fbpx
Hi, Guest
Login  |  Register

Lantai Kayu; Pengertian, Jenis, Perbandingan, Kelebihan, dan Kekurangan

kelebihan dan kekurangan lantai kayu

Lantai kayu menawarkan tampilan alas bangunan yang dapat dipadupadankan dengan berbagai gaya interior, serta kelebihan dan kekurangan yang dapat dipertimbangkan.

Estimated reading time: 7 minutes

Dari banyaknya jenis lantai yang ada di pasaran, lantai kayu mendapat tempat tersendiri di hati para penggemarnya. Ia menjadi pilihan alas bangunan terbaik untuk sebuah hunian karena berbagai kelebihan yang dimilikinya.

Apa Itu Lantai Kayu?

Lantai kayu adalah produk yang dibuat dari kayu gelondongan, yang dirancang untuk digunakan sebagai alas bangunan dengan tujuan yang bersifat struktural maupun estetis. Ia memiliki berbagai gaya, warna, bentuk, serta jenis. Fakta menarik mengenai bagian bangunan ini adalah, meski terbuat dari rumput bambu, lantai bambu rupanya sering dianggap sebagai bagian dari lantai kayu.

Jenis Lantai Kayu

Secara umum, terdapat dua jenis alas bangunan kayu. Berikut adalah penjelasan lengkapnya:

Lantai Kayu Solid

Lantai kayu solid terbuat dari papan yang digiling dari sepotong kayu. Awalnya, lantai ini digunakan dengan tujuan struktural. Ia dipasang tegak lurus dengan balok penyangga kayu sebuah bangunan, yang dikenal sebagai balok atau bantalan.

Meningkatnya penggunaan beton sebagai pondasi di berbagai belahan dunia, membuat alas bangunan kayu rekayasa lebih mendapatkan popularitas dibandingkan alas bangunan kayu solid. Meski begitu, lantai ini tetap mendapatkan popularitas.

Lantai ini memiliki permukaan pakai yang lebih tebal, dapat diampelas, dan memerlukan finishing lebih banyak. Namun, rumah-rumah di Amerika dan Eropa cenderung jarang menggunakan jenis lantai ini.

Lantai Kayu Rekayasa

Lantai kayu rekayasa terdiri dari dua atau lebih lapisan kayu yang disatukan untuk membentuk sebuah papan. Biasanya, alas bangunan ini menggunakan lapisan tipis yang disebut sebagai lamella, dari kayu yang punya harga lebih mahal. Lapisan ini diikatkan ke sebuah inti yang terbuat dari kayu yang cenderung lebih murah.

Stabilitas alas bangunan ini menjadikannya sebuah produk universal yang dapat dipasang di atas berbagai pondasi bangunan. Selain itu, lantai ini pun merupakan alas bangunan yang umum digunakan di rumah-rumah di Eropa dan Amerika.

Lantai laminasi dan lantai vinyl sering disebut sebagai alas bangunan kayu rekayasa, padahal sebenarnya tidak. Alas bangunan laminasi menggunakan gambar kayu pada permukaannya, sedangkan alas bangunan vinyl adalah plastik yang dibentuk agar terlihat seperti kayu.

Perbandingan antara Lantai Kayu Solid dan Rekayasa

wardrobe kamar tidur modern dengan lantai kayu

Merupakan hal yang tidak mudah untuk membandingkan kedua lantai ini. Hal ini dikarenakan kualitas pada kedua kategori bervariasi dan setiap jenisnya sama-sama memiliki keterbatasan.

Alas bangunan kayu solid bersifat lebih rentan dibandingkan dengan alas bangunan kayu rekayasa. Kerentanan yang mungkin terjadi pada alas bangunan kayu solid adalah:

  • Gapping yaitu ruang berlebih yang tercipta antara papan
  • Crowning yaitu lengkungan yang tercipta saat kelembapan pada kayu meningkat
  • Cupping yaitu tampilan papan yang cekung layaknya piring dengan ketinggian papan di bagian tepinya yang lebih panjang dan lebih tinggi dari pusatnya

Sistem pemasangan yang cenderung paten untuk kayu rekayasa membuat jenis alas bangunan ini memiliki proses pemasangan yang lebih cepat. Selain itu, penggantian papan pun jauh lebih mudah. Kayu yang direkayasa juga memungkinkan untuk dipasang “terapung”, di mana papan tidak dipasang langsung pada fondasi, tetapi dipasang satu sama lain. Hal ini membuat sistem pemanas dapat dipasang di bawah alas bangunan kayu rekayasa, tetapi tidak dapat dipasang di bawah alas bangunan kayu solid.

Karakteristik umum dari alas bangunan kayu solid adalah ia lebih sering di-finishing di lokasi, selalu hadir dalam format papan, umumnya lebih tebal dari alas bangunan kayu rekayasa, dan ia mesti dipasang dengan cara dipaku.

Sedangkan karakteristik umum dari alas bangunan kayu rekayasa adalah pre-finishing-nya cenderung lebih banyak, jarang di-finishing di lokasi, serta dipasang dengan cara “dijepit” atau “terapung”.

