Kesalahan Desain Interior Menurut Feng Shui yang Sering Terjadi di Dalam Rumah

Posted by Nita Hidayati Inayah  •  Friday, November 16 2018

Kesalahan-kesalahan desain yang tidak sesuai dengan kaidah-kaidah feng shui bisa menjadikan rumah penuh dengan energi negatif yang tidak diharapkan.

Interiordesign.id – Bagi sebagian orang, feng shui masih dipercaya sebagai panduan dalam mendesain rumah agar membawa rezeki dan nasib baik. Dalam feng shui, posisi ruangan serta peletakkan barang-barang dalam rumah memiliki peran penting untuk menyeimbangkan hidup dengan alam semesta.

Keseimbangan alam semesta di dalam rumah dianggap dapat memengaruhi rezeki, kesehatan, hingga berbagai aspek lainnya dalam kehidupan penghuni rumah.

Feng shui memiliki ketentuan serta batasan pada segala sesuatu yang harus dilakukan serta apa saja yang seharusnya dihindari.

Baca juga: Desain Rumah Menurut Feng Shui, Desain Rumah yang Sehat & Membahagiakan

Pada dasarnya, feng shui merupakan ilmu yang bertujuan untuk mengurangi kehadiran energi negatif di dalam rumah. Oleh sebab itu, jika melakukan kesalahan saat mendesain ruangan, itu artinya rumah kemungkinan bisa memiliki energi negatif yang tidak diharapkan.

Untuk itu, mari kita ketahui kesalahan-kesalahan desain seperti apa saja yang tidak sesuai dengan kaidah-kaidah feng shui.

Berikut adalah beberapa hal yang harus kita hindari jika tidak menginginkan rumah penuh dengan energi negatif.

Pintu Depan Mengarah ke Pintu Belakang

Pintu depan yang saling berhadapan dengan pintu belakang dapat membuat aliran udara yang sangat deras keluar masuk. Sayangnya, keluar masuknya aliran tersebut tidaklah berputar sehingga penempatan pintu jenis ini dianggap kurang baik bagi rumah.

Oleh sebab itu, penataan pintu yang berhadapan dikhawatirkan membuat energi positif tidak masuk ke dalam ruangan. Sebab posisinya yang berhadapan malah membuat energi positif mudah keluar begitu saja melalui pintu belakang. Dan tidak hanya itu, penataan pintu jenis ini juga berdampak buruk pada pencahayaan ruangan.

Feng Shui Kamar Tidur

  • Kamar Tidur Utama di Atas Garasi

Posisi kamar tidur yang berada di atas garasi mobil diyakini memberikan efek buruk dalam feng shui. Alasannya, garasi merupakan ruangan yang terdapat pergerakan keluar masuknya kendaraan. Selain itu, kamar tidur di atas garasi memiliki energi yang tidak tetap, sehingga membuat sulit untuk tidur nyenyak.

Maka, sebelum merancang bangunan rumah ada baiknya tentukan terlebih dahulu zonasi ruang yang dibutuhkan serta sesuaikan dengan kaidah-kaidah feng shui.

Kesalahan Dekorasi Kamar Tidur yang Tanpa Disadari Sering Kita Lakukan

  • Kamar Warna Hijau

kesalahan desain interior menurut feng shui

via Decoist

Warna hijau pada kamar tidur anak memang dapat memberi energi positif. Kebahagiaan serta keunikan juga menjadi kesan yang diberikan pada kamar tidur dengan sentuhan warna hijau. Namun, sayangnya warna hijau tidak cocok diterapkan untuk kamar tidur orang dewasa.

Hindarilah penggunaan warna hijau pada kamar tidur orang dewasa. Cobalah untuk menggantinya dengan warna lain yang lebih cerah.

Letak Kamar Mandi di Tengah Ruangan

kesalahan desain interior menurut feng shui

via pinterest

Kamar mandi yang berada di tengah ruangan merupakan salah satu kesalahan desain interior yang dapat melahirkan energi negatif. Sebab, ruang tengah merupakan pusat energi baik dan keseimbangan, atau yang akrab dikenal dengan sebutan yin-yang.

Desain Interior Rumah Yin & Yang, Ciptakan Keseimbangan & Harmoni di Dalam Rumah

Sebaiknya jadikan area tersebut menjadi terbuka dengan penerangan maksimal dan tertata rapi agar energi baik dan keberuntungan juga gampang memasuki rumah.

Tangga Mengarah Langsung ke Pintu Depan

kesalahan desain interior menurut feng shui

via depositphotos.com

Pintu depan atau disebut juga “Mulut Chi” adalah pintu masuknya energi positif. Melalui pintu depan, rumah dapat menyerap sebanyak-banyaknya energi positif dari arah luar. Tangga yang menghadap secara langsung ke pintu depan dapat membuat energi positif mengalir deras ke lantai atas.

3 Kesalahan Dekorasi Ruangan yang dapat Menyebabkan Stress

Penataan yang demikian dapat membuat lantai dasar kehilangan energi positif yang dibutuhkan. Maka, tangga sebaiknya tidak mengarah lengsung ke arah pintu depan untuk menghindari situasi tidak menguntungkan tersebut.

Lorong Panjang & Sempit

kesalahan desain interior menurut feng shui

from pinterest

Lorong yang memanjang dan berukuran kecil bahkan terlihat sempit sering dikaitkan sebagai pembawa feng shui yang buruk. Lorong panjang dan sempit memiliki energi negatif karena memiliki kombinasi gerak Sha Chi atau energi yang stagnan.

Kesalahan-kesalahan Fatal Dalam Dekorasi & Penataan Ruangan

Namun, jika rumah terlanjur memiliki lorong memanjang dan sempit, siasati dengan mendesain lorong tersebut dengan dekorasi yang terang dan cerah.

Cermin Menghadap Tempat Tidur

Menurut feng shui, meletakkan cermin yang berhadapan dengan tempat tidur adalah kesalahan. Cermin tidak hanya memantulkan bayangan namun juga energi positif dan energi negatif dalam tubuh seseorang.

Ketika bangun, kesadaran dan kekuatan tubuh belum pulih sepenuhnya, tubuh mudah terpengaruh oleh energi negatif melaui pantulan cermin. Sebaiknya letakkan cermin di samping tempat tidur atau di sisi lain di mana tempat tidur tidak terlihat dalam cermin.

Butuh bantuan desain dan dekorasi interior? Konsultasikan dengan desainer-desainer terbaik kami.

Tags: , , , , , , ,

Nita Hidayati Inayah

By Nita Hidayati Inayah

Content writer, menyukai gaya skandinavia

Artikel lainnya




Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram