pencahayaan kamar tidur bayi

Kamar Tidur Bayi; Hal-hal Apa Saja yang Penting untuk diperhatikan?

Posted by Ami Nurbaiti  •  1 week ago

Interiordesign.id – Ada banyak yang perlu dipersiapkan untuk menyambut kelahiran bayi. Mulai dari pakaian, perlengkapan mandi, hingga desain kamar tidurnya. Sangatlah penting merancang kamar tidur bayi agar aman dan nyaman. Dan bukan persoalan mudah saat melakukannya.

Merancang kamar tidur bayi sebenarnya tidaklah sesulit yang dibayangkan, karean pada dasarnya desain kamar bayi sama saja dengan desain kamar tidur anak pada umumnya.

Saat mendekorasi kamar tidur anak atau kamar tidur bayi banyak hal penting yang harus diperhatikan. Seperti penentuan letak ruangan, soal faktor keamanan dan kenyamanan, hingga bagaimana menjaga temperatur atau suhu ruangan tetap ideal dan baik untuk bayi.

Mengutip hellosehat.com, sangatlah penting untuk menjaga suhu ruang untuk bayi, terutama kamar tidurnya. Hal ini dilakukan bukan hanya untuk memberi kenyamanan pada bayi, tetapi juga untuk mencegah bayi dari hal-hal yang tidak diinginkan. Suhu ruang yang terlalu panas dapat meningkatkan risiko bayi mengalami sindrom kematian mendadak atau sudden infant death syndrome/SIDS.

Temperatur atau suhu ruangan yang paling baik untuk bayi adalah yang tidak terlalu panas juga tidak terlalu dingin. Menjaga suhu kamar antara 18oC sampai 22oC adalah yang paling ideal. Memasang AC di kamar tidur bayi untuk mengatur suhu dan temperatur bisa menjadi salah satu solusi bagi para orang tua.

Selain suhu dan atau temperatur, masih banyak hal penting lainnya yang perlu untuk kita para orang tua perhatikan. Beberapa hal berikut adalah faktor-faktor paling menentukan saat menyiapkan kamar bayi agar nyaman dan juga aman.

Box Bayi atau Tempat Tidur Bayi

Jika keamanan menjadi perhatian utama, box bayi adalah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Box bayi memiliki kelebihan yaitu bayi dapat tidur dengan aman. Tempat tidur bayi ini juga biasanya terbuat dari material yang sengaja dirancang sangat lembut dan juga ringan.

kamar tidur bayi

Desain tempat tidur bayi. ~via thehollandbureau

Karpet

Anak-anak khususnya bayi sangat sensitif terhadap suara di sekitarnya. Apapun caranya, kebisingan harus dupayakan seminimal mungkin di kamar tidur anak. Karpet bisa menjadi solusi untuk meredam kebisingan dari area lantai.

karpet kamar tidur bayi

~ via decoist

Dan tidak hanya digunakan sebagai dekorasi dan pemanis pada bagian lantainya saja, meletakkan karpet di kamar bayi adalah juga merancang area yang steril untuk keamanan dan kenyamanan mereka.

Desain Kamar Tidur Anak Minimalis; Kamar Tidur Sederhana yang Memberi Kebahagiaan

Wallpaper dan Warna cat

Banyak sekali motif dan tema dekorasi kamar bayi yang bisa digunakan. Salah satu yang paling banyak dipilih adalah motif safari atau alam.

Pilihan warna cat putih plus wallpaper motif bisa memunculkan kesan kamar yang segar dan rapi. Tema dekorasi ini juga sangat cocok bagi bayi perempuan maupun laki-laki.

Desain Kamar Tidur Anak Minimalis; Kamar Tidur Sederhana yang Memberi Kebahagiaan

Pencahayaan

Pencahayaan kamar tidur bayi menjadi salah satu hal penting lain yang harus benar-benar diperhatikan. Lampu atau pencahayaan di kamar bayi harus hangat dan tidak terlalu redup. Ini sangat penting agar bisa mengatur pola tidur yang baik untuk si kecil.

Mengutip motherandbaby.co.id, Dr. Rouli Nababan, Sp.A dari KiddieCare mengatakan tidur memiliki sifat restoratif yang terkait dengan pemeliharaan daya tahan tubuh dan pertumbuhan fisik, menghilangkan kelelahan, serta memperbaiki fokus dan konsentrasi. Karena bayi berada di dalam rahim selama 9 bulan, sehingga cahaya terlalu terang akan membuatnya tidak nyaman. Jadi lebih baik cahaya di ruangan bayi lebih redup atau remang-remang.

pencahayaan kamar tidur bayi

~ via Firefly Kids Lighting

Contoh Desain Kamar Tidur Anak Laki-laki yang Fungsional dan Gaya

Changing Station Baby

Perabotan yang satu ini memiliki banyak fungsi yang layak dijadikan pertimbangan wajib orang tua saat mendekorasi kamar bayi. Furnitur khusus untuk mengganti pakaian bayi ini bisa mempermudah saat menyiapkan bayi saat berganti pakaian. Selain itu, ia juga bisa sebagai alternatif storage ekstra.

Jenis furnitur dekoratif kamar bayi juga harus terbuat dari bahan yang kokoh dan dilengkapi dengan rak-rak yang mudah diakses setiap saat. Rak-rak terebut bisa digunakan untuk diisi perlengkapan mandi, dari minyak telon, bedak, hingga popok.

5 Desain Kamar Tidur Terbaik untuk Anak-anak

Itulah beberapa hal penting yang harus menjadi perhatian para orang tua saat mendekorasi kamar bayi. Intinya, saat melakukannya, faktor keamanan dan kenyamanan haruslah menjadi perhatian dan pertimbangan utama.

Butuh bantuan desain dan dekorasi interior? Bekerja dan berkomunikasi langsung dengan desainer-desainer terbaik?

Tags: , , , , , , ,

Ami Nurbaiti

By Ami Nurbaiti

Ami was born in Bandung 16th April 1994. She graduated from State Islamic University BAndung in 2018 majored in English Education Department. She really loves to read about anything from manga, novel, fiction, poets and etc. After graduated, she enjoys writing about many different and interesting topics and now she currently works as a content writer

Artikel lainnya

Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram

preloader