fbpx
Hello, Guest

Jenis-Jenis Kain Gorden Jendela yang Sering Jadi Pilihan Banyak Orang

Posted by Fadhil Rahman Wednesday, May 10 2023

Interiordesign.id – Kain gorden jendela adalah salah satu elemen penting dalam dekorasi rumah. Selain berfungsi sebagai penutup jendela, gorden jendela juga dapat memberikan sentuhan estetika dan keindahan pada ruangan. Kain gorden jendela tersedia dalam berbagai jenis dan motif yang dapat disesuaikan dengan tema interior rumah.

Berbagai Jenis Kain Gorden Jendela yang Populer Digunakan Sebagai Dekorasi Ruangan

Gorden jendela bukan hanya sebagai pelindung dari sinar matahari atau untuk menjaga privasi di dalam rumah. Namun, juga sebagai bagian dari dekorasi interior rumah. Salah satu hal penting dalam dekorasi interior rumah adalah memilih jenis kain gorden jendela yang tepat.

Baca Juga :

Pilihan Jenis Kain Gorden Jendela

Sebelum memilih jenis kain gorden jendela yang tepat, perlu dipertimbangkan beberapa faktor seperti fungsi ruangan, kebutuhan privasi, serta sifat-sifat dari masing-masing jenis kain gorden jendela. Berikut adalah beberapa jenis kain gorden jendela yang populer digunakan sebagai dekorasi ruangan:

#1 Kain Voile

Pinterest

Kain voile merupakan jenis kain yang tipis dan transparan, sering digunakan sebagai dekorasi gorden jendela. Memiliki sifat yang ringan dan lentur sehingga mudah dibentuk sesuai dengan bentuk jendela. 

Biasanya kain ini digunakan sebagai lapisan dalam gorden jendela, sehingga dapat menyaring cahaya matahari dan memberikan sentuhan lembut pada ruangan. Kain voile juga tersedia dalam berbagai warna dan motif yang bisa disesuaikan dengan tema interior rumah.

#2 Kain Katun

Kain katun adalah jenis kain yang paling umum digunakan untuk gorden jendela. Memiliki kelembutan dan ketebalan yang pas sehingga mudah dibentuk dan ditenun sesuai dengan keinginan. 

Kain katun biasanya digunakan sebagai kain dasar atau lapisan dalam gorden jendela, karena memiliki daya serap yang baik dan mudah dicuci.

#3 Kain Sutra

Kain sutra adalah jenis kain mewah yang sering digunakan sebagai dekorasi pada gorden jendela. Sifatnya yang tipis dan halus, serta kelembutan yang pas membuatnya mudah dibentuk sesuai dengan bentuk jendela. 

Kain sutra juga memberikan kesan elegan dan mewah pada ruangan. Namun, kain sutra memiliki harga yang relatif mahal dan perlu perawatan khusus.

#4 Kain Linen

Kain Gorden Jendela

Kain linen adalah jenis kain yang terbuat dari serat linen atau flax. Memiliki sifat yang lembut dan ringan sehingga mudah dibentuk sesuai dengan bentuk jendela. Kain linen juga memberikan kesan yang alami dan tenang pada ruangan. 

Namun, kain linen memiliki ketahanan yang rendah terhadap noda dan kerutan sehingga perlu perawatan yang lebih hati-hati.

#5 Kain Polyester

Kain Gorden Jendela

Kain polyester adalah jenis kain sintetis yang sering digunakan sebagai bahan untuk gorden jendela. Memiliki sifat yang tahan lama, tidak mudah rusak, dan tidak mudah kusut. 

Kain polyester juga mudah dicuci dan memiliki berbagai warna dan motif yang beragam sehingga dapat disesuaikan dengan tema interior rumah. 

Namun, kain poliester memiliki kekurangan dalam hal sirkulasi udara yang kurang baik sehingga kurang cocok untuk ruangan yang membutuhkan ventilasi yang cukup.

#6 Kain Jacquard

Kain jacquard adalah jenis kain yang dihasilkan dengan teknik tenunan yang rumit dan memiliki pola yang berbeda-beda. Sering digunakan sebagai dekorasi pada gorden jendela karena memberikan kesan yang mewah dan elegan pada ruangan. 

Kain jacquard tersedia dalam berbagai warna dan motif yang bervariasi sehingga dapat disesuaikan dengan tema interior rumah.

#7 Kain Organza

Kain Gorden Jendela

Kain organza adalah jenis kain yang tipis dan transparan, sering digunakan sebagai lapisan dalam gorden jendela. Memiliki sifat yang ringan dan mudah dibentuk sehingga cocok digunakan untuk membuat gorden jendela dengan bentuk yang rumit dan unik. 

Kain organza juga memberikan kesan yang lembut dan elegan pada ruangan.

#8 Kain Velvet

Kain Gorden Jendela

Kain velvet adalah jenis kain yang memiliki permukaan yang halus dan lembut seperti beludru. Sering digunakan sebagai dekorasi pada gorden jendela karena memberikan kesan yang mewah dan elegan pada ruangan. 

Kain velvet tersedia dalam berbagai warna dan motif yang bervariasi sehingga dapat disesuaikan dengan tema interior rumah.

#9 Kain Transparan

Kain Gorden Jendela

Kain transparan adalah jenis kain yang sangat tipis dan transparan, sering digunakan sebagai lapisan dalam gorden jendela. Memiliki sifat yang ringan dan mudah dibentuk sehingga cocok digunakan untuk membuat gorden jendela dengan bentuk yang rumit dan unik. 

Kain transparan juga memberikan kesan yang lembut dan elegan pada ruangan.

Terkait :

Kesimpulan

Demikianlah beberapa jenis kain gorden jendela yang populer digunakan sebagai dekorasi ruangan. Dalam memilih jenis kain gorden jendela yang tepat, perlu dipertimbangkan faktor-faktor seperti tema interior rumah, fungsi ruangan, dan kebutuhan privasi. 

Selain itu, perlu juga memperhatikan sifat-sifat dan perawatan yang dibutuhkan oleh setiap jenis kain gorden jendela. Dengan memilih jenis kain gorden jendela yang tepat, maka akan memberikan sentuhan dekorasi yang sempurna pada ruangan Anda.

InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Saatnya Mendesain Ulang Rumah Anda

Mau dekorasi, atau renovasi rumah?

Interiordesign.id adalah perusahaan desain interior online terkemuka yang dipercaya oleh ribuan pemilik rumah untuk menjadikan hunian mereka lebih baik. Desainer-desainer kami spesialis dalam berbagai gaya desain. Anda akan bekerja secara langsung bersama mereka saat proses desain. Online, terjangkau, dan profesional.

Ketika desain selesai, kami juga menangani proses renovasi. Tim renovasi dan produksi internal kami, dengan manajemen proyek berpengalaman, akan memastikan proyek renovasi ditangani secara profesional. Jangan khawatir, untuk pembiayaan, kami tidak mahal.

Info lebih lanjut, kontak CS

Artikel Terkait
desain kamar tidur modern kontemporer
Wednesday, September 22 2021
Posted by Krisnadila Aprianti Gunawan

Berapa estimasi biaya renovasi Anda?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

4000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan biaya interior rumah Anda dengan menjawab beberapa pertanyaan sederhana.
Estimasikan sekarang!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan sekarang!
Let's share!
Hello interiordesign.id