Desain Lantai Dapur, Cara Terbaik Memilih Lantai Keramik yang Tepat untuk Ruang Dapur

Posted by Nita Hidayati Inayah  •  Wednesday, February 5 2020

Menentukan desain lantai dapur yang tepat dapat dimulai dengan memilih material lantai.

Interiordesign.id – Ada banyak cara menciptakan ruang dapur yang nyaman dan terlihat impresif. Menciptakan suasana ruang yang unik semacam itu, bisa dimulai dari instalasi bagian lantai. Lantai keramik salah satunya.

Keramik merupakan satu dari sekian banyak material untuk lantai yang dapat memberikan penampilan yang sangat cantik. Motif dan warna keramik juga mampu memberi kesan tertentu bagi ruangan yang juga dapat disesuaikan dengan tema yang ingin dihadirkan.

Desain lantai dapur yang tepat bukan hanya sekadar menentukan motif dan warna, namun juga menyangkut pemilihan material yang akan digunakan. Kegiatan memasak yang kerap meninggalkan noda dan kotoran, menjadi salah satu pertimbangan terkuat saat Anda akan menentukan material lantai seperti apa yang pas dan tepat.

Untuk memberi Anda sedikit inspirasi menyangkut pemilihan material lantai dapur, simak beberapa tips menentukan material lantai keramik terbaik untuk ruang dapur idaman Anda.

Keramik kesat

desain lantai dapur

via pinterest

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, saat menentukan dan memilih material keramik untuk lantai dapur, sangat disarankan untuk memilih keramik yang memiliki permukaan kesat atau biasa disebut matt.

Keramik yang memiliki permukaan tekstur matt cocok digunakan di dapur agar melindungi dari minyak, sabun dan noda lainnya. Hindari penggunaan keramik yang memiliki tekstur licin, sebab akan sulit untuk dibersihkan ketika terkena noda. Selain itu, kegiatan memasak pun jadi kurang nyaman karena lantainya terasa licin.

Keramik kayu

desain lantai dapur

Jika Anda ingin menampilkan kesan natural untuk tampilan dapur, maka hadirkanlan unsur kayu atau aksen kayu pada bagian lantai. Anda dapat menampilkan elemen kayu pada ruang dapur bergaya natural, rustic hingga industrial.

Saat ini, tidak sulit menemukan keramik bermotif kayu, Anda dapat dengan mudah menemukannya dijual di pasaran. Pilihlah motif dan warna yang diinginkan untuk diaplikasikan pada ruang dapur Anda. Ingat, selalu pilihlah keramik yang memiliki permukaan matt.

Warna dan motif keramik

Setelah memutuskan jenis material yang tepat yang akan digunakan, langkah selanjutnya adalah menentukan warna dan motif. Lantai dapur yang sangat mudah sekali kotor, mengharuskan Anda harus untuk memertimbangkan kedua hal tersebut.

WARNA

desain lantai dapur

Dapur Industrial Ibu Arumi

Penggunaan warna gelap kerap dipilh untuk lantai dapur agar mengurangi noda yang nampak pada lantai. Namun jurus tersebut sebenarnya kuranglah tepat. Noda pada lantai gelap yang menempel tidak nampak jelas sehingga terkadang terlewatkan untuk dibersihkan. Warna lantai yang gelap juga akan membuat suasana dapur terasa sempit dan juga kusam.

Baca Juga:

Desain Interior Dapur, Cara Kreasikan Backsplash yang Berbeda & Istimewa

Sebaiknya, pilihlah warna keramik yang terang, sehingga memberikan suasana yang tenang dan nyaman saat berkativitas di ruang dapur. Noda yang menempel pun akan nampak terlihat dan tidak akan terlewat ketika dibersihkan. Dan yang terpenting, warna terang akan memberikan kesan luas dan juga terang di area dapur.

MOTIF

desain lantai dapur

from pinterest

Keramik lantai bermotif abstrak dapat Anda pilih untuk diterapkan pada lantai dapur, namun pastikan untuk memilih yang berwarna terang. Jika menyukai tampilan yang clean and fresh, pilihlah keramik polos, kemudian sesuaikan dengan warna dinding dan sekeliling area dapur.

Hindari pemilihan warna dan motif keramik yang terlalu kontras dengan tema dapur Anda, terutama jika area dapur Anda berukuran mungil.

Tips Desain Lantai Dapur

Pada dapur yang berukuran sedang hingga kecil, pilihlah keramik lantai yang ukurannya besar. Penerapan keramik berukuran besar pada ruangan kecil akan membuat area dapur terlihat lebih luas dan lapang. Dan sebaliknya, untuk area dapur yang sedang hingga besar maka gunakanlah keramik yang memiliki ukuran kecil.

Untuk ukuran dapur yang terbilang mungil Anda dapat memilih keramik yang berbentuk diagonal. Keramik berbentuk diagonal akan memberikan tampilan ruang dapur yang luas dari ukuran sebenarnya.

Ada pertanyaan seputar desain interior?

Tags: , , , , ,

Nita Hidayati Inayah

By Nita Hidayati Inayah

Content writer, menyukai gaya skandinavia

Artikel lainnya

Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa

 

Follow on Instagram

... ... ...