fbpx
Hi, Guest
Login  |  Register

Mengenal Atap Fiber: Definisi, Jenis, Kelebihan dan Kekurangannya

Seputar atap fiber

Interior Design – Di antara banyaknya jenis atap yang ada, pernahkah Anda mendengar tentang atap fiber? Atap yang menjadi salah satu jenis atap modern yang populer di pasaran ini terdiri dari berbagai pilihan warna yang menarik. Nah jika Anda ingin menggunakan atap fiber pada hunian, maka sebaiknya simak penjelasan lengkap di ulasan artikel di bawah! 

Apa Itu Atap Fiber 

Zenidees.com 

Atap fiber adalah atap yang dibuat menggunakan material sintetis yang terbentuk dari sejumlah bahan kimia fiber polyester dan serat kaca yang diolah dan melewati serangkai proses pabrikasi hingga menjadi lembaran atap yang dijual di pasaran. 

Jenis atap satu ini juga kerap disebut dengan atap fiberglass dan mudah ditemukan di pasaran. Bahan baku dari atap ini merupakan salah satu yang mampu memberikannya banyak kelebihan sehingga diminati oleh banyak orang. 

Kelebihannya

Fabricationwala.com

Ada banyak kelebihan yang dimiliki oleh atap fiber, pertama adalah bobotnya yang ringan sehingga waktu pemasangannya menjadi lebih cepat dan praktis. Meskipun ringan, namun atap satu ini lumayan kuat dan tidak memerlukan rangka penopang yang rapat sehingga lebih menghemat biaya yang dikeluarkan. 

Kemudian, memakai atap fiber juga mampu membuat ruangan menjadi terasa lebih sejuk. Karena itu tak heran jika biasanya atap ini digunakan pada pabrik, teras, hingga kanopi rumah. Karena bahan satu ini mampu memantulkan cahaya berlebih, bila ditambah dengan lapisan pelindung sinar UV, maka Anda tidak perlu khawatir berlama-lama berada di bawahnya. 

Selanjutnya atap fiber juga tahan terhadap cuaca, tidak menimbulkan suara yang bising saat hujan, dan dijual dengan harga terjangkau. Bahannya anti karat sehingga tidak memerlukan perawatan yang sulit. Karena itulah atap satu ini jadi alternatif pilihan bagi mereka yang ingin memiliki jenis atap transparan.

Kekurangannya

Atap satu ini juga memiliki kekurangan yaitu warnanya yang cepat pudar. Karena campuran dari bahan fiberglass ini yang membuatnya tidak bisa menyatu secara utuh dengan cat warna karena atap tidak memiliki pori-pori. Itulah mengapa warna pada atap fiber cepat lentur. 

Kekurangannya yang kedua adalah biaya perawatan yang cenderung mahal. Meskipun mudah dipasang dan praktis, tidak mudah berkarat dan tidak mudah rusak serta pewaratannya yang mudah, namun biaya yang dikeluarkan cukup mahal, belum lagi jika terjadi kerusakan pada salah satu bagian. Kemudian karena materialnya yang cukup kaku, maka agak sulit untuk dibentuk.

Jenis-jenisnya 

Engineeringcivil.com

Ada dua macam jenis atap fiber yang dijual di pasaran. Pertama adalah atap figer gelombang yang paling populer dan banyak digunakan. Sering disebut dengan corrugated fiberglass roofing yang umumnya tembus cahaya dan sering digunakan sebagai atap teras, kanopi, rooftoop, dan masih banyak lagi. 

Bentuknya ringan, lentur, mudah dibentuk, pemasangannya mudah, dan memiliki durabilitas baik sehingga cukup awet untuk digunakan. Selanjutnya ada atap fiber flat atau atap datar yang biasanya digunakan pada hunian bergaya kontemporer. 

Harganya di Pasaran

Dua jenis atap fiber bisa dengan mudah Anda temukan di pasaran dan terdiri dari berbagai merek. Tergantung merk, kualitas, dan toko di tempat Anda membeli, harga atap ini bisa berbeda-beda. Namun berikut ini adalah harga rata-rata atap fiber yang dijual di pasaran beserta merknya. 

Merk 

Harga

Alsynite 2mm

Mulai dari  Rp250.000/lembar

Ecoplas 0,8mm, 1x1mm

Mulai dari Rp40.000/lembar

Fiberlux 1-2mm, up to 12m

Mulai dari Rp250.000/lembar

Chlandianlast 3m

Mulai dari Rp175.000/lembar

Solarstuff 1,8 – 6 mm, 75cm

Mulai dari Rp234.000/lembar

Penutup 

Itulah seputar atap fiber yang wajib Anda ketahui. Jika Anda ingin menggunakan atap jenis ini pada hunian Anda, lebih baik serahkan semuanya kepada InteriorDesign sebagai salah satu jasa desain interior profesional.

Bersama kami, Anda tidak perlu repot memilih jenis atap fiber mana yang terbaik untuk hunian Anda. Maksimalkan budget dan dapatkan atap ijuk terbaik untuk hunian Anda. Silahkan cek portofolio kami di sini dan buat ruang impian Anda bersama kami di sini! 

Saatnya Mendesain Ulang Rumah Anda

Mau dekorasi, atau renovasi rumah?

Interiordesign.id adalah perusahaan desain interior online terkemuka yang dipercaya oleh ribuan pemilik rumah untuk menjadikan hunian mereka lebih baik. Desainer-desainer kami spesialis dalam berbagai gaya desain. Anda akan bekerja secara langsung bersama mereka saat proses desain. Online, terjangkau, dan profesional.

Ketika desain selesai, kami juga menangani proses renovasi. Tim renovasi dan produksi internal kami, dengan manajemen proyek berpengalaman, akan memastikan proyek renovasi ditangani secara profesional. Jangan khawatir, untuk pembiayaan, kami tidak mahal.

Info lebih lanjut, kontak CS

Artikel Terkait

Berapa estimasi biaya renovasi Anda?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

4000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Let's share!
Hello interiordesign.id