Cara Mudah Membuat Rak Dinding dari Kardus

Posted by Emier Abdul Fiqih  •  Tuesday, June 18 2019

Membuat rak dinding dari barang bekas memiliki kelebihan tersendiri. Selain murah, ini juga memberi Anda kesempatan untuk mengeksplorasi dan menguji kreativitas Anda dalam hal dekorasi rumah.

Interiordesign.id – Jika Anda adalah tipe orang yang tidak suka ribet, berbagai kebutuhan tentu saja tinggal Anda beli. Sudah. Semua selesai. Namun, jika sebaliknya, Anda lebih menyukai gagasan-gagasan anti mainstream, terutama dalam hal dekorasi rumah, Anda bisa mencoba metode DIY atau do it Yourself.

Ambil contoh saat Anda membutuhkan sebuah rak dinding. Dengan memanfaatkan barang-barang bekas, furniture ini tidaklah sulit untuk didapatkan.

Kerajinan dari barang bekas ini bukanlah sesuatu yang aneh. Banyak orang-orang kreatif di luar sana yang sangat lihai melakukannya.

Nah, berbicara soal rak, perabot satu ini juga tidak sulit dibuat dari barang-barang bekas. Anda bahkan bisa membuatnya dari sebuah kardus bekas.

Rak dinding DIY berbahan dasar kardus tentu menjadi sesuatu yang unik. Anda bisa merancangnya sesuai dengan selera, dan menyesuaikannya dengan konsep desain ruangan yang Anda gunakan.

Selain itu, dengan membuat rak sendiri, Anda bermehat sangat banyak. Anda tidak perlu membeli sebuah rak dengan material tertentu, dari brand tertentu, dengan harga yang jauh lebih mahal.

Baca juga: Desain Rak Dinding Unik yang Menjadikan Ruangan Terlihat Makin Impresif

Mari kita simak, cara mudah membuat rak dinding dari kardus bekas berikut. Rak dinding minimalis, -rak dinding tempel serbaguna, dengan model dan penampilannya yang unik.

Persiapkan Alat dan Bahan

Pertama, siapkan alat-alat dan juga bahan.

Obeng, lem, gunting atau cutter, lem putih, lem tembak, penggaris, pulpen, dan alat-alat penting lainnya, juga bahan utama; kardus.

Untuk kardus bekas sendiri, sangat disarankan untuk menggunakan kardus yang memiliki ketebalan sekitar satu sentimeter. Kardus dengan ketebalan ini biasanya adalah kardus-kardua yang digunakan bekas peralatan elektronik seperti televisi ataupun kulkas.

rak dinding dari kardus

~ via pinterest

Penting untuk diingat, hindari penggunaan bahan kardus yang memiliki ukuran kurang dari satu sentimeter. Karena nantinya, rak yang Anda buat tidak bisa terbentuk dengan baik, dan kemungkinan besar bisa mudah patah/rusak.

Untuk bahan tambahan, Anda bisa menggunakan kertas warna, atau yang lainnya, untuk mempercantik dan menjadikannya semacam aksesori tambahan, agar rak dinding bisa memiliki penampilan yang cantik. Sesuaikan saja dengan kreativitas dan imajinasi Anda.

Buatlah Pola pada Kardus

Setelah semua alat dan bahan siap, yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah membuat pola.

Buatlah pola rak yang Anda inginkan.

Proses membuat pola ini dapat dilakukan dengan menggunakan penggaris dan pulpen. Pola persegi, kotak, maupun pola lingkaran. Silakan sesuaikan saja dengan kebutuhan.

Sementara, jika Anda menginginkan rak dinding bertingkat, bagian yang harus Anda buat adalah bagian belakang, bawah, samping kiri dan kanan, serta bagian tengah. Inilah bagian-bagian pola terpenting dari rak dinding kardus bertingkat yang akan Anda buat.

Potong Pola yang Sudah Dibuat

Gunakan gunting, atau untuk bagian yang lumayan sulit, gunakan cutter.

