Desain Rak Dinding Unik yang Menjadikan Ruangan Terlihat Makin Impresif

Posted by HinaYana  •  Thursday, November 29 2018

Rak dinding memiliki dua fungsi sekaligus, pertama sebagai penyimpanan, dan kedua sebagai wall art yang bisa menambah kadar estetika interior.

Interiordesign.id – Pernahkah Anda merasa penampilan rumah terasa sangat hambar dan membosankan? Semua seperti sangat bergantung pada pengaturan, penataan, pilihan gaya interior, dan juga pilihan model barang atau aksesori, juga elemen dekoratif, serta beragam perabotan. Hal tersebut bisa sangat menyita fokus dan dalam beberapa situasi bahkan menjadi penyebab stres.

Sola dekorasi interior rumah, adalah soal pilihan. Tidak perlu terlalu rumit sebenarnya untuk mendapatkan suasana dan atmosfer ruang yang dapat memberikan rasa nyaman. Cukup cari cara terbaik bagaimana agar ruangan bisa tampak selalu rapi dan terorganisir dengan sangat baik. Ini adalah soal bagaimana mengatur serta menata barang-barang yang dimiliki dengan satu dua cara yang sederhana.

Desain Interior Rumah; Kenapa Dekorasi Menjadi Sesuatu yang Penting?

Memiliki barang-barang dan perabotan tentu sangatlah penting. Memiliki adalah soal menjadikan rumah tampak “berisi” dan layak tinggal. Entah itu memiliki elemen dekorasi yang paling mahal, atau bahkan hanya sekadar aksesori dan elemen dekoratif lainnya hasil karya sendiri.

Apapun itu, ia tetap membutuhkan perhatian dan perencanaan yang tepat. Karena jika tidak, memiliki sejumlah aksesori maupun perabotan sehebat dan sebagus apapun, tanpa perencanaan dan penatan yang pas dan tepat, hasilnya malah bisa merusak penampilan ruang.

Anda mungkin tidak menginginkan semua yang dimiliki untuk dipajang. Tetapi ada beberapa yang seharusnya bisa memiliki tempat khusus untuk dpamerkan. Sehingga kebutuhan akan ruang atau area penyimpanan menjadi sangat penting.

Problem penyimpanan barang-barang inilah yang hampir selalu menjadi kasus umum dalam setiap hunian. Baik itu rumah ataupun apartemen. Lagipula, di mana kita akan meyimpan barang-barang berharga jika tidak memiliki sebuah ruang penyimpanan khusus.

Jangan pesimis. Desain interior adalah solusi dari semua persoalan tersebut. Saatnya sedikit berkreasi dengan apa yang ada. Ingat, kreativitas adalah kunci!

rak dinding

rak dinding tempel. ~ via my amazing things

Mendekorasi bagian dinding rumah sangat disarankan. Dekorasi dinding adalah salah satu cara untuk mendapatkan penampilan ruang yang fungsional. Tetapi perlu juga diingat, berhati-hatilah saat melakukannya. Jangan terlalu berlebihan. Karena bisa jadi ruangan Anda akan terlihat penuh dengan pajangan dan tampak seperti sebuah ruang pameran.

Meletakan sebuah rak khusus sebagai tempat penyimpanan di area dinding adalah hal hebat. Ini memiliki dua fungsi sekaligus, pertama sebagai penyimpanan, dan kedua sebagai wall art yang mampu menambah kadar estetika interior.

Dinding bisa kita gunakan untuk merancang sebuah rak buku, rak koleksi, atau bahkan rak-rak khusus dan spesifik lainnya. Semua tergantung keinginan dan kebutuhan.

Rak Buku Keren dan Fungsional, Desain Perpustakaan Pribadi dengan Memanfaatkan Sisa Ruang

Desain Partisi Ruang; Cara Terbaik Membagi Ruang Menjadi Lebih Fungsional

Berikut adalah beberapa ide dan konsep rak dinding unik yang bisa Anda coba aplikasikan. Selain fungsional. rak-rak dinding ini juga sengaja didesain agar memiliki penampilan terbaik. Tidak membebani kapasitas ruang dan juga mampu menambah kadar estetika yang dibutuhkan.

Rak dinding DIY

rak dinding

Desain rak dinding DIY. ~ via pinterest

Rak DIY sangat mudah dirancang. Jenis rak ini memiliki penampilan yang terlihat sangat atrsy. Rak dinding DIY juga mudah dilepas dan dirombak. Anda hanya perlu menggunakan metode upcycle untuk memiliki salah satunya. Ia juga memiliki kelebihan lain, yaitu dari sisi harga yang relatif lebih murah.

Merancang rak-rak buatan tangan ini untuk setiap ruangan dapat memperlihatkan seberapa besar kadar artistik sebuah rumah. Entah itu difungsikan hanya sebagai fasilitas penyimpanan, atau hanya sekadar sebagai sarana untuk menambahkan beberapa hiasan dan pajangan. Rak DIY akan membuat semua orang terkesan dengan kreativitas yang ditampilkan.

DIY: Desain Rak Sepatu Unik & Istimewa

Rak dinding untuk dapur

rak dinding

~ via trendir

Konsep rak dinding jenis terapung atau mengambang sangat bagus untuk area dapur. Rak ini mudah dirancang dengan maksimalisasi fungsi sebagai tempat penyimpanan berbagai peralatan memasak yang dimiliki. Sangat rapi dan sangat praktis untuk diaplikasikan.

Dekorasi Rumah yang Unik dan Menarik, Menambah Kesan Natural dengan Elemen Dekoratif Kayu

Rak dinding untuk kamar tidur

rak dinding

Foating shelf. ~ via houzz

Mendekorasi kamar tidur gampang-gampang susah. Kamar tidur harus dirancang sekreatif dan seunik mungkin, mengingat bagian ini menjadi ruang di mana kita menghabiskan sebagian besar waktu saat berada di rumah.

Untuk menjadikan area kamar tidur terasa lebih atraktif, keberadaan rak dinding sebagai penyimpanan dan area untuk menampilkan barang-barang favorit adalah cara terbaik. Salah satu cara mendekorasi dinding kamar tidur agar fungsional sekaligus gaya.

Desain Perpustakaan Kamar, Cara Mudah Miliki Area Membaca Pribadi di dalam Kamar

Rak dinding untuk ruang tamu dan ruang keluarga

rak dinding

~ via endbillcollection

Desain Storage Bawah Tangga; Menyulap Area Tersembunyi Jadi Tempat Penyimpanan Fungsional

Jenis rak dinding mengambang atau terapung tetap yang terbaik. Instalasi rak jenis ini di ruang tamu dan atau ruang keluarga sangat direkomendasikan. Ia sangat cocok untuk menampilkan barang-barang dan pajangan untuk dipamerkan. Rak dinding di ruang tamu dan ruang keluarga adalah elemen dekoratif yang sangat pintar.

Butuh bantuan desain dan dekorasi interior? Bekerja dan berkomunikasi langsung dengan desainer-desainer terbaik?

Tags: , , , , , ,

Hina Yana

By HinaYana

Head of Content.

Artikel lainnya




Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram

preloader