fbpx
Hi, Guest
Login  |  Register

Karpet Vinyl vs Ubin Vinyl; Tampilan, Ketahanan, dan Perawatan

karpet vinyl

Karpet Vinyl vs Ubin Vinyl – Selama bertahun-tahun, pelapis lantai berbahan vinyl selalu menjadi pilihan terbaik. Ini berlaku untuk Anda yang menginginkan pelapis dengan harga terjangkau yang dapat mencegah kelembapan. Di samping itu, bahan vinyl juga terkenal karena tahan terhadap jamur.

Secara umum, pelapis lantai berbahan vinyl hadir dalam dua bentuk, yaitu karpet vinyl dan ubin vinyl. Kedua bentuk vinyl ini disebut sebagai bentuk standar dari pelapis lantai vinyl.

Pelapis lantai ini masih memainkan peran penting sebagai material finishing utama lantai rumah. Bahkan, keduanya memiliki banyak kelebihan yang sama. Namun, ada beberapa perbedaan mendasar di antara keduanya, yang menjadikannya bisa cocok untuk digunakan pada kondisi-kondisi tertentu.

Perbedaan Utama Karpet Vinyl dan Ubin Vinyl

Secara komposisi dan performa, kedua pelapis lantai vinyl ini hampir serupa. Keduanya terbuat dari material komposit, yang mana inti plastik PVC serta lapisan fiberglass digunakan di dalamnya. Pelapis lantai ini memiliki material yang relatif tipis.

Karpet vinyl diproduksi dalam ukuran 1,8 m – 3,7 m per gulung. Gulungan ini dapat Anda potong sesuai dengan kebutuhan. Pengaplikasian karpet vinyl pada ruangan memungkinkan lantai terlapisi dengan baik tanpa adanya “jahitan”. Ketidakhadiran jahitan ini dapat mencegah air dan kondisi lembap pada lantai.

Ubin vinyl pada dasarnya merupakan produk yang sama seperti karpet vinyl. Namun, ubin vinyl dipotong-potong dalam bentuk persegi kecil-kecil dan dipasang satu per satu sesuai dengan layout lantai. Ubin ini cenderung mudah untuk dipasang bagi Anda yang senang melakukan pemasangan sendiri, tetapi keberadaan jahitan antar lantai membuat air lebih mudah terserap.

Perbedaan Karpet Vinyl dan Ubin Vinyl

  • Karpet vinyl biasanya dipasang oleh ahli, sedangkan ubin vinyl dapat dipasang oleh Anda sendiri
  • Karpet lebih tahan air dibandingkan ubin
  • Biasanya karpet memiliki harga lebih murah dibandingkan ubin
  • Bentuk karpet biasanya perlu memanfaatkan lem untuk dapat menempel, sedangkan bentuk ubin ada yang diproduksi dengan sistem kupas-tempel
  • Penggantian karpet jauh lebih sulit dibandingkan penggantian ubin

Tampilan yang Dimiliki Kedua Pelapis Lantai Vinyl

Selain karena harganya terjangkau, alasan utama banyak orang memilih pelapis lantai vinyl adalah tampilannya yang beragam. Ada yang terlihat seperti material kayu, batu alam, hingga ubin keramik.

Vinyl dalam bentuk karpet memiliki desain yang lebih beragam, sehingga ia cocok memiliki pola yang tidak berulang. Sedangkan ubin vinyl terlihat lebih menonjol apabila memilika pola bebatuan atau keramik.

Yang jelas, kedua jenis pelapis lantai ini merupakan material sintetis yang ekonomis. Oleh karenanya, sering kali penyerupaan material vinyl dengan material lain tidak benar-benar mirip. Ini membuat vinyl tidak benar-benar dapat meniru material lain dari segi tampilan.

Pelapis Lantai Vinyl dari Segi Ketahanan Terhadap Air dan Panas

Karpet vinyl memiliki kelebihan berupa ketahanannya terhadap kelembapan. Ini membuatnya lebih unggul dibandingkan ubin vinyl. Itulah sebab, pelapis lantai ini cocok untuk dipasang di kamar mandi atau area lembap lainnya. Namun, pastikan ini terpasang dengan baik di setiap sudut ruangan.

Ubin vinyl yang memiliki jahitan antar lantai cenderung lebih rawan terhadap air. Oleh karena itu, untuk ketahanan terhadap lembap, karpet vinyl adalah pemenangnya.

Sayangnya kedua pelapis lantai ini dapat rusak karena panas dari rokok, alat memasak, atau alat pengeriting rambut. Panas tinggi dapat melelehkan permukaannya dan meninggalkan bekas terbakar.

Perawatan Pelapis Lantai Vinyl

Kedua pelapis lantai ini sangat mudah dibersihkan, baik karpet maupun ubin. Tidak ada perawatan khusus yang berbeda untuk dapat menjaga kedua pelapis lantai tetap bersih.

Anda hanya perlu menyapu lantai setiap hari dan mengepelnya sesekali. Pelapis lantai vinyl modern memiliki lapisan atas yang bersinar, sehingga Anda tidak perlu menambahkan pelapis tambahan di bagian atasnya.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai pelapis lantai vinyl berbentuk karpet dan berbentuk ubin. Secara umum, keduanya memiliki kelebihan yang sama. Namun, karpet vinyl jauh lebih unggul dari segi ketahanan terhadap air. Sesuaikan dengan selera dan terutama kebutuhan Anda.

 

 

Jadikan Interior Rumah Lebih Istimewa
...
  • ✅ Proses desain yang mudah, Online kapanpun, di manapun
  • ✅ Desainer-desainer terbaik dan profesional
  • ✅ Harga desain terjangkau, sesuaikan dengan kebutuhan, flat per room
Related Articles

Siap memulai proyek desain interior?

Mau rumah impian sesuai anggaran yang Anda miliki? Sangat mungkin & mudah!

2000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Hello interiordesign.id