mezanin

Menyiasati Rancangan Interior Rumah Kecil dengan Mezanin

Posted by Aisah Wolfard  •  2 weeks ago

Mezanin adalah ruangan yang dibuat dengan partisi yang tidak naik sampai ke langit-langit; struktur ini sangat umum di Prancis, misalnya pada apartemen untuk bangsawan di Istana Versailles.

Interiordesign.id – Memiliki rumah yang luas tentu menjadi idaman bagi setiap orang. Tetapi sayang, tidak semua orang mampu memiliki rumah ideal semacam itu. Harga properti yang cenderung meningkat setiap tahunnya, menjadikan mimpi memiliki rumah yang luas seperti pupus seketika.

Namun, kita sebenarnya tidak perlu terlalu khawatir soal itu.

Seiring perkembangan dunia arsitektur, desain interior, atau bahkan teknologi, untuk memiliki rumah yang nyaman dan dalam beberapa hal sangat fungsional, tidak diperlukan lahan yang luas dan besar.

Terutama dalam hal arsitektur interior, tidak mudah memang merancang rumah dengan ukuran yang terbatas bisa mendapatkan fungsi yang maksimal, yang sekaligus juga memiliki penampilan yang menarik secara visual.

Tidak semua desainer dan arsitek bisa melakukan hal itu.

Problem utama desain rumah kecil ada di zonasi, alias pembagian ruang.

Dengan luasan yang sangat terbatas, rumah kecil biasanya hanya mampu mengakomodasi beberapa ruangan utama saja, seperti ruang tamu, kamar tidur, dan sedikit area dapur. Itupun ukurannya tentu sangat kecil.

Persoalan lainnya kemudian, merancang ruangan kecil bukanlah sesuatu yang mudah. Diperlukan ketelitian dan kemampuan untuk menyeimbangkan antara fungsi dan aspek estetika. Belum lagi bicara soal aspek yang lain, seperti psikologi ruang. Yang terakhir ini juga sangat penting. Karena setiap rancangan ruang memiliki pengaruh psikologis yang tidak kecil terhadap setiap penghuninya.

Kabar baiknya, seperti disinggung sebelumnya, rumah kecil juga sangat memungkinkan untuk bisa memiliki fungsi yang benar-benar maskimal, dengan penampilan yang juga menarik secara visual.

Ada banyak cara untuk menyiasati keterbatasan pembagian ruang di dalam rumah kecil. Salah satu siasat terbaik yang akan kita bahas adalah soal mezzanine.

Pertama, mari kita cari tahu dulu apa itu mezzanine?

Mezanin

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, mezanin diartikan sebagai tingkat bangunan beratap rendah yg terletak menjorok di antara dua tingkat sebuah gedung (biasanya antara lantai dua dan tiga).

Sementara mengutip wikipedia, mezanin merupakan lantai di tingkat tertentu pada sebuah bangunan, yang sebagian terbuka atau yang tidak mencakup seluruh luasan gedung, sehingga terdapat sebagian ruang yang tidak terbagi antara lantai di bawahnya dan langit-langit lantai tersebut. Istilah ini sering digunakan secara longgar untuk lantai di atas lantai dasar, terutama lantai dasar yang aslinya sangat tinggi, tetapi dibuat terpisah sebagian menjadi dua lantai.

Dalam arsitektur Prancis, mezanin juga berarti ruangan yang dibuat dengan partisi yang tidak naik sampai ke langit-langit; struktur ini sangat umum di Prancis, misalnya pada apartemen untuk bangsawan di Istana Versailles.

Masih menurut wikipedia, istilah mezanin tidak menyiratkan sebuah fungsi karena ia dapat digunakan untuk berbagai tujuan. Mezanin biasanya digunakan dalam arsitektur modern, yang menitikberatkan pada cahaya dan ruang.

Nah, dari definisi mezanin tersebut, ini sangat jelas, meski tidak menyiratkan sebuah fungsi, namun rancangan mezanin digunakan untuk berbagai tujuan. Ia digunakan dalam arsitektur-arsitektur bangunan modern dan menitikberatkan pada cahaya dan ruang.

Cahaya, sebagaimana kita tahu, sangat penting saat merancang ruangan kecil. Cahaya yang maksimal dalam sebuah rancangan ruang, atau interior, memiliki kemampuan “magis”. Ia bisa membuat ilusi ruangan kecil terlihat lebih luas dan lapang.

