fbpx
Hello, Guest

Kenali Lantai Epoxy, Kekurangan dan Kelebihan Sampai Harga Terbaru

Posted by Muhammad Zahid Mafaza Thursday, December 22 2022
Ilustrasi lantai epoxy

InteriorDesign.ID – kelebihan lantai epoxy adalah material pelapis lantai yang tidak mudah rusak dan mampu bertahan lama. Hal tersebut membuat lantai ini menjadi bahan konstruksi yang cukup sering digunakan. 

Lantai epoxy juga terbukti ampuh untuk membuat interior rumah menjadi terlihat mengkilap dan tampak lebih cantik.

Meski memiliki kelebihan, kekurangan lantai ini juga menjadi pertimbangan sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan material tersebut.

Baca Juga : Harga Cat Lantai Epoxy Paling Update di 2023

Apa Itu Lantai Epoxy

Lantai epoxy adalah material pelapis lantai yang sudah sering digunakan secara luas, khususnya pada bidang industri yang membutuhkan bangunan dengan standar kualitas tinggi. 

Kelebihannya adalah mampu melindungi lantai tersebut dari gesekan dan benturan yang kuat. Material pelapis tersebut kemudian diaplikasikan dalam beberapa lapis dengan ketebalan hingga 2 mm.

Lantai ini memiliki sifat yang tidak licin dan berfungsi untuk mencegah terpeleset apabila ada cairan di permukaan lantai. Lantai ini juga berfungsi untuk mencegah terjadinya sengatan listrik statis yang berbahaya dan bisa menyebabkan kebakaran. 

Kelebihan Lantai Epoxy

Kelebihan lantai epoxy adalah dapat melapisi permukaan lantai dengan coating epoxy yang membuatnya menjadi tahan terhadap gesekan benda berat sekalipun. Lantai dengan coating epoxy tersebut juga memiliki sifat yang dekoratif dan estetik sehingga lebih menarik daripada lantai semen yang tampak membosankan.

Pengaplikasian dari lantai juga sangat cepat dan mudah karena tidak membutuhkan alat yang banyak. Kelebihan lainnya adalah permukaannya sangatlah dingin sehingga akan terasa kurang nyaman untuk digunakan sebagai pelapis rumah.

Kekurangan Lantai Epoxy

Selain memiliki kelebihan, kekurangan lantai epoxy adalah permukaannya yang sangat keras sehingga dapat menimbulkan suara yang berisik ketika melangkah. Permukaan lantai yang tidak rata membuat lantai tidak bisa diaplikasikan secara sempurna. Hal tersebut juga membuat tekstur lantai menjadi bergelombang.

Pengaplikasian lantai ini juga tidak bisa dilakukan sembarangan karena sifatnya yang beracun dan berbahaya apabila uapnya tidak sengaja dihirup. Maka dari itu, hindarilah penggunaan lantai ini untuk kamar anak.

Permukaannya yang keras juga bisa mengakibatkan anak menjadi cedera ketika jatuh dari lantai.

Harga dan Jenis 

Harga dari lantai ini adalah berkisar mulai dari Rp103.000 hingga Rp385.000, tergantung dari merk yang tersedia.

1. Self Dispersing Floor Epoxy

Self dispersing floor epoxy adalah lantai yang paling kuat dan tahan untuk digunakan di area yang sering dilewati oleh kendaraan berat. Kekuatan dari lantai jenis ini berasal dari penggunaan pasir kuarsa yang mampu untuk menahan beban berat. Epoxy jenis ini juga sangat aman apabila terkena cairan yang membuat lantai menjadi tidak licin.

2. Self Leveling Floor Epoxy

Jenis Self leveling floor epoxy adalah jenis epoxy yang diaplikasikan pada permukaan beton. Self leveling floor epoxy memiliki fungsi utama untuk melindungi dan membuat permukaan lantai menjadi lebih awet dan tidak rusak jika terkena gesekan. Lantai jenis ini memiliki kandungan resin dengan zat yang mampu untuk “menyembuhkan diri” dengan cara mengisi celah-celah lantai yang telah mengalami kerusakan.

3. Mortar Coating Floor Epoxy

Mortar coating floor epoxy ini berasal dari campuran bahan keras dan memiliki ketahanan tinggi. Lantai yang kuat dan keras ini memiliki komposisi resin epoxy yang sudah dicampur oleh hardener dan pasir silika. Komposisi itulah yang membuat lantai ini  dapat menjadi pilihan tepat untuk melapisi lantai yang mudah pecah dan bergelombang.

4. 3D Epoxy Coating

Dengan menggunakan 3D Epoxy coating, maka Anda dapat membuat lantai 3 dimensi yang tampak estetik. Agar rapi dan tidak berantakan, pengaplikasian 3D epoxy coating harus dilakukan pada permukaan lantai yang halus. Selain bisa memberikan tampilan visual yang indah, pelapis lantai ini juga mampu untuk melindungi lantai dari asam dan zat klorida yang berbahaya.

5. Anti Static Floor Epoxy

Untuk mengurangi risiko diakibatkan oleh sengatan listrik statis, Anda bisa mengaplikasikan anti static floor epoxy yang menggunakan campuran karbon konduktif dan tembaga. Lapisan epoxy jenis ini akan mengalirkan listrik statis tanpa memerlukan grounding sehingga dapat menciptakan peningkatan faktor keselamatan. Hal ini baik jika digunakan pada pabrik yang memproduksi bahan mudah terbakar.

6. Epoxy Flake

Epoxy flake adalah salah satu jenis lantai yang dapat memberikan tampilan visual menarik bagi bangunan dan rumah. Berbeda dari 3D epoxy coating, epoxy flake ini akan memberikan kesan serpihan yang unik pada lantai rumah. Epoxy jenis ini juga bisa diaplikasikan pada area seperti ruang makan, teras, serta kamar tidur.

Lantai epoxy memiliki kelebihan sebagai material pelapis lantai yang mampu bertahan lama. Ada berbagai jenis lantai yang bisa Anda gunakan sesuai kebutuhan. Jika Anda ingin mencari tips dan inspirasi interior desain lainnya, temukanlah melalui interiordesign.id.

 

Saatnya Mendesain Ulang Rumah Anda

Mau dekorasi, atau renovasi rumah?

Interiordesign.id adalah perusahaan desain interior online terkemuka yang dipercaya oleh ribuan pemilik rumah untuk menjadikan hunian mereka lebih baik. Desainer-desainer kami spesialis dalam berbagai gaya desain. Anda akan bekerja secara langsung bersama mereka saat proses desain. Online, terjangkau, dan profesional.

Ketika desain selesai, kami juga menangani proses renovasi. Tim renovasi dan produksi internal kami, dengan manajemen proyek berpengalaman, akan memastikan proyek renovasi ditangani secara profesional. Jangan khawatir, untuk pembiayaan, kami tidak mahal.

Info lebih lanjut, kontak CS

Artikel Terkait
Rekomendasi Model Keramik Lantai
Wednesday, December 21 2022
Posted by Audrey Alodia
Desain Ruang Utama dengan Lantai Marmer
Friday, November 25 2022
Posted by Emier Abdul Fiqih

Berapa estimasi biaya renovasi Anda?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

4000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan biaya interior rumah Anda dengan menjawab beberapa pertanyaan sederhana.
Estimasikan sekarang!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan sekarang!
Let's share!
Hello interiordesign.id