, atau tanaman Spider, dikenal karena kemampuannya menyerap karbon monoksida. Karbon monoksida adalah gas yang tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak berasa yang sangat beracun bagi manusia ketika ditemui dalam konsentrasi di atas 35 ppm.

Jenis tanaman hias dalam ruangan
Spider palnt. ~ via 24 spaces

Baca juga: 6 Jenis Tanaman yang Cocok untuk Kamar Mandi

3. Areca Palm

Pohon palem Areca adalah salah satu tanaman ruang tamu yang paling populer berkat sifat dekoratifnya yang indah.

Sebuah dokumen penelitian NASA menemukan bahwa Areca Palm merupakan salah satu tanaman teratas yang dapat “memurnikan dan meremajakan udara di dalam rumah dan tempat kerja, melindungi kita semua dari efek samping yang terkait dengan racun yang umum seperti formaldehida, amonia, dan juga benzena.”

Jenis tanaman hias dalam ruangan
Areca palm. ~ via pinterest

Nah, itulah 3 jenis tanaman hias dalam ruangan terbaik yang bisa Anda coba di rumah. Tanaman-tanaman ini tidak saja bermanfaat menyehatkan ruangan, tetapi dengan tampilannya yang indah, menjadikannya sebagai tanaman ornamental yang memenuhi standar estetika dalam desain dan dekorasi interior.

InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Related Articles

Siap memulai proyek desain interior?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

2000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Hello interiordesign.id