fbpx
Hello, Guest

Lantai Kayu Jati: Pilihan Populer di Kalangan Penghuni Rumah

Posted by Brenda Brilianita Tuesday, May 2 2023

Interiordesign.id – Lantai kayu jati telah lama menjadi pilihan populer untuk menghadirkan kesan elegan dan mewah di dalam rumah. Selain itu, juga memiliki daya tahan yang baik dan tampilan yang indah. 

Mengenal Kayu Jati

Kayu jati memiliki serat yang rapat dan ketahanan yang baik terhadap kelembaban, sehingga cocok digunakan sebagai bahan pembuat lantai. Kayu jati memiliki tampilan yang indah dengan warna kecoklatan yang khas.

Material ini juga dikenal sebagai kayu yang sangat kuat, tahan lama, dan memiliki serat kayu yang indah. Oleh karena itu, kayu jati sering digunakan sebagai material lantai untuk memberikan kesan elegan dan mewah pada ruangan.

Kayu jati telah lama digunakan sebagai bahan bangunan di Indonesia sejak zaman Hindu-Buddha. Kayu jati banyak dipakai untuk pembuatan bangunan dan perabotan rumah tangga. Di zaman kolonial Belanda, kayu jati juga digunakan untuk pembuatan kapal. Kayu jati terkenal dengan kekuatan dan ketahanannya yang baik terhadap cuaca dan serangan serangga.

Cara Memilih Lantai Jenis Kayu Jati

Pinterest

Bahan kayu jati adalah salah satu jenis lantai kayu yang populer digunakan karena tampilannya yang indah dan daya tahannya yang baik. Namun, saat memilihnya, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan agar mendapatkan produk yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan. Berikut adalah beberapa tipsnya:

  1. Pilih Kayu Jati Berkualitas Tinggi
    Pastikan kayu jati yang dipilih berkualitas tinggi. Kayu jati berkualitas tinggi biasanya memiliki serat yang rapat, tekstur yang halus, serta warna yang seragam. Pastikan juga kayu jati yang dipilih bebas dari lubang, goresan, atau cacat lainnya.
  1. Pilih Ketebalan dan Ukuran yang Sesuai
    Ketebalan dan ukuran dapat mempengaruhi daya tahannya. Pilihlah ketebalan yang sesuai dengan kebutuhan dan kualitas kayu jati yang diinginkan. Selain itu, pastikan juga ukuran papan kayu jati yang dipilih sesuai dengan ukuran ruangan yang akan dipasang.
  1. Perhatikan Kelembaban Kayu
    Periksa kelembaban kayu sebelum membeli. Kayu jati yang terlalu lembab atau terlalu kering dapat mempengaruhi kualitas dan daya tahannya. Pastikan kelembaban kayu jati berkisar antara 8-12%.
  1. Pilih Finishing yang Sesuai
    Dalam hal finishing tersedia dalam berbagai pilihan, seperti natural, satin, glossy, atau matte. Pilihlah finishing yang sesuai dengan kebutuhan dan tampilan yang diinginkan.
  1. Periksa Sertifikasi
    Pastikan produk sudah memiliki sertifikasi yang menjamin keberlanjutan dan ramah lingkungan. Sertifikasi yang umum untuk kayu jati adalah FSC (Forest Stewardship Council) dan PEFC (Programme for the Endorsement of Forest Certification).

Dengan mempertimbangkan faktor-faktor tersebut, Anda dapat memilih yang berkualitas tinggi dan sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, pastikan juga membeli dari produsen atau distributor yang terpercaya dan memiliki reputasi baik.

Cara Merawat Lantai Kayu Jati

Dalam pemilihan material kayu jati pada lantai memerlukan perawatan khusus agar tetap terlihat indah dan awet. Berikut adalah beberapa cara merawat:

