sofa merah di ruang tamu rumah minimalis

Alternatif Pilihan Warna Terbaik untuk Rumah Minimalis

Posted by Ami Nurbaiti  •  1 week ago

…pemilihan warna yang tepat bisa menciptakan atmosfer dan suasana ruang yang didambakan. Apakah itu suasana ruang yang santai dan melahirkan kedamaian, atau bahkan suasana penuh semangat yang semarak dan menggembirakan.

Interiordesign.id – Rumah minimalis adalah model rumah yang mengusung konsep pemanfaatan ruang secara maksimal. Setiap ruang dalam rumah minimalis harus menyesuaikan dengan ketersediaan lahan yang kecil. Jenis rumah ini menjadi solusi bagi pemilik lahan kecil dan terbatas untuk memiliki rumah yang minimal dalam konsep desain tetapi maksimal dalam fungsi.

Imbas dari jenis rumah kecil minimalis ini adalah keberadaan setiap ruangnya yang juga terbatas. Sebut saja ruang tamu. Area ini tentu sja mengalami penyesuaian. Akan tetapi, meski berukuran kecil dan seperti memiliki keterbatasan space, ruang tamu rumah minimalis tetap nyaman digunakan.

Semenjak ruang tamu menjadi cerminan dari keseluruhan penampilan interior rumah, maka kebersihan, pilihan warna cat, penggunaan elemen dekoratif, penggunaan furnitur, haruslah direncanakan dan dipikirkan dengan sangat baik. Ruang tamu harus terlihat rapi, teratur, seimbang serta terkoordinasi dengan sangat baik dengan ruangan-ruangan lainnya.

Terlebih soal warna, ia memiliki peran yang tidak kecil dalam berbagai aspek kehidupan manusia. Warna memiliki hubungan yang erat dengan emosi. Dalam desain interior sendiri, pilihan warna interior rumah merupakan aspek atau elemen tersendiri yang penggunaannya tidak bisa sembarang. Warna cat interior bisa membangkitkan energi dan menumbuhkan mood atau perasaan tertentu. Bahkan ia juga mampu mendeskripsikan kepribadian penghuninya.

Pemanfaatan elemen warna dalam dekorasi interior adalah hal yang esensial. Warna bisa menjadi cara mudah dan murah untuk melahirkan suasana tertentu di dalam rumah. Meski seringkali terjadi keraguan dalam diri penghuni untuk melakukannya, pemilihan warna yang tepat bisa menciptakan atmosfer dan suasana ruang yang didambakan. Apakah itu suasana ruang yang santai dan melahirkan kedamaian, atau bahkan suasana penuh semangat yang semarak dan menggembirakan.

Berikut 3 pilihan warna terbaik untuk interior rumah minimalis:

Warna Kalem

Hijau atau biru adalah jenis warna yang bernuansa dingin dan sejuk. Padukan warna tersebut dengan abu-abu atau bahkan putih, maka akan hadir efek segar dalam ruangan. Warna hijau juga memberi efek relaksasi pada tubuh dan pikiran.

pilihan warna cat interior rumah minimalis

Interior ruang tamu dengan pilihan warna netral dan aksen hijau yang memberi kesan segar. ~ via Guvenvize

Di saat pikiran dan tubuh terasa penat gegara dateline pekerjaan kantor, memasuki ruangan dengan aksen warna hijau bisa menjadi terapi yang meringankan.

Warna Hangat

Ruangan dengan dominasi warna merah, oranye atau kuning adalah ciri keramahan dan keakraban. Atau warna putih dan abu-abu yang senantiasa memberikan efek smooth dan lembut jika dikombinasikan dengan beberapa pilihan warna tertentu.

sofa merah di ruang tamu rumah minimalis

Warna merah memberi pernyataan di ruang tamu rumah minimalis. Warna yang hangat dan berani. ~ via trendir

Warna merah sangat populer dipilih dan digunakan untuk melahirkan efek kontras pada perabotan sehingga terlihat lebih kuat dan memberi kesan elegan.

Warna Cat Rumah Minimalis, Tidak Hanya Putih dan Netral Saja

Warna berani

Karakter warna ini sangat cocok untuk penghuni rumah dengan kepribadian yang semarak, dinamis dan penuh semangat. Warna hijau tua, pink tua, dan biru menyala, dapat memberi pengaruh yang kuat dan menstimulasi energi.

warna cat rumah minimalis

Warna biru yang tegas berpadu dengan warna netral bisa menstimulasi energi. ~ via Pinterest

Interior rumah minimalis pada akhirnya tidak identik dengan pilihan warna-warna netral dan lembut saja. Ia juga bisa menggunakan warna-warna tegas. Meski hanya sebagai aksen atau bahkan dominan digunakan, pada akhirnya konsep minimalis tidaklah sekaku yang dikira selama ini. Skema dan kombinasi warna untuk melahirkan atmosfer dan suasana tertentu pada ruangan minimalis bisa dengan mudah didapatkan dengan pilihan warna-warna terbaik.

Meski begitu, alternatif pilihan warna untuk interior minimalis tidak bisa sembarang diputuskan. Ia tetap harus melalui pertimbangan secara serius, terutama menyangkut suasana dan atmosfer ruang seperti apa yang diinginkan.

Apakah interior rumah minimalis Anda masih menggunakan pilihan warna-warna netral yang itu-itu saja? Jika ya, saatnya mencoba alternatif pilihan warna lain untuk membentuk karakter dan suasana ruangan yang sesuai kepribadian yang ingin ditonjolkan. Pilihan warna seperti apa yang Anda suka?

Butuh bantuan desain dan dekorasi interior? Bekerja dan berkomunikasi langsung dengan desainer-desainer terbaik?

Tags: , , , , , ,

Ami Nurbaiti

By Ami Nurbaiti

Ami was born in Bandung 16th April 1994. She graduated from State Islamic University BAndung in 2018 majored in English Education Department. She really loves to read about anything from manga, novel, fiction, poets and etc. After graduated, she enjoys writing about many different and interesting topics and now she currently works as a content writer

Artikel lainnya

Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram

preloader