Inspirasi Dekorasi Rumah: Transformasi Furnitur Murah Jadi Mewah

Posted by Nita Hidayati Inayah  •  Wednesday, October 4 2017

Mengubah furnitur lama dan tak terpakai menjadi memiliki tampilan baru, adalah salah satu cara paling mudah dan murah dan menjadi bagian dari inspirasi dekorasi rumah yang bisa Anda lakukan sendiri.

Interiordesign.id – Inspirasi dekorasi rumah bisa datang dari mana saja. Seperti misalnya mentransformasi furnitur lama Anda, furnitur murah menjadi terlihat lebih mewah. Yang diperlukan hanyalah sedikit kreativitas dan imajinasi untuk memanfaatkan perabotan existing di rumah Anda, lalu mengubahnya dengan memberi sedikit sentuhan atau hanya dengan mengganti kain atau fabric, atau mengecat ulang dan memfinishingnya layaknya furnitur-furnitur mahal dari merk ternama.

Bentuk furnitur lama memang seperti menggangu pemandangan. Visual ruangan dengan perabotan lama akan tampak suram dan pastinya membosankan. Meski begitu, bukan berarti Anda tidak dapat lagi menggunakannya. Menyulap furnitur usang, furnitur bekas adalah salah satu trik dekorasi rumah yang sangat mudah, selain tentunya murah.

Sebelum memutuskan untuk membuang dan mengganti furnitur Anda saat ini, ada baiknya Anda mencermati kondisinya terlebih dahulu. Siapa tahu kerusakannya tidak terlalu parah dan Anda dapat mengubahnya menjadi furnitur dengan tampilan baru yang mewah.

Ada banyak cara dan ide kreatif yang dapat Anda jadikan inspirasi dalam menyulap tampilan furnitur Anda menjadi terlihat mewah. Selain transformasi, Anda bahkan dapat juga mengalihfungsikan furnitur biasa atau usang menjadi furnitur dengan fungsi lain yang baru.

Inspirasi Dekorasi Rumah #1: Transformasi Furnitur dengan Warna Baru

Langkah paling mudah untuk menyulap furnitur lama Anda agar nampak mewah adalah dengan mewarnai kembali furnitur tersebut. Gunakan warna terang untuk tampilan furnitur baru Anda. Furnitur dengan rangka besi akan memiliki tampilan yang lebih segar dan menarik jika Anda kembali mengecatnya. Tidak hanya untuk mempercantik tampilan, cat juga berfungsi sebagai pelindung besi dari karat.

Jika Anda ingin mendapatkan kesan mewah, Anda dapat mewarnai beberapa bagian furnitur Anda menggunakan warna emas. Meja kopi berangka besi bisa Anda lapisi dengan cat berwarna emas, namun jangan keseluruhannya. Biarkan permukaan meja nampak ringan dengan kaca bening. Dengan cara ini Anda akan mendapatkan tampilan furnitur yang mewah dengan bajet yang terbilang murah.

Inspirasi Dekorasi Rumah #2: Transformasi Furnitur pada Bagian Kaki

Jika furnitur Anda memiliki kaki yang pendek, menggantinya dengan ukuran yang lebih panjang akan memberikan tampilan baru. Kaki furnitur yang ramping dan jenjang dapat membuat meja kopi Anda terlihat lebih menarik.

Anda juga dapat mengubah bagian bawah sofa dengan tambahan kaki agar nampak terangkat. Hal ini mampu mengubah tampilan keseluruhan sofa tersebut.

Inspirasi Dekorasi Rumah #3: Transformasi Furnitur dengan Perbaikan

Ganti paku dan engsel furnitur yang rusak dan berkarat. Gunakan compound untuk menambal retak atau lubang pada furnitur kayu. Jika terdapat kerusakan oleh rayap, semprot dan lapisi dengan cairan anti rayap untuk mencegah kerusakan yang semakin parah.

inpirasi dekorasi rumah

via pinterest

Jika laminate pada furnitur sering terkena air dan kondisinya lembab, maka akan mudah terkelupas dan lepas. Masalah ini kerap terjadi pada ujung atau sudut furnitur. Perbaiki dengan lem kayu untuk merekatkan kembali bagian terkelupas. Oleskan lem dengan merata pada bagian belakang laminate. Tekan dengan keras sehingga merekat dengan sempurna.

Inspirasi Dekorasi Rumah #4: Transformasi Furnitur dengan Mengganti Handle

Handle yang sudah rusak akan membuat furnitur tidak enak dipandang dan tidak nyaman digunakan. Saatnya mengganti handle yang rusak tersebut. Sesuaikan pilihan bentuk dan warna handle dengan kabinet Anda.

inspirasi dekorasi rumah

via curbly

Dapatkan tampilan yang berbeda pada furnitur lama Anda dengan sedikit sentuhan dan perbaikan yang mudah dan murah. Eksplorasikan sesuai dengan suasana ruang dan gaya desain yang Anda gunakan.

Furnitur murah pun jauh dari kata murahan. Semakin terlihat mewah dengan sedikit sentuhan perbaikan.

Ada pertanyaan seputar desain interior?

Tags: , , , , ,

Nita Hidayati Inayah

By Nita Hidayati Inayah

Content writer, menyukai gaya skandinavia

Artikel lainnya

Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram

preloader
... ... ...