fbpx
Hello, Guest

5 Motif Lantai Kayu Ini Menambah Nilai Estetis Ruangan Anda!

Posted by Iqbal Mujahid Thursday, December 7 2023

Interiordesign.idLantai kayu telah menjadi salah satu elemen paling berharga dalam desain interior rumah, memberikan keindahan yang tak tertandingi dan kesan alami yang menghangatkan setiap ruang. 

Bukan sekadar material lantai, lantai dengan bahan kayu telah menjadi ikon dari keanggunan dan kenyamanan, memberikan tampilan yang timeless dan estetika yang luar biasa.

lantai dengan bahan kayu menawarkan keindahan yang tak tertandingi dengan tekstur alami dan beragam jenis kayu. Dari tampilan yang bersinar hingga yang berwarna lembut, setiap papan kayu memiliki karakteristiknya sendiri, memancarkan keunikan yang memikat.

Pinterest

Kelembutan sentuhan lantai bahan kayu  memberikan nuansa ketenangan dan kenyamanan, membuat rumah terasa lebih hangat dan bersahaja. 

Lantai ini tidak hanya menyatukan ruang, tetapi juga memberikan fondasi yang elegan dan tahan lama untuk ruang hidup yang beragam.

Setiap jenis kayu memberikan karakter yang unik dalam desain interior. Kayu keras seperti oak memberikan tampilan yang kokoh dan berkesan, sementara maple memberikan kesan yang lebih cerah. 

Jati dan mahoni menawarkan tampilan yang elegan dengan serat yang menarik.

Selain jenis kayu, pola pemasangan kayu juga menjadi ciri khas yang unik untuk memperindah ruangan agar terlihat lebih berbeda.

Maka dari itu, dalam artikel ini akan membahas mengenai motif dan pola lantai dengan bahan kayu yang unik agar tampilan rumah lebih estetis.

 

5 Pola dan Motif lantai bahan kayu Yang Memperindah Suasana Rumah

 

1. Motif Lantai Sejajar

Pinterest

Motif lantai kayu sejajar adalah salah satu pola penempatan lantai dengan bahan kayu yang cukup umum dalam desain interior. Dalam motif ini, papan-papan kayu diletakkan sejajar atau sejajar dengan satu sama lain. 

Ini berarti papan-papan tersebut memiliki arah panjang yang sama dan berjalan sejajar dengan dinding atau elemen lain dalam ruangan.

Motif lantai dengan bahan kayu sejajar memberikan tampilan yang simpel dan bersih dalam ruangan. 

Pola sejajar menciptakan garis-garis panjang yang memanjang sepanjang ruangan, menciptakan kesan luas dan teratur.

Motif ini dapat membuat ruangan terlihat lebih panjang. Ini sangat berguna dalam ruangan yang lebih sempit atau yang ingin menciptakan efek visual ruangan yang lebih luas.

Ini cocok dengan berbagai gaya dekorasi, mulai dari yang tradisional hingga yang modern.

Anda dapat memilih kayu dengan warna-warna netral atau yang lebih cerah, tergantung pada gaya desain ruangan.

 

2. Motif Lantai Geometris

Pinterest

Motif lantai kayu geometris adalah pola desain yang mengandalkan bentuk-bentuk geometri, seperti garis-garis, segitiga, lingkaran, atau bentuk-bentuk abstrak lainnya, untuk menciptakan tampilan lantai yang artistik dan menarik. 

Motif ini membedakan diri dengan menggabungkan elemen-elemen geometris dalam pola yang terstruktur dan teratur, menciptakan efek visual yang unik dalam ruangan.

lantai dengan bahan kayu geometris mengambil inspirasi dari bentuk-bentuk geometri dasar seperti garis lurus, sudut, segitiga, lingkaran, dan banyak lainnya. Pola ini seringkali mencakup kombinasi elemen-elemen ini.

Penggunaan bentuk geometri memberikan karakter dan kedalaman visual yang menarik.

Motif ini dapat menggabungkan berbagai jenis kayu dengan warna yang berbeda untuk menciptakan kontras visual yang dramatis. Hal ini memungkinkan Anda untuk menyesuaikan motif sesuai dengan selera desain Anda.

 

3. Motif Lantai Zigzag

Pinterest

Motif lantai kayu zigzag adalah pola desain lantai dengan bahan kayu yang memiliki tampilan berulang-ulang seperti “Z” atau zigzag. 

Pola ini menciptakan garis zigzag yang terbentuk oleh susunan papan-papan kayu. 

Motif ini memberikan tampilan yang dinamis, modern, dan artistik pada lantai dengan bahan kayu dan sering digunakan untuk menciptakan efek visual yang unik dalam desain interior.

Motif ini didefinisikan oleh pola zigzag yang terstruktur yang terbuat dari papan-papan kayu yang dipasang secara berulang. Pola ini menciptakan garis zigzag yang mencolok pada lantai.

Anda dapat memilih berbagai jenis kayu dan warna untuk motif lantai dengan bahan kayu zigzag. Ini memberikan fleksibilitas dalam mencapai efek visual yang diinginkan.

