fbpx
Hi, Guest
Login  |  Register

3 Tips Memilih Keramik Lantai Dapur Rumah 2022

Posted by Nikho Asruri Wednesday, December 21 2022
Ilustrasi Keramik Lantai Dapur Modern

Interior DesignDapur merupakan salah satu bagian rumah yang tetap harus diperhatikan estetika dan keindahannya. Namun, bagi sebagian besar orang, merancang dapur merupakan hal yang sulit, karena harus memperhatikan beberapa hal. Salah satu bagian yang harus sangat diperhatikan adalah keramik lantai dapur.

Tips Memilih Keramik Lantai Dapur yang Tepat

Pemilihan keramik lantai haruslah tepat, sebab merupakan bagian yang langsung bersentuhan dengan minyak, panas kompor dan berbagai bahan2 makanan lainnya yang rentan mengotori lantai keramik Anda. Oleh karena itu, berikut ini 3 tips memilih lantai keramik yang tepat untuk dapur Anda.

Baca Juga : 7 Inspirasi Motif Keramik Dapur, Tampil Cantik dan Elegan!

1. Pilih Keramik Bertekstur Kesat atau Berpola

Lantai dapur sangat rentan terkena tumpahan minyak ataupun sabun cuci piring. Terkadang, walaupun sudah dibersihkan, sisa minyak ataupun sabun cuci piring ini tetap menempel pada lantai keramik dapur Anda.

Hal ini dapat menyebabkan Anda ketidaknyamanan saat menginjaknya atau bahkan Anda dapat tergelincir. Oleh karena itu, sangat penting memperhatikan tekstur dari lantai keramik dapur dengan tepat. 

Pilihlah lantai keramik dapur yang bertekstur kesat atau agak kasar, agar ketika ada sisa tumpahan minyak atau sabun Anda tidak tergelincir saat melewatinya

2. Pilih Warna dan Motif yang Menarik

Selain memilih tekstur keramik lantai, Anda juga harus memperhatikan warna dan motif yang akan Anda gunakan. Pilihlah keramik  dengan warna yang cerah, agar dapur Anda terlihat lebih menarik.

Namun, disarankan untuk tidak memilih warna yang putih, karena apabila terkena sisa makanan akan susah dibersihkan. Selain warna, Anda juga harus memperhatikan motif keramik lantai Anda.

Pilihlah keramik lantai yang bermotif menarik. Motif yang sederhana, tidak terlalu ramai dan juga tidak terlalu polos. Hal ini dapat meningkatkan kesan elegan, mewah dan bersih pada lantai dapur rumah Anda.

3. Sesuaikan Desain Interior Dapur dan Budget

Tips terakhir dan tidak kalah penting adalah sesuaikan lantai dapur Anda dengan desain interior rumah secara keseluruhan. Jika desain interior rumah Anda berkesan mewah, maka pilihlah keramik lantai dengan warna abu-abu atau coklat tua dengan interior dapur lainnya dengan warna senada. Begitu juga dengan desain interior lainnya.

Setelah Anda menentukan keramik lantai dan desain interiornya, Anda bisa menyesuaikan interior desain dapur Anda dan keramik lantainya sesuai dengan budget Anda.

Rekomendasi Keramik Lantai Dapur Rumah 2022

Nah, setelah mengetahui tips memilih keramik lantai dapur yang tepat, sekarang Anda dapat memilih terlebih dahulu jenis keramik lantai untuk  dapur yang akan digunakan. Berikut rekomendasi dari  Interiordesign.id.

1. Keramik Lantai Dapur Granit

Salah satu jenis keramik lantai  yang dapat Anda gunakan adalah keramik lantai  granit. Granit memiliki tekstur yang agak kasar, sehingga tidak mudah licin saat basah atau saat terkena minyak atau sisa sabun. 

Selain itu, motif-motif yang dimiliki oleh granit sangat bervariasi. Hal inilah yang menyebabkan keramik lantai granit sangat diminati oleh banyak orang.

2. Keramik Lantai Dapur Tegel

Tegel terbuat dari tanah liat. Keramik jenis ini memiliki tekstur yang tidak licin, sehingga sangat aman digunakan untuk dapur Anda. Selain itu, tegel juga memiliki motif yang bervariatif, sehingga sangat cocok untuk menunjang keindahan di dapur Anda.

3. Keramik Lantai Dapur Batu Bata

Jenis keramik lantai dapur lain yang dapat Anda gunakan adalah batu bata atau sering dikenal dengan keramik lantai teracota. Keramik jenis ini memiliki tekstur yang agak kasar, sehingga sangat aman dan Anda dapat terhindar dari tergelincir. 

Selain itu, keramik jenis ini juga memiliki beragam bentuk mulai dari segi lima, kotak atau segi enam. Anda dapat menyesuaikannya dengan desain interior rumah Anda.

4. Keramik Lantai Dapur Teraso

Ilustrasi Dapur dengan Keramik Teraso

Keramik lantai jenis teraso merupakan keramik lantai yang terbuat dari campuran marmer, semen, tanah liat dan pasir. Campuran dalam keramik lantai teraso ini menghasilkan permukaan yang tidak licin dan corak yang menarik.

Jika Anda ingin memberikan kesan minimalis dan juga modern pada lantai dapur rumah, Anda dapat menggunakan keramik teraso sebagai lantai dapur Anda.

Apakah Anda sudah menentukan akan menggunakan keramik lantai dapur jenis apa? Jangan lupa untuk selalu menyesuaikan keramik lantai pilihan Anda dengan desain interior dapur secara keseluruhan. 

Jika masih bingung, Anda dapat mengikuti tips dan trick yang Interiordesign.id berikan sebagai referensi. Jangan ragu untuk berkreasi! Selamat mencoba!

Saatnya Mendesain Ulang Rumah Anda

Mau dekorasi, atau renovasi rumah?

Interiordesign.id adalah perusahaan desain interior online terkemuka yang dipercaya oleh ribuan pemilik rumah untuk menjadikan hunian mereka lebih baik. Desainer-desainer kami spesialis dalam berbagai gaya desain. Anda akan bekerja secara langsung bersama mereka saat proses desain. Online, terjangkau, dan profesional.

Ketika desain selesai, kami juga menangani proses renovasi. Tim renovasi dan produksi internal kami, dengan manajemen proyek berpengalaman, akan memastikan proyek renovasi ditangani secara profesional. Jangan khawatir, untuk pembiayaan, kami tidak mahal.

Info lebih lanjut, kontak CS

Siap memulai proyek desain interior?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

4000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Let's share!
Hello interiordesign.id