Kelebihan dan Kekurangan Lantai Kayu

Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan alas bangunan kayu berdasarkan kedua jenisnya:

Kelebihan Lantai Kayu Solid

Alas bangunan berbahan kayu solid mempunyai beberapa kelebihan sebagai berikut:

  • Bersifat tahan lama dan telah teruji oleh waktu. Rumah yang bahkan berusia lebih dari 100 tahun masih bisa memiliki alas bangunan kayu solid yang asli apabila dirawat dengan baik. Yang perlu pemilik rumah lakukan hanyalah menyapu atau menyedot debu. Sesekali, pembersihan dapat dilakukan dengan menggunakan pembersih khusus alas bangunan kayu.
  • Memiliki nilai yang lebih tinggi. Ketahanan yang dimiliki oleh alas bangunan kayu solid membuatnya mempunyai nilai yang lebih tinggi dibandingkan alas bangunan kayu rekayasa.
  • Cocok untuk dipadukan dengan beragam gaya interior. Alas bangunan kayu solid cocok untuk diterapkan di rumah dengan desain interior apapun. Ia pun memiliki banyak gaya yang bisa Anda pilih untuk hunian Anda.

Kekurangan Lantai Kayu Solid

Selain kelebihan, alas bangunan kayu solid pun memiliki beberapa kekurangan sebagai berikut:

  • Harganya mahal. Alas bangunan kayu solid memiliki harga yang cukup mahal dibandingkan dengan alas bangunan kayu rekayasa. Pemasangannya pun perlu melibatkan seseorang yang ahli dengan biaya kerja yang tentu lebih mahal.
  • Membutuhkan finishing ulang. Lantai ini memerlukan pemolesan ulang apabila terdapat lecet atau goresan. Semakin lembut sifat kayunya, maka ia akan semakin mudah tergores dan ternoda. Apabila lantai ini dipasang di area dengan lalu lintas tinggi seperti dapur, ruang keluarga, dll, ia akan rentan terhadap kerusakan. Terlebih jika di area tersebut ada anak-anak dan hewan peliharaan.
  • Terkadang berisik. Jika kita berjalan melintasi kayu ini, terkadang ia menghasilkan suara yang cukup berisik. Suara berisik ini dapat terdengar hingga lantai bawah, jika Anda memasang lantai ini di lantai atas. Oleh karena itu, pemasangan karpet diperlukan untuk dapat meredam suara dan memberikan kehangatan tambahan pada ruangan.

Kelebihan Lantai Kayu Rekayasa

Berikut adalah beberapa kelebihan alas bangunan rekayasa:

  • Harganya cenderung lebih murah. Alas bangunan ini memiliki harga yang cenderung lebih murah dibandingkan dengan yang berbahan kayu solid. Meski ia lebih mahal dibandingkan lantai laminasi dan lantai vinyl, alas bangunan ini punya keunggulan khas alas bangunan kayu solid tetapi dengan harga yang lebih murah.
  • Terlihat sangat bergaya. Karena terlihat hampir serupa dengan alas bangunan kayu solid, alas bangunan ini memiliki penampilan yang amat bergaya. Ditambah lagi, ia mempunyai berbagai macam sentuhan akhir. Tampilan lantai ini pun tak lekang oleh waktu dan ia mempunyai berbagai varian warna.
  • Memiliki ketahanan suhu yang lebih baik. Lantai ini mempunyai ketahanan yang lebih baik terhadap kelembapan serta perubahan suhu. Ia tidak mudah menyusut atau membengkak layaknya alas bangunan kayu solid. Ia cocok untuk dipasang dengan pemanas bawah lantai.

Portfolio: Desain Rumah Modern Natural – Kota Baru Parahyangan, Bandung

Kekurangan Lantai Kayu Rekayasa

  • Perawatannya yang berlebih. Lantai ini memerlukan perawatan yang cukup banyak untuk membuatnya tetap bersinar dan berkilau. Oleh karena itu, lantai ini tidak cocok untuk rumah yang memiliki hewan peliharaan dan anak kecil, kecuali Anda siap merawatnya secara rutin.
  • Lemah dan kurang stabil. Terdapat beberapa alas bangunan kayu rekayasa yang terbuat dari material yang murah dan cenderung lemah. Ia terlihat bagus di permukaan, tetapi tidak stabil setelah pemasangan. Pastikan Anda melakukan penelitian terlebih dahulu saat akan membeli lantai dengan jenis ini.
  • Pudar. Kekurangan lain dari lantai ini adalah sifatnya yang mudah pudar apabila terlalu banyak terpapar sinar UV. Masalah ini pun tidak dapat diselesaikan dengan mudah. Untuk meminimalisir pudarnya warna lantai, Anda bisa menutupi lantai Anda menggunakan karpet.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai lantai kayu. Kedua jenis utamanya memiliki kelebihan serta kekurangannya masing-masing. Sebelum memutuskan lantai mana yang akan Anda pilih, pastikan ia sesuai dengan karakteristik hunian Anda serta biaya yang Anda punya. Lakukan perawatan lantai secara rutin, agar alas hunian Anda ini tetap awet dengan segala kualitas baiknya.

Jadikan Interior Rumah Lebih Istimewa
...
  • ✅ Proses desain yang mudah, Online kapanpun, di manapun
  • ✅ Desainer-desainer terbaik dan profesional
  • ✅ Harga desain terjangkau, sesuaikan dengan kebutuhan, flat per room

Siap memulai proyek desain interior?

Rumah impian sesuai anggaran yang Anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

2000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Hello interiordesign.id