Motif zigzag sering digunakan untuk menciptakan fokus visual pada area tertentu dalam ruangan, seperti ruang tamu, ruang makan, atau koridor.

Motif lantai bahan kayu zigzag adalah pilihan yang menarik bagi mereka yang ingin menciptakan tampilan yang dinamis dan berenergi dalam ruangan. Pola zig zag memberikan karakter visual yang kuat dan bisa menjadi elemen sentral dalam desain interior.

 

4. Motif Lantai Mozaik

Pinterest

 

Motif lantai kayu mozaik adalah pola desain yang terinspirasi oleh seni mozaik, yang melibatkan penyusunan potongan-potongan kecil kayu berbeda menjadi satu desain keseluruhan. 

Mirip dengan cara mozaik tradisional, dalam motif lantai bahan kayu mozaik, potongan-potongan kayu yang berbeda dalam warna, jenis, atau bentuk ditempatkan bersama untuk menciptakan tampilan lantai yang kompleks dan artistik.

Pola lantai kayu mozaik terdiri dari potongan-potongan kayu yang lebih kecil dan berbeda satu sama lain yang disusun secara teliti untuk membentuk pola yang kompleks. 

Potongan-potongan ini bisa berbentuk persegi, segitiga, lingkaran, atau bahkan bentuk abstrak lainnya.

Motif lantai bahan kayu mozaik memberikan kesempatan untuk ekspresi kreatif yang tinggi. Desainer dapat menciptakan berbagai pola, gambar, atau desain abstrak yang unik sesuai dengan visi dan selera desain.

Motif lantai bahan kayu mozaik adalah pilihan yang sangat menarik bagi mereka yang ingin menciptakan tampilan lantai yang artistik dan unik dalam desain interior. Pola dan kombinasi warna yang berbeda memberikan fleksibilitas untuk menghadirkan desain yang kreatif dan eksentrik sesuai dengan selera pribadi.

 

5. Motif Lantai Persegi

Pinterest

 

Lantai kayu motif kotak, atau yang juga dikenal dengan istilah “parquet,” adalah jenis lantai kayu yang dirancang dengan pola geometris yang terdiri dari persegi atau kotak-kotak kecil. 

Pola ini sering kali menciptakan tampilan yang artistik dan menarik pada lantai. 

Motif kotak ini adalah salah satu opsi populer dalam desain interior, terutama untuk ruang-ruang yang ingin mendapatkan sentuhan klasik, elegan, atau retro.

Motif kotak adalah salah satu jenis pola geometris yang paling umum digunakan dalam desain lantai . Pola ini biasanya terdiri dari persegi atau kotak kecil yang tersusun secara berulang-ulang untuk menciptakan desain keseluruhan.

lantai  motif kotak juga dapat diwarnai dengan berbagai warna yang berbeda. Anda dapat memilih untuk menjaga tampilan alami kayu atau memberikan sentuhan warna seperti merah, cokelat tua, atau warna-warna netral.

Sebelum memilih lantai  motif kotak, pastikan untuk mempertimbangkan selera desain dan kebutuhan ruangan Anda.

Baca juga : Lantai Kayu Jati: Pilihan Populer di Kalangan Penghuni Rumah 

 

Penutup

Lantai kayu bukan hanya sebuah lantai, tetapi sebuah karya seni yang memberikan keindahan alami, tampilan yang elegan, dan ketenangan yang tak tertandingi dalam setiap ruangan. 

Kehadirannya tidak hanya menambah keindahan visual, tetapi juga menghadirkan ketenangan dalam keseharian. 

Jika ingin memberikan sentuhan timeless dan hangat dalam desain interior, lantai  menjadi pilihan yang tak terbantahkan.

 

InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Saatnya Mendesain Ulang Rumah Anda

Mau dekorasi, atau renovasi rumah?

Interiordesign.id adalah perusahaan desain interior online terkemuka yang dipercaya oleh ribuan pemilik rumah untuk menjadikan hunian mereka lebih baik. Desainer-desainer kami spesialis dalam berbagai gaya desain. Anda akan bekerja secara langsung bersama mereka saat proses desain. Online, terjangkau, dan profesional.

Ketika desain selesai, kami juga menangani proses renovasi. Tim renovasi dan produksi internal kami, dengan manajemen proyek berpengalaman, akan memastikan proyek renovasi ditangani secara profesional. Jangan khawatir, untuk pembiayaan, kami tidak mahal.

Info lebih lanjut, kontak CS

Artikel Terkait
Rekomendasi Model Keramik Lantai
Wednesday, December 21 2022
Posted by Audrey Alodia
Wednesday, November 10 2021
Posted by Syifa Arbati Nur Alami
Desain Ruang Utama dengan Lantai Marmer
Friday, November 25 2022
Posted by Emier Abdul Fiqih

Berapa estimasi biaya renovasi Anda?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

4000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan biaya interior rumah Anda dengan menjawab beberapa pertanyaan sederhana.
Estimasikan sekarang!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan sekarang!
Let's share!
Hello interiordesign.id