fbpx

Mengenal Tipe Apartemen: Menentukan Pilihan Apartemen Sesuai Kebutuhan

tipe apartemen

Tipe apartemen, salah satunya convertible, merupakan satu jenis apartemen yang memiliki ukuran ruang yang cukup ideal.

Estimated reading time: 6 minutes

Interiordesign.id – Tinggal di apartemen kini telah menjadi semacam gaya hidup masyarakat modern. Lokasinya yang strategis membuat apartemen banyak digemari masyarakat perkotaan. Dibangun dekat dengan kawasan perkantoran, bisnis, industri, atau bahkan pusat perbelanjaan dan hiburan, menjadikan apartemen sangat identik sebagai model hunian masyarakat urban.

Dan tidak hanya itu, apartemen juga menyediakan berbagai fasilitas pendukung yang sangat memadai, standar desain hunian modern. Anda akan dimanjakan dengan kehadiran fitness center, jogging track, kolam renang, taman bermain, restoran, café, hingga minimarket.

Apartemen juga dilengkapi dengan penjagaan keamanan yang aktif selama 24 jam penuh. CCTV tersebar di setiap sudut gedung. Anda tidak perlu khawatir ketika harus meninggalkan “rumah” dalam waktu lama.

Bagi Anda yang tertarik membeli atau menyewa apartemen, sebaiknya mengetahui terlebih dahulu apa saja tipe-tipe apartemen. Selanjutnya, Anda dapat memilih dan menentukan jenis apartemen seperti apa yang paling sesuai dan cocok dengan kebutuhan Anda.

Tipe Apartemen Studio

1. Apartemen Studio

tipe apartemen
via Denah Tipe Studio Puri Orchard Apartment

Apartemen studio adalah apartemen yang berukuran 20 hingga 30 meter persegi saja. Ini merupakan apartemen berukuran paling kecil dari semua tipe.

Apartemen studio tampak seperti sebuah kamar hotel sederhana yang terdiri dari kamar tidur, kamar mandi, dan juga dapur yang menyatu dalam satu ruang.

Portfolio: Living, Dining, Kitchen – Depok, Jawa Barat

2. Apartemen Studio Alcove

Selain studio, apartemen alcove juga termasuk jenis studio karena ukuran dan fungsi ruangnya yang serupa dengan tipe studio. Perbedaan tipe studio dan alcove adalah bentuk ruangnya.

Alcove adalah jenis apartemen studio yang ruangannya berbentuk L, di mana ruang terkecilnya dapat dijadikan kamar tidur yang lebih private. Tipe alcove juga biasa disebut sebagai halfroom.

Tipe Apartemen Convertible

tipe apartemen
via pinterest

Convertible merupakan tipe apartemen yang dapat menggabungkan kamar tidur dan ruang tengah. Setiap ruang terpisah oleh sebuah dinding partisi, yang juga bisa dibuat secara permanen atau menggunakan sebuah partisi temporer.

Ukuran convertible lebih luas daripada tipe studio. Apartemen convertible merupakan satu jenis apartemen dengan ukuran ruang cukup ideal bagi yang sedang membutuhkan sebuah hunian dengan tampilan modern dan fungsionalitas yang maksimal.

Tipe Apartemen Loft

Apartemen ini sangat hits digunakan di negara Eropa dan Amerika. Apartemen loft dianggap memiliki sirkulasi udara yang baik serta kesan luas.

tipe apartemen
from pinterest

Apartemen LOFT memiliki ciri khas pada plafon atau langit-langit yang sangat tinggi, serta keberadaan jendela besar. Sepintas, tampilan apartemen LOFT menyerupai sebuah loteng. Ini memiliki ruang setengah lantai yang biasanya difungsikan sebagai sebuah kamar.

Tipe Apartemen Junior

Apartemen Junior One Bedroom

Apartemen junior one bedroom adalah apartemen dengan ukuran sedikit lebih besar jika dibandingkan dengan tipe studio. Perbedaanya ada pada pembagian ruang. Jika studio memiliki gabungan fungsi ruang dalam satu area, junior one bedroom memiliki pemisah antara kamar tidur dengan area lainnya.

Apartemen Junior Four

tipe apartemen
via google

Meski namanya junior four, tipe apartemen ini bukan berarti memiliki empat kamar tidur.

Junior four adalah unit apartemen yang terdiri dari satu ruang tengah, dapur, dan dua kamar tidur dengan ukuran yang berbeda. Kamar tidur berukuran kecil bahkan bisa dialih fungsikan menjadi ruangan lain, semisal ruang bekerja atau home office, atau juga ruang lainnya sesuai kebutuhan.

Nama junior four biasanya merujuk pada 4 ruang utama yang dimiliki apartemen.

Tipe Apartemen Two Bedroom

Sesuai namanya, tipe ini memiliki dua kamar tidur dengan ukuran yang cukup ideal. Terdapat dua kamar tidur dengan ukuran yang lebih kurang, sama. Selain itu, terdapat juga area dapur dan ruang tengah atau area living room.

Tipe Apartemen Duplex dan Triplex

via Olympic Residence Sentul

Duplex dan triplex adalah apartemen yang bertingkat, yang sekilas menyerupai rumah tinggal biasa. Lantai dua dan tiga apartemen ini difungsikan menjadi kamar tidur.

Tipe Apartemen Classic Six

Classic six, memang tidak begitu populer di Indonesia, tetapi di Eropa dan AS apartemen tipe ini cukup banyak digemari.

Apartemen tipe ini dibangun di dalam gedung yang sudah berusia tua tetapi memiliki fondasi dan arsitektur yang masih kokoh. Umumnya terdiri dari tiga kamar tidur dengan ruangan yang luas dan ukuran dapur yang cukup besar.

Tipe Apartemen Garden

Terakhir, ada tipe garden. Istilah ini berlaku untuk dua jenis apartemen, yaitu apartemen yang menghadap ke arah taman, serta apartemen yang berada di basement.

from google

Unit apartemen basement biasanya memiliki jendela yang lebih rendah dibanding pekarangannya. Karena itulah, apartemen ini juga biasa disebut tipe garden.

Mana yang Terbaik?

“Design is not just what is looks like, design is how it works.” – Steve jobs

Soal apartemen, ini sama halnya dengan rumah tinggal biasa, atau rumah tapak. Jadi, kalau ditanya soal mana tipe apartemen yang terbaik? jawabannya tentu sangat tergantung, tergantung kebutuhan.

Yang terpenting adalah, desain, tak terkecuali desain apartemen, bukanlah bagaimana ini terlihat dan tampak, desain adalah soal bagaimana ini “bekerja”. Sesuaikan saja dengan kebutuhan, mana yang paling “fit” buat Anda.

Portfolio: Apartemen – Depok, Jawa Barat

Jadikan Interior Apartemen Lebih Istimewa
...
  • ✅ Proses desain yang mudah, Online kapanpun, di manapun
  • ✅ Desainer-desainer terbaik dan profesional
  • ✅ Harga desain terjangkau, sesuaikan dengan kebutuhan, flat per room

Siap memulai proyek desain interior?

Rumah impian sesuai anggaran yang Anda miliki? Sangat mungkin & mudah!

2000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Hello interiordesign.id
×