Dus, mendandani rumah kecil dengan rancangan sebuah mezanin, tentu menjadi siasat ampuh. Terutama untuk menambah area-area dengan tujuan tertentu.

Meski tidak menyiratkan sebuah fungsi, namun mezanin tentu bisa dirancang sebagai elemen arsitektural ruangan yang sangat fungsional tatkala keterbatasan area di dalam rumah kecil menjadi kendala.

Singkatnya, mari kita sama-sama lihat, seperti apa implementasi mezanin, -dengan berbagai tujuan dan fungsinya-, di dalam rancangan interior rumah kecil.

Kamar Tidur Mezanin

Masalah terbesar dalam arstektur interior rumah kecil adalah ketinggian atap. Biasanya, tinggi atap sebuah rumah standar di kisaran 3 meter atau 3.5 meteran. Sementara, tinggi atap merupakan syarat untuk merancang sebuah mezanin yang ideal.

Tetapi, itu bukan problem utama. Rancangan langit-langit atau plafon bisa dengan mudah dipersonalisasi atau bahkan ditiadakan.

Sedikit menambah pekerjaan, tetapi hasilnya bakalan sangat sepadan.

Memiliki area kamar tidur mezanin di rumah kecil, tidak saja menambahkan fungsi, tetapi sekaligus aspek estetika. Interior rumah akan makin terlihat estetik, unik, serta tentu saja gaya.

Gambar di bawah adalah contoh implementasi sempurna desain kamar tidur mezanin di dalam rumah kecil.

kamar tidur mezanin

~ via homedit

Ruang Kerja Mezanin

Bingung bagaimana memiliki home office atau ruang kerja di rumah kecil?

Mezanin bisa provide itu.

Area ruang kerja ini tidak perlu luas. Yang penting asal bisa mengakomodasi kebutuhan saat berkerja. Bahkan, kita bisa mendekorasinya dengan juga memfungsikannya sebagai area baca, dan atau perpustakaan mini pribadi untuk koleksi buku-buku berharga.

ruang kerja mezanin

~ via decoist

Ruang Keluarga Mezanin

Umumnya, lantai mezanin banyak difungsikan sebagai tambahan ruang atau area kamar. Namun tidak selalu seperti itu. Terutama di rumah-rumah kecil, rancangan mezanin bisa difungsikan sebagai tambahan area ruang keluarga.

Ini sangat tepat untuk memisahkan antara area ruang tamu dengan ruang keluarga. Karena biasanya, antara ruang tamu dan ruang keluarga di rumah kecil, menyatu dan tidak bisa terpisah gegara ketidak tersediaan space.

Interior ruang keluarga mezanin bisa dirancang sangat fungsional sebagai tambahan ekstra ruangan dan area komunal penting saat aktivitas kumpul bersama.

Dapur di bawah Mezanin

Menurut kami ini menjadi salah satu yang terbaik menyoal pemanfaatan area di dalam rumah kecil.

Area dapur dan ruang makan di rumah kecil tentu memiliki luasan yang sangat terbatas. Untuk menyiasatinya, dapur bisa diracangan persis di bawah mezanin. Dan, jika mezanin tidak difungsikan seperti umumnya untuk area kamar tidur atau ruangan lainnya, Anda bisa memfungsikannya sebagai ruang makan di sana.

dapur mezanin

~ via decoist

The kitchen is heart and soul of the house, katanya. Ia adalah salah satu ruang komunal terpenting di dalam rumah. Merancangnya sedemikian fungsional dan harus bisa memfasilitasi aktivitas semua anggota keluarga, hukumnya menjadi wajib.

Menempatkan area dapur persis di bawah mezanin, bisa memberi penampilan unik dan fungsionalitas maksimal ke dalam interior rumah.

dapur mezanin

~ via decoist

Itulah beberapa implementasi rancangan mezanin dalam interior rumah kecil. Ini hanya inspirasi saja.

Soal apakah mezanin akan Anda fungsikan untuk area apapun, semua terserah dan tergantung kepada Anda. Namun intinya, rumah kecil ternyata sangat memungkinkan untuk dirancang sangat fungsional, dengan ekstra tambahan ruang, tanpa kehilangan gaya/estetika.

Tertarik mendandani interior rumah kecil Anda dengan mezanin?

Ada pertanyaan tentang desain interior rumah Anda? Desainer kami siap menjawabnya

Tags: , , , , ,

Aisah Wolfard

By Aisah Wolfard

Creative Director, Designer, photography enthusiast.

Artikel lainnya

Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram

preloader