fbpx
Hi, Guest
Login  |  Register

5 Rekomendasi Tempat Tidur Bayi yang Aman dan Nyaman

InteriorDesign.ID – Tempat tidur bayi adalah tempat tidur yang dirancang untuk menjaga bayi tetap ama, nyaman dan terlelap. Tempat tidur bayi perlu digunakan karena ketika si kecil tidur bersama orang tua, akan rentan terkena risiko tertindih, terjatuh, mengalami gangguan pernafasan, dan sindrom kematian mendadak. 

Faktor-faktor yang membuat si kecil membutuhkan tempat tidur bayi adalah karena bayi masih berusia di bawah 4 bulan, bayi terlahir prematur, hingga berat badan bayi yang rendah. Faktor lainnya adalah karena orang tua menjalani terapi obat dan terdapat bantal besar atau selimut di tempat tidur bersama orang tua.

Sebelum memahami bagaimana model tempat tidur bayi yang cocok untuk kebutuhan si kecil, maka Anda perlu mengetahui cara memilih model tempat tidur bayi seperti di bawah ini:

Cara Memilih Model Tempat Tidur Bayi 

1. Ukuran Box Bayi dan Matras

Ukuran panjang ideal dan minimal untuk box bayi adalah 100 cm, dengan lebar 65 cm. Tinggi tempat tidur juga setidaknya harus berukuran 40 cm dari permukaan lantai.

Selain itu, matras pada box bayi juga perlu diperhatikan. Jika ukuran matrasnya benar-benar pas, maka dapat dikatakan telah memenuhi standar keselamatan. 

2. Jarak Antar Bilah

Pastikan jarak antar tiap bilah di box bayi tidak lebih dari 6 cm. Jika terlalu renggang, kepala bayi rentan  terselip dan malah bisa membahayakan.

3. Pilih yang Kokoh dan Sesuaikan dengan Kebutuhan

Pilihlah box bayi dengan sekrup dan baut yang terpasang dengan rapat. Ujungnya juga lebih baik tidak boleh menonjol dan kasar sehingga permukaannya rata serta halus.

Ada berbagai macam pilihan tempat tidur bayi, seperti menjadi playpen atau mudah dilipat. Namun, hal ini juga dapat menyesuaikan dengan kebutuhan dan budget

4. Tidak Perlu Aksesori Tambahan

Anda tidak perlu menambahkan terlalu banyak aksesori, seperti boneka, selimut, atau bulu-bulu. Aksesori tersebut justru dapat membuat bayi tertindih hingga sulit bernafas.

Rekomendasi Tempat Tidur Bayi

Setelah memahami bagaimana cara memilih model tempat tidur bayi, berikut rekomendasi tempat tidur bayi yang bisa jadi pilihan Anda:

1. Box Bayi Ikea

Box Bayi Ikea 

Rekomendasi tempat tidur bayi pertama adalah brand asal Swedia ini yang merilis box bayi kayu minimalis portabel dan juga bisa dilipat. Hal ini bisa jadi alternatif bagi Anda yang memiliki luas kamar yang terbatas. Tempat tidur bayi IKEA ini merupakan seri SNIGLAR berukuran 60 cm x 120 cm dengan bahan kayu beech

Box yang simple ini ternyata bisa menopang beban hingga 20 kilogram. Harga box bayi IKEA SNIGLAR dipatok mulai dari Rp1.499.000. Anda juga bisa membeli matras busa dan protektor yang dijual terpisah.

2. Box Bayi Joie Commuter Change

Box bayi Joie Commuter Change

Rekomendasi tempat tidur bayi berikutnya adalah box bayi Joie Commuter Change. Box bayi Ini cocok digunakan jika Anda dan keluarga sering berpergian karena bisa dipasang hanya dengan sekali klik. Selain praktis, Anda juga akan mendapatkan tas khusus untuk memudahkan membawa tempat tidur bayi ini saat bepergian.

Ukuran box bayi Joie Commuter Change adalah 106 cm x 70,5 cm x 80 cm. Tempat tidur bayi ini dapat menopang beban hingga 15 kilogram. Box bayi ini juga telah mendapatkan award Best Baby and Toddler Gear pada tahun 2016 karena banyak orang yang telah menggunakannya. Harga box bayi Joie ini mulai dari Rp1.130.000.

3. Box Bayi Pliko Next to Me 828

Box Bayi Pliko Next to Me 828

Kelebihan box bayi Pliko sebagai tempat tidur bayi yang direkomendasikan ini adalah bisa diatur dalam dua ketinggian. Anda bisa menyesuaikan dengan tinggi ranjang orang tua dan juga bisa diikat ke tempat tidur. Fiturnya dilengkapi dengan alat getar, musik, dan lampu serta boneka yang bisa berputar. 

Selain itu, tempat tidur bayi ini juga dilengkapi dengan dua toiletries tray untuk meletakkan perlengkapan bayi. Box berukuran 110 cm x 70 cm ini didesain agar mudah dibawa traveling. 

Anda bisa membawanya pulang dengan menyiapkan budget sekitar Rp1.000.000. Namun, Anda ternyata perlu membeli matrasnya secara terpisah.

4. Box Bayi Nuna Sena Aire

Box Bayi Nuna Sena Aire

Model tempat tidur bayi ini dilengkapi dengan desain sirkulasi udara dari penjuru arah, jadi Anda tidak perlu khawatir bayi kegerahan. Tempat tidur bayi ini telah juga memenuhi sertifikasi AAP, GOTS, dan Greenguard Gold. 

Ukuran box bayi Nuna Sena Aire adalah 73,6 cm x 76 cm x 105 cm. Harga tempat tidur bayi tersebut dibanderol mulai dari harga Rp2.100.000.

 

5. Baby Nest Travel Kuma Kuma

Baby Nest Travel Kuma Kuma

Jika Anda mencari rekomendasi box bayi harga di bawah 500 ribu rupiah, Baby Nest Travel dari Kuma Kuma bisa jadi pilihan. Selain ringan, tempat tidur bayi ini juga bisa dilipat menyerupai tas. Dengan ukuran 90 cm x 65 cm, tempat tidur bayi ini mudah dibawa ke mana pun. 

Meski tidak berbentuk box, tempat tidur bayi ini ternyata memiliki kualitas yang baik. Dengan bahan silikon dakron premium dan katun premium, tempat tidur bayi ini telah mengantongi sertifikasi SNI dan dibanderol dengan harga Rp350.000.

Demikian artikel mengenai rekomendasi tempat tidur bayi. Desain tempat tidur bayi ternyata memiliki berbagai pilihan yang bisa Anda tentukan sesuai kebutuhan si kecil. Temukan tips dan inspirasi interior desain lainnya melalui interiordesign.id.

InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Saatnya Mendesain Ulang Rumah Anda

Mau dekorasi, atau renovasi rumah?

Interiordesign.id adalah perusahaan desain interior online terkemuka yang dipercaya oleh ribuan pemilik rumah untuk menjadikan hunian mereka lebih baik. Desainer-desainer kami spesialis dalam berbagai gaya desain. Anda akan bekerja secara langsung bersama mereka saat proses desain. Online, terjangkau, dan profesional.

Ketika desain selesai, kami juga menangani proses renovasi. Tim renovasi dan produksi internal kami, dengan manajemen proyek berpengalaman, akan memastikan proyek renovasi ditangani secara profesional. Jangan khawatir, untuk pembiayaan, kami tidak mahal.

Info lebih lanjut, kontak CS

Siap memulai proyek desain interior?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

2000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Hello interiordesign.id