Desain Rumah Menurut Feng Shui, Desain Rumah yang Sehat dan Membahagiakan

Posted by Nita Hidayati  •  Friday, September 22 2017

Sehat dan bahagia merupakan hal yang perlu didapatkan di dalam rumah, salah satu caranya dengan desain rumah menurut feng shui.

Interiordesign.idFeng shui merupakan ilmu topografi kuno Tiongkok yang meyakini bagaimana menyeimbangkan kekuatan-kekuatan untuk mendapatkan keharmonisan. Ilmu feng shui dikenal dan kerap diterapkan dalam mendesain rumah. Bagi orang yang meyakini filosofi feng shui, ilmu ini diyakini dapat membuat rumah menjadi lebih sehat, membahagiakan dan membawa keberuntungan.

| Desain Rumah yang Sehat: Desain Interior Rumah & Elemen Dekorasi Ruang yang Harus Diperhatikan

| Benarkah Desain Rumah Pengaruhi Kebahagiaan Penghuninya?

Penataan feng shui yang tepat dapat memberikan rasa saling terkoneksi antara rumah dan penghuninya.

Sudah sejak lama feng shui dipercaya sebagai ilmu yang digunakan ketika akan membeli dan membangun rumah. Menurut feng shui, rumah yang baik adalah rumah yang tidak memilki Sha Chi atau energi buruk. Begitu pun dengan Si Chi atau kekurangan, diharapkan rumah terjauh dari energi Sha dan Si.

| Desain Interior Rumah Yin & Yang, Ciptakan Keseimbangan & Harmoni di Dalam Rumah

Jangan sampai Anda tinggal di hunian yang tidak menyehatkan dan tidak membahagiakan. Untuk mengetahui ilmu feng shui dalam pembangunan dan penataan desain rumah, penjelasan singkat berikut ini dapat Anda simak.

Desain Rumah Menurut Feng Shui: T-junction

desain rumah menurut feng shui

via mirror.co.uk

T-junction merupakan rumah yang berada di ujung pertigaan, rumah ini juga dikenal dengan sebutan “rumah tusuk sate”.  Rumah T-junction berada tepat di titik pusat huruf T dan dianggap tidak baik. Sebab akan terkena banyak energi dari berbagai arah dengan kecepatan yang sangat kuat. Energi yang banyak dan cepat ini berpotensi besar dapat mengantarkan energi negatif, apalagi jika rumah tersebut tidak memiliki halaman. Tetapi, jika jalan di bagian depan rumah sangat sepi, maka hal ini akan mengurangi pengaruh negatifnya.

| Unsur dan Elemen Dasar Desain Interior

Untuk menyiasati serta menangkal hawa buruk di rumah tusuk sate, Anda diharapkan untuk menata kembali halaman depan. Pilihlah warna yang tepat pada pintu dan jendela Anda. Untuk menetralkan kondisi, pasanglah cermin ba-gua di bagian atas pintu depan rumah.

Desain Rumah Menurut Feng Shui: cul-de-sac

desain rumah menurut feng shui

via spirit of change magazine

Cul-de-sac adalah istilah untuk sebuah jalan buntu yang sengaja dibuat agar pembangunan rumah tidak hanya berada di tepi jalan besar. Rumah yang berada di area ini memerlukan perlakuan yang sedikit berbeda. Sebab, formasinya yang melingkar di penghujung yang membuat energi negatif jadi kesulitan keluar.

Jika saat ini Anda menghuni rumah dengan cul-de-sac, Anda tidak perlu khawatir hingga memaksa harus pindah rumah. Anda dapat mengatasinya dengan menambah jumlah energi positif. Salah satunya dengan membangun taman hijau di bagian belakang dan depan rumah. Buatlah air mancur di area tersebut dan cat pintu di bagian depan rumah dengan warna-warna merah.

Lima Elemen Desain Rumah Menurut Feng Shui

desain rumah mennurut feng shui

via albeet.com

Rumah yang baik menurut feng shui adalah rumah yang terdiri dari lima energi. Energi tersebut adalah tanah, kayu, api, air dan besi. Anda sebaiknya menghadirkan kelima elemen tersebut dalam desain rumah Anda, baik secara fisik maupun simbol. Anda dapat menghadirkan elemen api dengan pilihan warna cat yang hangat seperti warna merah atau oranye. Sementara secara fisik, dapat diwakili dengan perapian atau lilin bakar di dalam ruangan.

| Cara Desain Rumah yang Nyaman Berdasarkan Zodiak (Bagian II)

Kehadiran lima elemen yang berbeda-beda ini akan membuat ruangan jadi terlihat seimbang. Keseimbangan elemen ini akan mempengaruhi emosi penghuninya secara langsung. Oleh sebab itu, Anda diharapkan menghadirkan kelima elemen tersebut secara seimbang, sebagai penyeimbang emosi.

Desain Rumah Menurut Feng Shui: Halaman Belakang Menurun

desain rumah menurut feng shui

via pinterest

Senada dengan tubuh kita, yang memerlukan kekuatan dari tulang belakang sebagai penyangga dan penyeimbang. Rumah juga memerlukan hal tersebut. Tanah pada halaman belakang yang menurun membuat rumah jadi kekurangan dukungan energi poistif.

Untuk mengatasinya, Anda bisa menanam berbagai jenis tumbuhan hijau. Kemudian, buatlah dinding hijau dengan aneka macam tanaman. Selain itu, pasanglah lampu pada bagian paling ujung di belakang halaman.

Desain Rumah Menurut Feng Shui: Berada Dekat Rel Kereta Api

Jika rumah Anda berada di sekitar rel kereta api harus diketahui apakah termasuk kategori dekat atau tidak dengan rel. Sebab kata dekat bersifat relatif, untuk mngetahui kondisi rumah tersebut Anda diharapkan mengundang ahli yang berpengalaman.

desain rumah menurut feng shui

via pinterest

Rumah yang berada di dekat rel kereta api dinilai memiliki banyak sekali energi buruk. Meski begitu, Anda dapat melakukan hal-hal untuk melindungi rumah dari energi negatif tersebut.

Pasanglah soundproof pada dinding di luar rumah. Anda dapat memberikan pelapis berbahan lembaran polyurethane untuk membatasi area rumah dari suara berisik kereta api. Hiasi tumbuhan di bagian taman depan rumah sebagai benteng visual yang dapat melindungi rumah. Kemudian Anda juga dianjurkan untuk memasang cermin di dinding rumah yang menghadap ke arah rel kereta api. Untuk posisi kamar tidur, sebaiknya berada jauh dari letak rel kereta api.

| Cermin, Dekorasi Ruang yang Memiliki Banyak Fungsi, Manfaat & Pengaruh Psikologis

Butuh bantuan desain dan dekorasi interior? Bekerja dan berkomunikasi langsung dengan desainer-desainer terbaik?

Tags: , , , , ,

Nita Hidayati

By Nita Hidayati

Content writer, menyukai gaya skandinavia

Artikel lainnya




Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram