fbpx
Hello, Guest

Ide Kreatif Menata Taman Rumah Belakang yang Menarik

Ide Kreatif Menata Taman Rumah Belakang yang Menarik

Interiordesign.id – Taman rumah belakang adalah sebuah area yang dihadirkan di belakang rumah dengan tujuan untuk memberikan suasana alami, menyegarkan dan hijau pada lingkungan rumah. 

Taman rumah belakang ini biasanya dihiasi dengan berbagai macam tanaman, bunga, dan fitur air seperti kolam ikan atau air mancur yang menambah keindahan taman. Taman ini berfungsi sebagai area hijau yang mampu memberikan kesejukan dan keindahan pada lingkungan sekitar rumah.

Sejarah taman rumah belakang bermula dari taman-taman istana di Eropa pada abad ke-16 dan 17. Taman ini awalnya hanya dimiliki oleh kalangan bangsawan dan kelas atas. 

Namun, pada abad ke-18 dan 19, taman-taman semacam ini mulai dibuat di rumah-rumah masyarakat kelas menengah. Saat itu, taman belakang dianggap sebagai simbol kemakmuran dan prestise.

Baca Juga : 5 Jenis Pohon Taman Rumah Ini Akan Menambah Keasrian dan Keindahan!

Simak Inspirasi Desain Taman Baca, Bikin Betah dan Nyaman!

Cara Menata 

Taman rumah belakang bisa menjadi area yang menyenangkan untuk dijadikan tempat bersantai atau berkumpul dengan keluarga. Namun, untuk mendapatkan taman yang indah dan nyaman, perlu dilakukan penataan yang tepat. Berikut adalah beberapa cara menata taman belakang pada rumah:

  1. Tentukan Konsep dan Tema Taman
    Tentukan konsep dan tema taman yang ingin diaplikasikan. Apakah ingin taman bergaya Jepang, tropis, minimalis, atau modern. Hal ini akan memudahkan dalam memilih jenis tanaman, dekorasi, dan perabotan taman yang sesuai dengan konsep yang diinginkan.
  1. Pilih Jenis Tanaman
    Tanaman yang dipilih sebaiknya sesuai dengan kondisi iklim dan tanah di daerah tempat tinggal. Selain itu, pilihlah tanaman yang memiliki ukuran dan warna yang berbeda untuk memberikan variasi pada taman.
  1. Pilih Dekorasi Taman
    Dekorasi taman bisa menjadi tambahan untuk memberikan kesan yang lebih indah pada taman. Pilihlah dekorasi yang sesuai dengan konsep taman seperti patung, batu hias, atau air mancur.
  1. Letakan Perabotan Taman yang Tepat
    Perabotan taman seperti kursi, meja, atau payung bisa menjadi tambahan untuk memberikan kenyamanan pada taman. Letakkan perabotan tersebut dengan tepat sesuai dengan konsep taman dan letak tanaman.
  1. Berikan Pencahayaan yang Cukup
    Pencahayaan bisa menjadi tambahan pada taman untuk memberikan kesan yang lebih dramatis saat malam hari. Berikan pencahayaan pada area yang ingin ditekankan seperti patung atau air mancur.
  1. Pertimbangkan Penggunaan Lahan yang Tepat
    Sebelum menata taman, pertimbangkan penggunaan lahan yang tepat. Pastikan lahan yang digunakan sudah rata dan tidak berbahaya untuk digunakan. Selain itu, pertimbangkan juga akses ke taman dari dalam rumah.
  1. Perhatikan Keamanan Privasi
    Terakhir, perhatikan keamanan dan privasi pada taman. Jangan lupa untuk memasang pagar atau dinding yang cukup tinggi agar taman terlindungi dari pencuri atau gangguan dari luar.

Cara Merawat

Merawat taman rumah belakang adalah hal yang penting untuk menjaga keindahan dan kenyamanan taman. Berikut adalah beberapa cara merawatnya:

