fbpx
Hello, Guest

7 Inspirasi Desain Plafon Drop Ceiling Bikin Ruangan Elegan Nan Indah

Plafon drop Ceiling

InteriorDesign.id – Plafon berfungsi sebagai makeup atap karena fungsinya yang dapat memperindah tampilan ruangan serta menyembunyikan kabel serta hal lainnya dari pandangan sehingga ruangan lebih rapi dan indah. 

Jenis plafon sendiri ada plafon up ceiling dan drop ceiling. Keduanya memiliki fungsi yang sama, tapi memiliki sedikit perbedaan signifikan. Jika up ceiling adalah plafon yang dapat membuat suatu ruangan terlihat lebih luas dan megah maka drop ceiling akan membuat ruangan lebih privat dan intim. 

Nah, pada artikel kali ini mari bahas mengenai plafon drop ceiling yang interiordesign.id  telah rangkum khusus untuk Anda. 

Baca Juga : 5+ Ide Plafon Rumah Mewah Untuk Hunian Impian

5 Konstruksi Plafon Pilihan Ideal

Apa Itu Plafon Drop Ceiling

Plafon drop ceiling adalah sebuah sistem plafon yang terdiri dari panel-panel kecil yang terbuat dari material seperti gypsum atau plastik yang dipasang di atas struktur rangka baja atau kayu. Panel-panel ini terhubung dengan sistem suspensi yang terdiri dari tirai atau tali yang diikat ke struktur rangka. 

Sistem plafon drop ceiling ini biasanya digunakan di ruangan-ruangan tertutup seperti gedung perkantoran, rumah sakit, sekolah, dan lain-lain. Keuntungan utama dari sistem plafon drop ceiling ini adalah mudah dipasang dan dipelihara, serta memberikan tampilan yang estetis dan modern. Selain itu, plafon drop ceiling juga memudahkan akses ke sistem instalasi seperti pipa, kabel, dan lain-lain yang terletak di atas plafon.

Keunggulan Plafon Drop Ceiling:

Plafon dengan desain seperti ini  memang memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan desain palfon lainnya, seperti apa keunggulan itu, simak di bawah ini:

1. Mudah dipasang dan dipelihara.

Desain plafon mudah dipasang dan dipelihara karena panel-panelnya terhubung dengan sistem suspensi yang terdiri dari tirai atau tali. Selain itu, panel-panel plafon drop ceiling juga mudah diganti atau dibersihkan jika terjadi kerusakan atau kotoran.

2.  Estetis dan modern.

Desain plafon juga memberikan tampilan yang estetis dan modern, sehingga cocok digunakan di berbagai jenis ruangan seperti gedung perkantoran, rumah sakit, sekolah, dan lain-lain.

3. Memudahkan akses ke sistem instalasi:

 Desain plafon ini akan  memudahkan akses ke sistem instalasi seperti pipa, kabel, dan lain-lain yang terletak di atas plafon, sehingga memudahkan dalam proses perbaikan atau perawatan.

4. Fleksibel.

Seperti yang Anda tahu bahwa plafon ini memiliki kelebihan fleksibel, karena panel-panelnya dapat digeser atau dipindahkan sesuai kebutuhan.

5. Menyerap suara.

kelebihan lain yang desain plafon ini punya adalah termasuk  memiliki kemampuan menyerap suara, sehingga cocok digunakan di ruangan-ruangan dengan tingkat kebisingan yang tinggi.

6. Memperbaiki akustik.

Desain plafon dapat memperbaiki akustik di ruangan dengan menyerap suara yang berlebihan atau mengalirkan suara ke seluruh ruangan dengan lebih merata.

Kekurangan Plafon Drop Ceiling:

Berikut ini adalah beberapa kekurangan plafon dengan desain yang bisa menjadi pertimbangan Anda dalam memilih plafon ini:

1. Biaya instalasi yang tinggi.

Plafon ini memiliki biaya instalasi yang cukup tinggi, terutama jika dibandingkan dengan plafon jenis lain seperti plafon gypsum atau plafon kayu.

2. Kurang tahan terhadap cuaca ekstrem.

Plafon ini kurang tahan terhadap cuaca ekstrem seperti panas atau hujan, sehingga harus diperhatikan penggunaan dan perawatannya.

3. Tidak dapat digunakan untuk ruangan dengan tinggi plafon yang tinggi.

Plafon tidak cocok digunakan untuk ruangan dengan tinggi plafon yang tinggi, karena sistem suspensinya tidak akan mampu menahan beban yang terlalu besar.

4. Tidak sesuai dengan semua gaya arsitektur.

Plafon mungkin tidak sesuai dengan semua gaya arsitektur, sehingga perlu dipertimbangkan dengan hati-hati sebelum memutuskan untuk menggunakannya.

5. Kurang tahan terhadap kebocoran.

Plafon kurang tahan terhadap kebocoran, sehingga harus diperhatikan penggunaan dan perawatannya agar tidak terjadi kerusakan pada panel-panelnya.

15 Inspirasi Desain Plafon Drop Ceiling

Berikut ini adalah beberapa contoh desain plafon yang bisa menginspirasi Anda dalam mendesain plafon rumah: 

Baca selanjutnya

Friday, June 16 2023
Posted by Fadhil Rahman
Monday, October 10 2022
Posted by Iqbal Mujahid

Saatnya Mendesain Ulang Rumah Anda

Mau dekorasi, atau renovasi rumah?

Interiordesign.id adalah perusahaan desain interior online terkemuka yang dipercaya oleh ribuan pemilik rumah untuk menjadikan hunian mereka lebih baik. Desainer-desainer kami spesialis dalam berbagai gaya desain. Anda akan bekerja secara langsung bersama mereka saat proses desain. Online, terjangkau, dan profesional.

Ketika desain selesai, kami juga menangani proses renovasi. Tim renovasi dan produksi internal kami, dengan manajemen proyek berpengalaman, akan memastikan proyek renovasi ditangani secara profesional. Jangan khawatir, untuk pembiayaan, kami tidak mahal.

Info lebih lanjut, kontak CS

Artikel Terkait
Monday, January 16 2023
Posted by Fadhil Rahman
inspirasi plafon pvc
Sunday, December 18 2022
Posted by Gabriella Calysta Taslim
Linear-Baffle-Metal-Ceiling
Sunday, December 18 2022
Posted by Faris Abdurrachman Afza

Berapa estimasi biaya renovasi Anda?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

4000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan biaya interior rumah Anda dengan menjawab beberapa pertanyaan sederhana.
Estimasikan sekarang!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan sekarang!
Let's share!
Hello interiordesign.id