  1. Membersihkan dengan Sapu Halus
    Membersihkan sehari-hari dapat dilakukan dengan sapu halus atau vacuum cleaner dengan pengaturan suction power yang lembut. Hindari menggunakan alat pembersih kasar atau kuat yang dapat merusak lapisan permukaan lantai.
  1. Menjaga Kelembaban
    Pastikan tidak terkena air atau kelembaban yang berlebihan. Jika terkena cairan, segera lap dengan kain lembut dan keringkan. Selain itu, jaga kelembaban ruangan dengan menggunakan dehumidifier atau ventilasi yang baik agar kayu jati tidak cepat mengalami kerusakan.
  1. Lap dengan Kain Lembut
    Untuk membersihkan noda yang sulit, gunakan kain lembut yang dibasahi dengan sedikit air. Hindari menggunakan cairan pembersih yang kuat atau terlalu banyak air yang dapat merusak lapisan permukaan.
  1. Melakukan Perawatan Rutin
    Lakukan perawatan rutin seperti polishing atau waxing untuk menjaga keindahannya. Hindari menggunakan bahan polishing yang mengandung bahan kimia keras atau mengandung silikon yang dapat membuat permukaannya menjadi licin dan mudah tergores.
  1. Menjaga Lapisan Finishing
    Jangan menginjak atau menaruh benda berat secara langsung pada lantai. Hal ini dapat merusak lapisan finishing dan membuat kayu jati mudah tergores.

Dengan mengikuti cara merawat yang tepat, hal tersebut dapat membuat tampilan tetap terlihat indah dan awet dalam jangka waktu yang lama. Selain itu, perawatan rutin juga dapat membantu menghindari kerusakan dan memperpanjang usia pakai.

Kelebihan dan Kekurangan

Lantai kayu jati memiliki banyak kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk menggunakannya sebagai lantai rumah. Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan:

Kelebihan

  1. Bahan ini merupakan jenis kayu yang tahan lama dan kuat. Dengan perawatan yang tepat, dapat bertahan hingga puluhan tahun.
  2. Memiliki serat kayu yang indah dan memberikan kesan elegan dan mewah pada ruangan.
  3. Tersedia dalam beragam pilihan desain dan warna sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan selera.
  4. Kayu jati merupakan bahan alami yang ramah lingkungan dan dapat didaur ulang.

Kekurangan

  1. Memiliki harga yang relatif mahal dibandingkan dengan jenis lantai lainnya.
  2. Mudah tergores dan rusak jika terkena benda tajam atau kasar.
  3. Memerlukan perawatan khusus agar tetap terlihat indah dan awet.
  4. Tidak tahan terhadap air atau kelembaban yang berlebihan sehingga tidak cocok untuk dipasang di ruangan yang sering terkena cairan.

Kesimpulan

Lantai kayu jati dapat memberikan kesan elegan dan mewah di dalam rumah dengan tampilannya yang indah dan daya tahannya yang baik. Namun, memilih dan memasangnya memerlukan perhatian khusus agar hasilnya maksimal. Perawatan yang rutin juga diperlukan agar lantai tetap awet dan terlihat indah.

Jadi, jika Anda ingin menghadirkan kesan elegan dan mewah di dalam rumah Anda, hal ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Pastikan untuk memilih kayu jati berkualitas tinggi, memasangnya dengan benar, dan merawatnya secara rutin agar dapat menikmati keindahannya dalam jangka waktu yang lama.

Jika Anda masih khawatir untuk menentukan penggunaan lantai kayu jati, temukan solusinya di Interiordesign.id. Hubungi segera disini!

Baca selanjutnya

Lantai Motif Kayu: motif kayu
Friday, December 23 2022
Posted by Ega Putri Dwiyanti

InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Saatnya Mendesain Ulang Rumah Anda

Mau dekorasi, atau renovasi rumah?

Interiordesign.id adalah perusahaan desain interior online terkemuka yang dipercaya oleh ribuan pemilik rumah untuk menjadikan hunian mereka lebih baik. Desainer-desainer kami spesialis dalam berbagai gaya desain. Anda akan bekerja secara langsung bersama mereka saat proses desain. Online, terjangkau, dan profesional.

Ketika desain selesai, kami juga menangani proses renovasi. Tim renovasi dan produksi internal kami, dengan manajemen proyek berpengalaman, akan memastikan proyek renovasi ditangani secara profesional. Jangan khawatir, untuk pembiayaan, kami tidak mahal.

Info lebih lanjut, kontak CS

Artikel Terkait
desain lantai dapur
Wednesday, June 2 2021
Posted by Krisnadila Aprianti Gunawan

Berapa estimasi biaya renovasi Anda?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

4000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan biaya interior rumah Anda dengan menjawab beberapa pertanyaan sederhana.
Estimasikan sekarang!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan sekarang!
Let's share!
Hello interiordesign.id