Jangan lupakan satu hal, ketelitian saat memotong adalah yang utama. Usahakan Anda memotongnya secara presisi sesuai gambar pola yang sudah dibuat. Setiap bagian dan potongan pola ini memiliki fungsinya masing-masing.

Untuk mendapatkan rak yang cukup kuat, seperti untuk menahan beban yang lumayan berat, Anda dapat menempelkan dua sampai tiga pola agar menjadi satu kesatuan. Jangan lupa lakukan hal ini pada bagian yang lain agar terlihat simetris.

rak dinding dari kardus

~ via pinterest

Warnai Rak Dinding

Warna adalah elemen magis yang bisa menjadikan sesuatu terlihat lebih sempurna.

Agar terlihat lebih menarik, warnai rak dinding yang sudah dibuat dengan pilihan warna favorit Anda.

Pilihan warna netral atau pastel bisa sangat sesuai dengan konsep desain minimalis ataupun skandinavia.

Dan jika Anda menyukai pilihan warna yang terlihat lebih ceria dan cerah, cobalah gunakan warna hijau terang, kuning, ataupun oranye.

Ingat, warna sangat menentukan dan memiliki kemampuan untuk mengubah dan menjadikan sesuatu tampak lebih hidup. Ini adalah aspek lain dari psikologi warna.

rak dinding dari kardus

Instalasi

Nah, selanjutnya adalah penempatan, pemasangan, atau instalasi.

Siapkan sekrup pada tiap sudut dan sesuaikan dengan ukuran rak dinding yang sudah Anda buat. Tempatkan di ruangan yang Anda butuh sebuah rak penyimpanan di sana. Barang-barang penting tidak akan lagi tersimpan berantakan. Sekarang, ruangan akan terlihat lebih rapi, serta tentu saja, unik.

Atau Anda juga dapat menempelkan rak dinding dengan menggunakan tali.

Rak dinding gantung, dengan bahan dari sebuah kardus bekas, tentu bakalan terlihat sangat menarik secara visual.

Caranya cukup mudah; ukurlah tali dan sesuaikan dengan panjang rak dinding. Lubangi dua ujung bagian atas untuk anda memasukkan tali yang sudah Anda ukur tadi. Kemudian, ikat simpul tali tersebut dan gantung dengan cara memakunya pada area dinding yang Anda inginkan.

Hal-hal Penting Lainnya

Ada hal-hal lain yang seharusnya Anda ingat dan perhatikan berhubungan dengan rak dinding kardus ini.

Rak dinding dari kardus memang sesuatu yang unik dan menarik. Tetapi, karena berbahan kardus, ia tidak memiliki kekuatan yang cukup. Sehingga, hindari menempatkan barang-barang dengan berat tertentu. Ia tidak akan sekuat rak dari material solid wood dan rak berbahan besi.

Meski terlihat kokoh, bukan berarti Anda dapat meletakkan barang-barang secara sembarang. Bagaimanapun, rak dinding yang Anda buat ini berbahan dasar kardus.

Hindari juga memasang rak ini di daerah lembab dan mudah terkena cipratan air, karena dapat menyebabkannya tidak tahan lama. Kardus sangat sensitif terhadap air.

Tempatkan rak dinding kardus ini di tempat-tempat yang jauh dari air, lembab, dan jika bisa, rawatlah sesering mungkin agar awet. Keawetan furniture, bagaimanapun juga tergantung dari perawatan kita bukan?

Intinya, untuk memiliki sebuah rak dinding, Anda tidak harus membeli jadi. Anda bisa membuatnya dari bahan-bahan atau barang-barang bekas yang mudah Anda temukan di sekitar Anda.

Sangat mudah membuat sebuah rak dinding bukan. Berniat mencobanya?

Butuh bantuan desain dan dekorasi interior? Konsultasikan dengan desainer-desainer terbaik kami.

Tags: , , , , ,

Emier Abdul Fiqih

By Emier Abdul Fiqih

An enthusiast content writer who is a movie freak and video games lovers.

Artikel lainnya




Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram

preloader