  1. Menyiram Tanaman Secara Teratur
    Menyiram tanaman secara teratur sangat penting untuk menjaga kelembaban tanah dan kesehatan tanaman. Pastikan untuk menyiram tanaman pada pagi atau sore hari untuk menghindari terik matahari yang berlebihan.
  1. Memberi Pupuk Secara Rutin
    Memberi pupuk secara rutin akan memberikan nutrisi yang cukup bagi tanaman untuk tumbuh dan berkembang dengan baik. Pilihlah pupuk yang sesuai dengan jenis tanaman dan iklim di daerah tempat tinggal.
  1. Memangkas Tanaman Secara Berkala
    Memangkas tanaman secara berkala akan membantu tanaman untuk tumbuh lebih sehat dan kuat. Pemangkasan juga akan membentuk tanaman agar terlihat lebih rapi dan indah.
  1. Menjaga Kebersihan Taman
    Menjaga kebersihan taman sangat penting untuk menjaga kesehatan tanaman dan kenyamanan area taman. Bersihkan daun-daun yang gugur atau sampah-sampah yang tercecer di area taman.
  1. Memeriksa Keadaan Tanah
    Memeriksa keadaan tanah secara berkala akan membantu untuk mengetahui kondisi tanah dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman. Pastikan untuk menambahkan pupuk atau nutrisi tambahan jika tanah kurang subur.
  1. Mengatasi hama dan penyakit pada tanaman
    Hama dan penyakit pada tanaman dapat mengganggu kesehatan dan pertumbuhan tanaman. Lakukan tindakan yang tepat jika tanaman terinfeksi hama atau penyakit, seperti memberikan pestisida organik atau memotong bagian tanaman yang terinfeksi.
  1. Memperhatikan kondisi cuaca
    Kondisi cuaca dapat mempengaruhi kesehatan dan pertumbuhan tanaman. Pastikan untuk melindungi tanaman dari terik matahari yang berlebihan atau hujan yang terlalu deras.

Kelebihan dan Kekurangan

Setiap hal pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, termasuk memiliki taman rumah belakang. Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki taman belakang:

Kelebihan

  1. Dapat meningkatkan nilai estetika rumah dan memberikan suasana yang lebih alami dan segar.
  2. Dapat memberikan udara segar dan sehat karena tanaman yang tumbuh di dalamnya dapat memperbaiki kualitas udara.
  3. Dapat menjadi tempat yang ideal untuk bersantai dan melepas kepenatan setelah aktivitas sehari-hari.
  4. Dapat menjadi tempat bermain yang aman dan sehat bagi anak-anak.
  5. Dapat dimanfaatkan untuk menanam sayuran dan buah-buahan segar, sehingga dapat menghemat pengeluaran untuk membeli sayuran dan buah-buahan di pasaran.

Kekurangan

  1. Membutuhkan waktu dan biaya untuk perawatan, seperti menyiram, memangkas, dan membersihkan taman secara rutin.
  2. Dapat membatasi ruang gerak di halaman belakang, terutama jika taman terlalu besar atau ditanami dengan tanaman yang tinggi.
  3. Dapat menarik serangga dan hama, seperti nyamuk, lalat, dan semut, yang dapat mengganggu kenyamanan saat berada di taman.
  4. Membuat taman membutuhkan perencanaan yang matang, seperti pemilihan tanaman yang tepat dan pengaturan tata letak taman, agar taman dapat memberikan nilai estetika yang optimal.
  5. Membuat tama di beberapa daerah dapat memerlukan perizinan tertentu, seperti izin bangunan atau izin lingkungan, sehingga perlu memperhatikan peraturan yang berlaku di daerah setempat.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa memiliki taman di belakang rumah dapat memberikan banyak manfaat, seperti meningkatkan nilai estetika rumah, memberikan udara segar, menyediakan area untuk bersantai dan bermain, serta menjadi tempat untuk menanam sayuran dan buah-buahan. 

Namun, memiliki taman di belakang rumah juga memiliki beberapa kekurangan. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk membuat taman rumah belakang, kita perlu mempertimbangkan dengan matang apakah taman cocok untuk kebutuhan dan keinginan kita, serta memperhatikan kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya. 

Dalam menata taman rumah belakang, kita perlu memperhatikan beberapa hal. Dengan menjaga taman rumah belakang dengan baik, kita dapat memperoleh manfaat maksimal dari memiliki taman rumah belakang, serta memberikan suasana yang alami dan segar di sekitar rumah.

Temukan solusi terbaik di Interiordesign.id untuk tampilan taman rumah yang menawan. Hubungi segera disini!

Baca selanjutnya

InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Saatnya Mendesain Ulang Rumah Anda

Mau dekorasi, atau renovasi rumah?

Interiordesign.id adalah perusahaan desain interior online terkemuka yang dipercaya oleh ribuan pemilik rumah untuk menjadikan hunian mereka lebih baik. Desainer-desainer kami spesialis dalam berbagai gaya desain. Anda akan bekerja secara langsung bersama mereka saat proses desain. Online, terjangkau, dan profesional.

Ketika desain selesai, kami juga menangani proses renovasi. Tim renovasi dan produksi internal kami, dengan manajemen proyek berpengalaman, akan memastikan proyek renovasi ditangani secara profesional. Jangan khawatir, untuk pembiayaan, kami tidak mahal.

Info lebih lanjut, kontak CS

Artikel Terkait

Berapa estimasi biaya renovasi Anda?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

4000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan biaya interior rumah Anda dengan menjawab beberapa pertanyaan sederhana.
Estimasikan sekarang!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan sekarang!
Let's share!
Hello interiordesign.id