lemari bawah tangga

Lemari Bawah Tangga; Menyulap Area Tersembunyi Jadi Tempat Penyimpanan Fungsional

Posted by Nita Hidayati Inayah  •  Monday, May 27 2019

Lemari bawah tangga adalah cara unik untuk menyiasati terbatasnya ruang penyimpanan.

Interiordesign.id – Memiliki banyak barang dan perabotan, dengan ukuran rumah yang tidak terlalu besar, adalah masalah umum dan banyak dijumpai. Salah satu akibat besarnya, kebingungan menempatkan barang menjadi hal yang seringkali memusingkan.

Tetapi, dari keterbatasan tersebutlah justru yang akhirnya menuntut Anda, -sebagai pemilik hunian berukuran kecil-, untuk lebih cerdas dan cermat dalam menyiasati dan memanfaatkan setiap space yang tersedia. Saatnya untuk berpikir lebih kreatif dan mengkreasi ruang-ruang penyimpanan alternatif.

Banyak fungsi yang bisa didapat jika kita cermat saat mengkreasi bagian bawah tangga.

Tahukah Anda, bahwa terdapat satu area sudut rumah yang kerap terlupakan? Ia adalah area bawah tangga. Area tersebut memiliki potensi sangat besar untuk bisa Anda ubah menjadi sebuah lemari penyimpanan.

Dan bukan hanya lemari saja, Anda bahkan bisa juga merancangnya menjadi sebuah rak buku, rak pajangan, atau sebuah mini wardrobe atau lemari penyimpanan pakaian.

Lebih dari sekadar penghubung antar lantai, hampir semua bagian tangga bisa dimanfaatkan. Pada bagian anak tangga misalnya, Anda dapat membuat laci penyimpanan. Sementara di bagian bawahnya, Anda dapat merancang sebuah rak serbaguna atau lemari, atau bahkan jenis storage lainnya.

Lebih dari sekadar penghubung antar lantai, hampir semua bagian tangga bisa dimanfaatkan.

Merancang Lemari Bawah Tangga

Umumnya, bagian bawah tangga selalu dibiarkan kosong begitu saja. Padahal, Anda sebenarnya dapat merancang sesuatu di sana. Area bawah tangga bisa Anda rancang menjadi sebauh lemari.

Lemari bawah tangga ini adalah solusi kreatif untuk menyiasati keterbatasan space di rumah kecil. Area iniyang biasanya tidak terpakai, bisa dengan mudah disulap menjadi sebuah tempat penyimpanan yang juga bisa menambah fungsi ruangan.

Tipsnya; jangan lupa untuk mengukurnya terlebih dahulu, agar mudah dikustomisasi dan dipersonalisasi. Terutama disesuaikan dengan luasan yang tersedia. Juga model, dan rancangannya yang selaras dengan gaya desain interior secara keseluruhan. Finishing panel lemari dengan lapisan warna senada dengan furniture kayu lainnya agar memiliki keseimbangan visual.

desain lemari bawah tangga

~ via reshefmann.com

Lemari Penyimpanan Jenis Rak & Laci

Selain menempatkan lemari kustom di area bawah tangga, Anda juga dapat merancang sebuah rak sebagai tempat penyimpanan multifungsi. Misal, sebuah rak buku.

lemari penyimpanan bawah tangga; rak buku

~ via freshome.com

Seperti terlihat dalam gambar, area bawah tangga bisa Anda rancang sebagai tempat penyimpanan berbagai koleksi buku.

Dengan seperti itu, Anda bisa memiliki semacam perpustakaan pribadi yang terintegarasi dengan ruangan lainnya, dan memanfaatkan area bawah tangga secara maskimal.

Lemari Bawah Tangga untuk Pakaian & Sepatu

Jika Anda memiliki area bawah tangga yang cukup luas, Anda akan lebih leluasa untuk memanfaatkannya.

Cobalah rancang area tersebut menjadi tempat untuk menyimpan pakaian dan sepatu layaknya sebuah mini wardrobe.

lemari bawah tangga

Desain lemari bawah tangga sebagai wardobe atau mini walk in closet. ~ via home edit

Anda dapat membuat lemari yang dirancang sedemikian rupa sehingga memiliki gantungan pakaian.

Jangan lupa manfaatkan sepenuhnya untuk mendapatkan tempat-tempat penyimpanan lainnya, untuk menyimpan sepatu, atau mungkin barang-barang berharga Anda lainnya.

Bacaan terkait:

Desain Lemari Pakaian Unik untuk Kamar Tidur Kecil

Nah, tidak sulit ternyata memanfaatkan area yang biasanya tidak termanfaatkan sepenuhnya menjadi sebuah lemari penyimpanan fungsional bukan.

Konsep lemari bawah tangga ini menjadi cara cermat untuk menyiasati space terbatas, terutama di rumah-rumah kecil minimalis saat sekarang.

Sudahkah Anda memanfaatkan secara maksimal area bawah tangga di rumah Anda?

Ada pertanyaan seputar desain interior?

Tags: , , , , , , ,

Nita Hidayati Inayah

By Nita Hidayati Inayah

Content writer, menyukai gaya skandinavia

Artikel lainnya

Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram

preloader
... ... ...